Home / Bagaimana cara memandikan dan merawat bulu anjing shih tzu

Bagaimana cara memandikan dan merawat bulu anjing shih tzu

Bagaimana cara memandikan dan merawat bulu anjing shih tzu - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Bagaimana cara memandikan dan merawat bulu anjing shih tzu " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Bagaimana cara memandikan dan merawat bulu anjing shih tzu " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Bagaimana cara memandikan dan merawat bulu anjing shih tzu
Foto anjing shih tzu

Foto anjing shih tzu

Cara merawat rambut anjing shih tzu – Sosoknya yang imut dan lucu siapa yang tak mengenalnya? Anjing Shih Tzu merupakan salah satu jenis anjing dengan tipe bulu yang panjang dan jenis anjing peliharaan import. Ya, anjing peliharaan seperti Shih Tzu ini diketahui salah satu anjing peliharaan yang berasal dari negara yang kini bernama Tiongkok, anjing peliharaan ini juga merupakan jenis anjing yang bertubuh kecil dengan kisaran berat badan antara 4 hingga 7 kilogram.

Namun memang kelebihaannya sendiri terletak pada bagian bulunya yang panjang serta raut wajahnya yang lucu karena bentuknya yang kecil, maka dari itulah memang tak heran jika jenis anjing ini membutuhkan perawatan yang terhitung khusus karena karakteristiknya tersebut. Terlebih jika mengingat bahwa jenis anjing Shih Tzu ini juga masuk pada jenis kategori anjing pelihraan yang cukup mahal, maka dari itulah perawatannya sendiri tidak dapat dilakukan dengan sembarangan.

Tips perawatan anjing shih tzu

Menyisir bulu Shih Tzu:

  • Merawat bulu anjing Shih Tzu jauh lebih mudah disisir bila disemprot dengan air atau cairan khusus yang akan mengurangi kusut. Setelah bulu Shih Tzu lembab, sisir sampai bulu kering, lalu spray lagi bila diperlukan.
  • Penyisiran ringan setiap harinya dan perawaatan penuh dalam setiap minggunya akan mencegah kusut.
  • Ketika menyisir, mulailah dari bagian dada, bagian bawah (perut) dan bagian dalam kaki. Terlentangkan anjing  dan spray cairan khusus pada bulunya kemudian sisirlah dengan bristle brush.
  • Bagi bulu menjadi beberapa bagian dan sisirlah menurut bagian tersebut satu persatu. Setelah selesai menyisir pada bagian perut dan dada, gunakan slicker untuk merapikan bubu-bulu halus yang ada pada daerah kaki.
  • Balik anjing pada sisi belakang agar Anda dapat  menyisir bagian siku paha dan badan. Spraykan lagi pada bulu-bulu dan sisirlah dari bagian paling dalam atau mendekati kulit. Setelah semuanya selesai, biarkan anjing anda untuk membalikan badannya atau terlentang.
  • Spraykan dan bagi bulu menjadi beberapa bagian dari ujung kepala sampai ujung ekor. Sisirlah bulu-bulu panjang yang paling luar lalu sisir dengan comb sampai halus  lalu spray dan sisirlah sampai bagian ekor.
  • Langkah terakhir adalah menyisir dan memastikan bulu di sekitar mata, muka, kumis, jengot sudah halus menggunakan sisir bergigi rapat yang khusus untuk muka dan kumis.

Mencukur bulu yang berlebih:

  • Bagian rutin dalam merawat Shih Tzu adalah Anda harus mencukur bulu yang berlebih, diantara jari-jari sependek mungkin. Ini akan mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi dan akan menambah daya tarik akan kerapihan anjing anda.
  • Bila Anda menemukan ada bulu yang sangat kusut, coba untuk gunakan minyak khusus bulu. Minyak ini dapat digunakan langsung pada bulu yang kusut agar lebih mudah di sisir.
  • Bila perlu, Anda dapat mengikat bulu di atas kepala Shih Tzu.
  • Selalu perhatikan tanda-tanda adanya parasit pada saat mengrooming Shih Tzu. Apabila anda dapati tanda-tanda adanya kutu, segera selesaikan masalah ini.
Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Bagaimana cara memandikan dan merawat bulu anjing shih tzu yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Bagaimana cara memandikan dan merawat bulu anjing shih tzu. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Bagaimana cara memandikan dan merawat bulu anjing shih tzu yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Bagaimana cara memandikan dan merawat bulu anjing shih tzu secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Bagaimana cara memandikan dan merawat bulu anjing shih tzu | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

cara memandikan shih tzu , cara melatih shih tzu , makanan shih tzu , cara merawat bulu anjing , dunload crecetan suara burung bwat pikat , makanan shih tzu 2 bulan , suara lovebird anakan mp3 , cara merawat shih tzu , suara baret merah , download vidio lakbet