Home / Bagaimana cara memelihara ikan badut di aquarium

Bagaimana cara memelihara ikan badut di aquarium

Bagaimana cara memelihara ikan badut di aquarium - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Bagaimana cara memelihara ikan badut di aquarium " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Bagaimana cara memelihara ikan badut di aquarium " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Bagaimana cara memelihara ikan badut di aquarium
Foto aquarium ikan nemo

Foto aquarium ikan nemo

Cara memelihara ikan nemo – lkan badut atau dalam bahasa latinnya adalah clown fish adalah ikan hias air asin dari subfamili Amphiprioninae. Ikan ini menjadi terkenal setelah muncul dalam film animasi Finding Nemo. Terdapat sekitar 28 spesies dikenali, salah satunya berada di genus Premnas, sementara sisanya di genus Amphiprion. Ikan badut berwarna kuning, jingga, kemerahan atau kehitaman. Spesies terbesar dapat tumbuh mencapai panjang 18 cm, sementara terkecil hanya mencapai 10 cm.

Ikan badut merupakan ikan karang tropis yang hidup di perairan hangat pada daerah terumbu, dengan kedalaman kurang dari 50 meter dan berair jernih. Dengan daerah penyebaran di Samudera Pasifik (Fiji), Laut Merah, Samudra Hindia (Indonesia, Malaysia, Thailand, Maladewa, Burma), dan Great Barrier Reef Australia. Di Jepang, ikan badut dikenal dengan nama kakure-kumanomi, sementara di Rusia bernama obyknovennaya rybka-kloun, dan di Denmark disebut klovnfisk.

Ikan ini termasuk jenis omnivore (pemakan hewan dan tumbuhan), jadi selain invertebrata kecil (crustacea & parasit yang melekat pada tubuh anemon), alga juga diketahui memenuhi 20 – 25% kebutuhan nutrisinya.

Cara memelihara ikan nemo di air tawar

  • Akuarium yang ideal adalah berukuran minimal 90cm x 30cm x 38 cm. Hal lain yang diperlukan adalah bahwa ikan badut marun ini dapat tumbuh hingga mencapai 15 cm sehingga penyesuaian ukuran akuarium sangat dituntut. Ikan badut ini pada umumnya membutuhkan ruang yang lebih luas dibandingkan ikan hias air tawar.
  • Membutuhkan kualitas air yang baik. Bersihkanlah akuarium secara terus menerus agar lingkungan ikan akan tetap terjaga dan sesuai dengan kebutuhan Ikan peliharaan anda.
  • Ikan badut adalah ikan yang suka bersosial dalam artian berteman. Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk memelihara ikan badut sepasang. Dan jangan terlalu ramai karena harus disesuaikan dengan aquariumya.
  • Usahakan juga untuk membeli ikan badut dari spesies yang sama supaya tidak ada terjadi perkelahian memperebutkan wilayah.
  • Ikan badut dikenal sebagi ikan yang rentan terhadap stres. Usahakan agar mereka tetap nyaman dan selalu jaga kebersihan akurium, hal ini dikarenakan stres bisa menyebabkan hal yang fatal yaitu kematian ikan.
  • Tambahakan juga anemon laut karena kedua spesies ini selalu saling bersimbiosis. Namun semikian tidak semua anemon cocok untuk peliharaan Anda. Krena apabila spesies anemon yang salah justru bisa menyengat ikan badut hingga mati. Anemon termasuk juga spesies yang sulit untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan akuarium sehingga sangat diperlukan kehati – hatian dalam perawatannya.
  • Akuarium sangat perlu memiliki batu atau koral yang befungsi untuk tempat ikan badut bersembunyi dan bermain. Batu ini juga akan membuat akuarium lebih mirip dengan habitat asli ikan ini.
  • Ikan badut merupakan omnivora. Anda bisa memberi mereka makanan dengan makanan hidup, makanan beku, serta serpihan makanan. Jika memberikan makanan yang beku, jangan lupa terlebih dahulu untuk mencairkan makanan. Sebenarnya ikan ini tidak rewel tentang makanan sehingga tidak akan merepotkan pemiliknya. Berikan makanan dengan durasi 3 kali sehari.
  • Air yang dibutuhkan minimal adalah 10 liter per 3 cm ukuran ikan. Anda juga perlu berbicarabertanya dengan pemilik toko hewan peliharaan tentang filtrasi air yang tepat untuk akuarium. Penting untuk dicatat, Anda jangan memasukkan ikan ke dalam akuarium pada hari yang sama saat membelinya. Terlebih dahulu air dalam akurium dibiarkan beberapa saat sebelum ikan badut dimasukkan kedalamnya.
  • Meskipun ikan badut jenis Ocellaris bisa hidup bersama dengan jenis ikan lain, namun jangan pelihara mereka denga sesama ikan badut dari spesies lain.
Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Bagaimana cara memelihara ikan badut di aquarium yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Bagaimana cara memelihara ikan badut di aquarium. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Bagaimana cara memelihara ikan badut di aquarium yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Bagaimana cara memelihara ikan badut di aquarium secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Bagaimana cara memelihara ikan badut di aquarium | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

ikan nemo , ikan nemo air tawar , makanan ikan nemo , ikan badut air tawar , cara memelihara ikan nemo , cara merawat ikan nemo , makanan ikan nemo air tawar , harga ikan nemo air tawar , ikan hias nemo , makanan ikan badut