Home / Cara ampuh merawat burung kenari mabung agar cepat tuntas

Cara ampuh merawat burung kenari mabung agar cepat tuntas

Cara ampuh merawat burung kenari mabung agar cepat tuntas - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Cara ampuh merawat burung kenari mabung agar cepat tuntas " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Cara ampuh merawat burung kenari mabung agar cepat tuntas " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Cara ampuh merawat burung kenari mabung agar cepat tuntas
Burung kenari cabut bulu

Burung kenari cabut bulu

Tips mengatasi burung kenari mabung – Kepopuleran burung kenari saat ini masih menjadi pilihan tepat burung yang paling ramai di cari oleh para penghobi kicau mania. Merawat Burung mungil yang memiliki suara yang sangat merdu ini pastinya banyak para para kicau mania yang sudah mengalami masa mabung atau banyak yang menyebutnya dengan molting. Pada masa mabung/molting ini adalah dimana saat-saat Burung Kenari sedang mengalami kerontokan bulunya dan akan tumbuh berganti dengan bulu yang lebih baik. Namun saat dalam masa sepeti ini burung Kenari seperti halnya sedang kehilangan jati dirinya, dimana Kenari akan jarang bunyi dan bahkan tidak sama sekali.

Proses mabung ini memanglah berlangsung alamiah pada seluruh burung. Proses yang menghabiskan waktu kurang lebih 1-2 bulan ini memanglah waktunya terbilang cukup lama hingga menanti tumbuhnya bulu baru, namun bila ini terjadi pada kenari anda maka tidak perlu khawatir. Maka dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips untuk perawatan burung kenari mabung, selengkapnya :

Pola perawatan harian kenari mabung

  • Tempatkan kandang Burung Kenari pada tempat yang terkena angin/udara luar namun tidak terkena sinar matahari secara langsung karena pada masa mabung/molting ini Burung Kenari tidak membutuhkan panas sinar matahari.
  • Kenari yang mengalami mabung.molting tidak perlu di mandikan, jadi biarkan saja Burung Kenari merontokkan bulunya karena apabila dimandikan proses perontokan bulu akan lebih lama/terhambat. Burung Kenari bisa di mandikan jika bulu/sayapnya sudah tumbuh minimal setengahnya.
  • Pada masa seperti ini Burung Kenari sangat membutuhkan protein keratin, jadi berikan sesuai kebutuhannya yaitu jangan sampai melebihi 30%. Mengapa demikian, karena Burung Kenari yang mendapatkan kelebihan protein akan mengalami birahi dan justru sering bunyi, Kita ingat bahwa pada masa ini Burung Kenari tidak di anjurkan untuk bunyi/kicau. Jadi pada intinya jangan sampai kelebihan dalam memberikan protein keratin.

Pakan untuk burung kenari mabung

  • Eggs food : Kadar protein yang di kandungnya adalah sekitar 23%, jadi makanan ini sangat bagus untuk di berikan pada Burung Kenari yang sedang mabung. Eggs food Juga sangat baik karena dapat menjadi sumber energy boost dan sumber dari biotin. Eggs food bisa di dapatkan di toko pakan ternak terdekat!!
  • Flaxfeed : Makanan ini juga sangat cocok untuk di berikan pada Burung Kenari yang sedang mabung, Flaxfeed ini bentuknya seperti biji bunga matahari namun lebih kecil dan warnanya coklat dan kuning. Pakan ini memang mengandung sedikit lemak, namun tidaklah masalah untuk di berikan pada Kenari mabung karena kandungan lemaknya tidak berlebihan. Flaxfeed bisa di dapatkan di toko pakan ternak terdekat!!
  • Sayuran : Sayuran juga di perlukan Burung Kenari saat mabung, sayuran bisa menggunakan wortel, brokoli, labu dan beberapa sayuran hijau lain.
  • Canary seed : dalam kondisi mabung Burung Kenari juga tidak lepas dari pakan utama yaitu Canary seed, namun dalam masa ini usahakan di berikan dengan kualitas yang tidak standar, berikan yang lebih baik lagi meskipun harganya lebih mahal karena pakan berkualitas akan membantu untuk mempercepat pertumbuhan bulu Burung Kenari yang sedang mabung.

Perawatan Burung Kenari yang sedang mabung sangat bagus apabila selalu di kerodong, karena jika di kerodong maka Burung Kenari tidak akan terkena sinar matahari secara langsung. Namun, akan lebih bagus jika dalam kondisi di kerodong setiap harinya di buka sekitar 15-30 menit setiap harinya agar Burung Kenari tetap mendapatkan udara segar.

Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Cara ampuh merawat burung kenari mabung agar cepat tuntas yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Cara ampuh merawat burung kenari mabung agar cepat tuntas. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Cara ampuh merawat burung kenari mabung agar cepat tuntas yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Cara ampuh merawat burung kenari mabung agar cepat tuntas secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Cara ampuh merawat burung kenari mabung agar cepat tuntas | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

tekukur mogok bunyi