Home / Bagaimana cara perawatan leopard gecko yang baik dan benar

Bagaimana cara perawatan leopard gecko yang baik dan benar

Bagaimana cara perawatan leopard gecko yang baik dan benar - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Bagaimana cara perawatan leopard gecko yang baik dan benar " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Bagaimana cara perawatan leopard gecko yang baik dan benar " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Bagaimana cara perawatan leopard gecko yang baik dan benar
Gambar leopard gecko

Gambar leopard gecko

Cara memelihara tokek leopard gecko – Jenis hewan melata satu ini pastinya sudah banyak yang mengenal? Hewan yang masih keluarga dengan tokek saat ini menjadi sangat populer karena banyak di minati. leopard gecko merupakan sejenis tokek atau tokek besar yang sudah umum dipelihara oleh pecinta reptil. Dalam memelihara leopard gecko, anda harus memeberikan perhatian yang cukup dan merawat leopard gecko anda dengan baik. Untuk itu dalam artikel ini saya akan membahas mengenai cara pemeliharaan dan perawatan leopard gekcko, makanan leopard gecko, serta kandang dan habitat yang sesuai untuk leopard gecko.

Kenapa disebut dengan istilah leopard karena motif di tubuh reptile ini berupa tutul seperti leopard (macan tutul). Leopard gecko ditemukan di Pakistan, India, Afghanistan dan Iran dimana terdapat dataran yang kering dan berbatu.

Leopard gecko dianggap sebagai salah satu hewan yang umum di industri reptil saat ini. Leopard gecko terbesar yang dipelihara sampai dewasa mencapai panjang sekitar 8 atau 9 inci. Kebanyakan leopard geckos dewasa memiliki latar belakang kuning dengan bintik-bintik cokelat. Leopard gecko remaja memiliki pola yang bergaris didominasi memudar ke pola sesuai dengan perkembangan usia. Mereka juga memiliki telinga luar yang sangat jelas dan berbeda dari banyak tokek di kelopak mata mereka dan kurangnya perekat lamel, yang berarti mereka tidak dapat berjalan pada dinding vertikal yang permukaannya halus.

Tips mudah merawat leopard gecko

Tentukan Keyakinan

Yakinkan anda bisa dan siap merawat dan menentukan pilihan jenis gecko yang mana yang akan anda pelihara, karena jika anda sudah menentukan pilihan maka semangat anda memelihara gecko akan terfokus penuh.

Kandang leopard gecko

Persiapkan kandang untuk memelihara gecko, anda bisa gunakan kotak plastik (tapper ware) beli saja yang murah banyak anda temukan di pasar atau gunakan aquarium kaca ukuran sekitar 30 x 40 x 60 atau ukuran yang menurut anda bisa gunakan, karena kandang gecko ukuran kecilpun bisa anda gunakan, berilah penutup atas kandang gecko dengan kawat strimin yang bisa anda beli di toko matrial.

Siapkan dikandang gecko wadah air minum bisa anda gunakan pakai mangkuk kecil  dan sediakan pula tempat persembunyian bisa anda gunakan potongan paralon ukuran tiga ins atau potongan bambu atau yang lainnya. Siapkan pula ruang tempat shading (ganti kulit), gecko yang masih umur muda akan lebih sering untuk berganti kulit dibandingkan dengan yang dewasa, tempat shading yang saya maksud dapat anda gunakan memakai bekas wadah es krim atau toples plastik yang bulat ataupun kotak tergantung selera masing-masing, buatlah lubang untuk masuk gecko ditolples tersebut dengan memakai pisau cutter yang terpenting gecko bisa masuk, taruhlah diruang sheding tersebut kapas atau kain bisa juga anda gunakan cocopit bisa anda beli dipenjual bunga hias atau toko reptil, lalu basahi salah satu media yang anda pilih dengan air agar ruangan tersebut lembab, karena gecko kalau berganti kulit memerlukan ruang lembab dan proses berganti kulit kurang lebih tiga puluh menit, ciri-ciri gecko yang akan berganti kulit bisa kita lihat dari tampilan warna kulitnya yang agak kusam seperti dibalut kain tipis putih, namun setelah proses berganti kulit maka warna gecko akan terlihat cerah dan lebih jelas.

Asal usul leopard gecko

Gecko leopard awal asalnya berasal dari pakistan , india dan afrika maka dari itu gecko lingkungan hidup aslinya bernuansa gurun dan bebatuan, untuk itu dikandang gecko bisa anda gunakan alas kandung dengan tepung zeolit ( tepung yang terbuat dari batu pegunungan berwarna sedikit hijau keputihan) dapat anda dapatkan ditoko reptil atau toko pakan burung yang komplit pasti ada dan harganya pun cukup murah, atau jika susah mendapatkannya bisa anda gunakan alas koran atau cocopit dan ketebalan alas kandang ini tergantung selera masing-masing kalau saya cukup beberapa milli saja yang penting merata keseluruh kandang. Ingat jangan anda gunakan media pasir meskipun terlihat lebih indah, karena dikhawatirkan pada saat gecko menangkap pakan akan terbawa butiran pasir yang ikut serta termakan dan ini akan mengakibatkan terganggunya pencernaan gecko beda dengan tepung zeolit termakan pun tidak mengapa selama pengalaman saya memelihara gecko.
Bahkan jika anda gunakan kandang gecko yang lebih besar bisa anda tambahkan aksesoris (potongan kayu tua, batu-batu antik dll) dalam kandang tersebut agar terlihat indah dan anda tempatkan kandang tersebut disudut ruangan yang akan menambah tampilan ruangan anda lebih enak dan betah untuk berlama-lama menatap gecko kesayangan anda.

Pakan leopard gecko

Untuk pakan gecko cukup anda berikan jangkrik atau mealworm (ulat hongkong) atau sejenis serangga yaitu rayap bersayap (siraru. sunda), anak kecoa ataupun anak tikus yang masih merah (khusus gecko dewasa), untuk gecko yang masih kecil berikan jangkrik ukuran kecil disesuakan ukuran mulut gecko, untuk satu gecko biasanya cukup diberikan 2 – 5 jangkrik per hari atau apabila dikandang masih tersisa jangkrik tunggu pemberian pakan berikutnya biar termakan semua dulu, atau apabila anda akan bepergian untuk waktu yang agak lama bisa anda tambahkan agar tidak kelaparan. Tapi gecko bisa tidak diberi makanan untuk beberapa hari, untuk menghilangkan kekhawatiran sebaiknya berikan saja pakannya, dan untuk pemberian pakan ulat hongkong harus ditempatkan dalam wadah agar ulat hongkong tidak menyebar kemana-mana.

Multivitamin leopard gecko

Sebenarnya pakan jangkrik ataupun ulat hongkong pun sudah cukup namun gecko memerlukan asupan mineral berupa calsium, untuk calsium dapat anda beli ditoko reptil atau toko obat hewan dijual per kilo, usahakan calsiumnya yang mengandung vitamin D3 , kebutuhan akan calsium untuk menunjang pertumbuhan gecko, karena gecko dialam habitatnya suka berjemur untuk mendapatkan asupan D3 ini, karena gecko yang kita pelihara berada dikandang maka unsur calsium ini mutlak diberikan maka jika tidak gecko akan mengalami kekurangan calsium untuk pertumbuhan tulangnya yang akhirnya gecko anda akan lemah dan sakit yang akhirnya mati sayangkan.

Untuk mendapatkan nutrisi lain selain calsium dapat anda berikan vitamin lainnya yaitu melalui pakan jangkrik yang diberikan ke gecko yaitu dengan cara memberikan sayuran atau buah-buahan yang diberikan kejangkrik yang akan kita jadikan pakan gecko, maka apabila anda membeli jangkrik tempatkan jangkrik dikandang jangkrik dan berikan sayuran dan buah agar kandungan nutrisi didapatkan oleh gecko lewat pakan jangkrik.

Untuk aplikasikan calsium agar termakan oleh gecko dapat anda lakukan dengan cara siapkan wadah toples kecil atau apa saja lalu ambil jangkrik yang akan diberikan ke gecko masukan kedalam toples calsium dan jangkrik lalu kocok pelan-pelan hingga calsium menempel ditubuh jangkrik hingga terbalut calsium baru anda berikan jangkrik tersebut ke gecko anda, mudahkan.

Lampu Penerangan

Lampu penerangan berfungsi untuk penghangat kandang, gecko memerlukan suhu pada siang hari 30 sampai 32 derajat dan tidak kurang dari 27 derajat pada malam hari, untuk lampu penerangan dapat anda dapatkan ditoko khusus reptil dan dikandang juga diperlukan termometer untuk mengontrol keadaan suhu ruangan gecko. Mengenai suhu untuk yang memelihara gecko diderah yang berhawa panas sebenarya lampu penghangat tidak diperlukan namun yang memelihara didaerah pengunungan yang berhawa dingin lampu penghangat sangat diperlukan, karena gecko tidak bisa membuat panas dalam tubuhnya maka memerlukan suhu hangat untuk memproses makanannya agar terproses dengan sempurna. Atau apabila anda susah mendapatkan lampu khusus reptil dapat anda siasati dengan lampu bohlam yang berwarna merah karena bohlam yang berwarna merah rata-rata ber watt kecil yaitu 5 watt maka anda  harus pararelkan beberapa lampu agar suhu yang dikehendaki dapat tercapai, atau bisa anda gunakan lampu bohlam yang watt nya lebih besar misal 20 atau 25 watt lalu anda cat atau pillok dengan cat merah, kenapa harus dengan cat merah karena gecko tidak bisa melihat warna merah jadi gecko tidak akan silau atau memejamkan matanya apabila melihat lampu yang berwarna terang.

Tips membedakan leopard gecko jantan dan betina

Untuk membedakan jenis kelamin gecko anda dapat lihat dibagian dubur gecko apabila terdapat tonjolan (testis) dan terdapat garis melintang jelas pertanda gecko tersebut jantan dan sebaliknya betina, gecko yang berusia dibawah satu bulan masih sulit untuk diketahui jenis kelaminnya, tunggu sampai gecko tersebut sampai berumur lebih dari satu bulan.

Cara menjodohkan leopard gecko

Untuk menjodohkan gecko bukan perkara yang susah, tinggal anda masukan sepasang gecko yang siap kawin kira-kira untuk jantan berumur delapan bulan dan untuk betina berumur satu tahun, bertambahnya umur gecko akan menentukan kualitas telur dan anakan yang dihasilkan, maka jika anda sudah pasangkan sepasang gecko maka tinggal tunggu masa kawin mereka, agar proses kawin gecko sempurna usahan kandang gecko redup karena gecko memerlukan suasana redup untuk proses kawinnya.
Apabila proses kawin gecko terjadi maka beberapa minggu kedepan gecko betina akan hamil dengan ciri perut gecko betina akan membesar dan dapat anda lihat dibagian perut gecko bakal telur gecko karena kulit dibagian perut gecko tipis. Setelah gecko betina hamil perlakuan berikutnya anda siapkan ruang untuk meletakan telur gecko, dapat anda siapkan wadah toples yang didalamnya anda berikan Vermikulite (media untuk telur gecko) biasanya di toko reptil vermikulite dapat anda dapatkan atau apabila susah dapat anda gunakan cocopit prosesnya seperti ruang untuk proses sheding (ganti kulit) bedanya gecko yang akan bertelur anda tempatkan tersendiri dikandang khusus bertelur, gecko betina akan mengeluarkan jumlah telur sebanyak 2 butir, dan hal tersebut diulangi kembali setelah proses bertelur pertama kali karena gecko dalam proses kawin gecko betina dapat menyimpan sperma jantan didalam perutnya makanya gecko betina dapat bertelur berkali-kali dengan satu kali proses kawin.

Setelah betina mengeluarkan telur maka yang harus dilakukan adalah mengeluarkan gecko betina tersebut kekandang peristirahatan beri pakan dan minumnya agar segar kembali dan perlakuan untuk telur gecko tersebut anda dapat langsung disimpan dalam ruang inkubasi sekalian dengan toples yang berisi telur gecko tersebut atau bilamana anda ingin memindahkan telur gecko kewadah yang lebih besar yang nantinya bisa menetaskan beberapa telur gecko yang perlu diingat posisi telur gecko saat induknya meletakan diruang meletakan telurnya harus posisinya sama persis seperti induknya meletakan telurnya, jadi posisi telur yang diatas harus tetap diatas jangan terbalik karena jika terbalik kemungkinan menetas menjadi gagal.

Untuk menetaskan telur gecko yang berjumlah banyak anda siapak wadah sejenis tapper ware yang murah agak besar yang nantinya anda dapat untuk meletakan telur-telur yang akan dikeluarkan oleh induk gecko berikutnya, telur dapat anda tandai dengan pinsil atau spidol baik dengan angka ataupun abjad yang menandakan urutan telur yang dikeluarkan oleh induk gecko, wadah tapper ware (ruang inkubasi) anda simpan dikandang tersendiri atau bisa juga anda tempatkan bersama indukan gecko tapi ingat ruang inkubasi jangan diberi lubang karena ditakutkan induk gecko akan memakan telur atau menggoyangkan posisi letak telur. wadah inkubasi anda tutup rapat atau boleh juga diberi lubang ventilasi beberapa buah saja. biarkan telur gecko anda simpan dikandang penetasan, buka tutup tapper ware seminggu sekali agar ada penggatian udara lalu tutup kembali proses ini berlangsung kurang lebih 2 bulan maka telur akan menetas. Dan apabila telur menetas biarkan anakan beberapa hari sekitar satu atau tiga hari jangan diberi pakan dan pakan pertama kali untuk anakan yang baru menetas anda cukup berikan mealworm yang ukuran kecil dan sediakan juga tempat minumnya.

Anakan gecko bisa anda jual setelah berumur 3 minggu atau bisa anda tunggu sampai satu bulan atau beberapa bulan agar harga jualnya tinggi, atu bahkan anda mau pelihara sendiri agar koleksi gecko dengan kelir atau corak warna  yang beragam dengan cara disilangkan dengan jenis morph yang lainnya.

Kebersihan Kandang

Agar gecko anda sehat maka perlu adanya perawatan kandang yaitu kebersihan kandang, gecko apabila membuang kotorannya akan melakukannya ditempat yang sama jadi pada proses pembersihkan kandang anda dapat dengan segera mengetahui kotoran gecko, anda dapat gunakan sendok yang tidak terpakai atau sendok plastik bekas agar-agar, cukup anda punguti kotoran tersebut beserta pakan jangkrik mati yang tidak termakan gecko, lakukan pembersihan kandang seminggu 2 kali, mudahkan.

Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Bagaimana cara perawatan leopard gecko yang baik dan benar yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Bagaimana cara perawatan leopard gecko yang baik dan benar. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Bagaimana cara perawatan leopard gecko yang baik dan benar yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Bagaimana cara perawatan leopard gecko yang baik dan benar secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Bagaimana cara perawatan leopard gecko yang baik dan benar | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

cara membuat kandang merpati dari kardus , cara merawat gecko bagi pemula , cara memandikan gecko , telur retak apa bisa menetas , crukcuk , desain kandang kalkun , makanan tekukur pikat , cara mengawinkan marmut , siulan jalak suren , jual telur untuk ditetaskan