Home / Bagaimana cara merawat burung perkutut agar rajin bunyi

Bagaimana cara merawat burung perkutut agar rajin bunyi

Bagaimana cara merawat burung perkutut agar rajin bunyi - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Bagaimana cara merawat burung perkutut agar rajin bunyi " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Bagaimana cara merawat burung perkutut agar rajin bunyi " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Bagaimana cara merawat burung perkutut agar rajin bunyi
Foto burung perkutut dalam sangkar

Foto burung perkutut dalam sangkar

Tips memelihara burung perkutut – Burung perkutut merupakan burung yang memiliki kerabat dekat sangat banyak. untuk jenis burung ini memang tidak banyak kicau mania yang menyukai burung ini karena suaranya yang datar dan monoton berbeda dengan burung kicau lainnya seperti muray yang memiliki suara merdu dan bervariasi. namun burung perkutut memiliki keistimewaan tersendiri, dan sebagian besar orang jawa mempercayai jika memelihara burung perkutut lokal dapat mendatangkan rizki, memberikan kesehatan, menjaga kedamaian rumahtangga, ketentraman dan lain sebagainya. berbeda dengan perkutut bangkok yang di pelihara untuk di dengarkan suaranya yang merdu.

Cara membedakan burung perkutut jantan dan betina

  • Meraba tulang sumpitnya yang berada di daerah duburnya dengan jari telunjuk atau jempol, jika tulang sumpitnya nya sempit dan sedikit keras berarti jenis kelaminnya jantan. Untuk jenis kelamin betina tulang sumpitnya terasa agak renggang dan lembek. Mengetahui jenis kelamin burung perkutut dengan cara ini bisa dilakukan setelah umur anak burung perkutut berumur kurang lebih 4 bulan.
  • Bentuk kepala sang jantan lebih besar dibandingkan dengan ukuran kepala betina.
  • Bola mata sang jantan menonjol dengan tatapan mata yang tajam, sedangkan burung perkutut betina lebih masuk ke dalam dengan tatapan mata yang sayup.
  • Ukuran tubuh burung perkutut jantan lebih besar dibandingkan yang betina.
  • Suara burung perkutut yang jantan lebih besar dibandingkan dengan burung perkutut betina.

Cara merawat burung perkutut lokal dan bangkok

  • Burung perkutut jantan biasanya lebih rajin berbunyi
  • Mandikan burung secara rutin dengan cara disemprot menggunakan sprayer dengan setelan yang paling halus.
  • Untuk menghilangkan kutu dan mengkilapkan warna bulu burung perkutut, campurkan shampoo merk JATI JAJAR yang mengandung desinfektan dan juga Aloevera.
  • Selanjutnya jemurlah burung perkutut pada pagi hari mulai pukul 7–10.
  • Beres penjemuran, berikan Ebod Vit untuk memenuhi kebutuhan vitaminnya.
  • Pemberian multivitamin yang mampu merangsang pembentukan hormon testosteron, seperti EBOD-JOSS, juga bisa membuat perkutut gacor, daya tahan prima, dan mental tidak mudah anjlok.
  • Berikan jenis pakan utama perkutut berupa campuran pakan bijian yang terdiri dari milet, jawawut, biji godem. Selain itu juga bisa diberikan beras merah, beras ketan hitam, butiran jagung yang sudah ditumbuk kecil-kecil. Atau kita bisa memberikan pakan campur dalam kemasan produksi pabrik dengan kandungan protein tinggi.
  • Burung perkutut juga bisa diberi jamu khusus buatan pabrik, selain itu bisa juga diberi Extra fooding berupa kroto, ulat hongkong, dan lain-lain sebagai sumber protein hewani. Diberikan seminggu sekali dengan cara di lolohkan ke mulutnya, dengan jumlah 3 ekor ulat hongkong yang berwarna putih (Yang baru beres molting), sedangkan untuk kroto cukup setengah sendok makan. Kita juga bisa memberikan daun saga yang berkhasiat menjernihkan suara, diberikan seminggu sekali dengan cara pemberian : Daun saga dipulir-pulir hingga menjadi butiran-butiran kecil sebesar kacang hijau dan keluar airnya, kemudian air perasan dan butiran tersebut (5-7 butiran untuk sekali pemberian) dicekokkan pada burung. Pemberian EF hendaklah kita atur agar tidak bersamaan waktunya dengan pemberian EF lainnya. Selain itu, pemberian grit harus selalu diberikan tiap hari yang berguna untuk membantu proses pencernaan burung juga berfungsi untuk pertumbuhan bulu dan tulang juga sebagai penambah darah.
  • Hal lain yang perlu diperhatikan juga, buatlah suasana sekitar yang ramah terhadap burung perkutut. Karena kenyamanan burung akan berpengaruh pada fisik dan psikis burung yang juga mempengaruhi seni dan kualitas suara perkutut.
Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Bagaimana cara merawat burung perkutut agar rajin bunyi yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Bagaimana cara merawat burung perkutut agar rajin bunyi. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Bagaimana cara merawat burung perkutut agar rajin bunyi yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Bagaimana cara merawat burung perkutut agar rajin bunyi secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Bagaimana cara merawat burung perkutut agar rajin bunyi | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

keistimewaan perkutut lokal , pakan perkutut agar cepat bertelur , agar perkutut cepat birahi , perkutut tidur di tempat makan , membuat perkutut birahi , download suara perkutut lokal betina , suara perkutut lokal betina , suara perkutut betina lokal , burung perkutut , suara perkutut buat pikat