Home / Cara jitu merawat burung cucak ijo untuk lomba

Cara jitu merawat burung cucak ijo untuk lomba

Cara jitu merawat burung cucak ijo untuk lomba - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Cara jitu merawat burung cucak ijo untuk lomba " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Cara jitu merawat burung cucak ijo untuk lomba " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Cara jitu merawat burung cucak ijo untuk lomba
Cucak ijo juara kontes

Cucak ijo juara kontes

Perawatan cucak ijo juara – Para kicau mania pastinya memiliki salah satu jenis burung ocehan satu ini, ya cucak ijo. Burung cucak ijo sendiri mempunyai karakter yang gagah serta mempunyai warna yang menarik, bukan hanya itu saja tapi burung cucak ijo juga mempunyai suara yang indah serta merdu maka tak heran jika cucak ijo sering kali di pelihara untuk di jadikan burung ocehan di rumah maupun cucak ijo di jadikan untuk ajang lomba atau kontes burung.

Nah, bagi anda yang ingin menjadikan cucak ijo untuk lomba ada beberapa rahasia bagaimana cara perawatan cucak ijo kontes yang perlu di ketahui oleh para kicau mania. Mempersiapkan cucak hijau agar mampu tampil maksimal saat lomba adalah sesuatu yang harus kita lakukan, sebab bagai mana kita mampu mengolah tingkat birahi seekor cucak hijau, karena cucak hijau akan mampu maksimal saat berkicau dan memperlihatkan gaya bertarungnya saat tingkat birahi yang dia miliki pas dengan settingan pemiliknya. Oleh karena itu, bagi anda yang akan mengikuti lomba ada baiknya simak beberapa tips yang kami berikan untuk perawatan cucak ijo lomba. Seperti berikut ini :

Tips memilih bakalan cucak ijo yang bagus

  • Berkelamin jantan, ciri-ciri burung Cucak Hijau kelamin jantan dapat dilihat dari postur tubuh yang panjang serasi, ekor lebih panjang, tulang belakang dan supit kecil rapat, warna bulu lebih tegas, paruh berwarna gelap, warna bulu di bagian bawah leher berwarna hitam dan membentuk topeng pada wajahnya, mata besar melotot, bentuk kepala lebih besar dan bergerak lincah.
  • Bentuk paruh, sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Paruh bagian bawah harus lurus. Jangan memilih bahan yang memiliki paruh bengkok. Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata.
  • Postur badan, pilihlah bahan yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan memilih bahan yang berleher dan berbadan pendek.
  • Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menandakan bahan tersebut sehat. Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung.
  • Lincah dan bernafsu makan besar. Ini merupakan ciri-ciri bahan yang bermental baik.
  • Rajin bunyi, ini menandakan burung tersebut memiliki prospek yang cerah.
  • Leher panjang padat berisi. Menandakan burung ini akan mengeluarkan power suara secara maksimal.

Cara melatih cucak ijo untuk lomba

Perawatan lomba sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perawatan harian. Tujuan perawatan pada tahap ini yaitu mempersiapkan burung agar mempunyai tingkat birahi yang diinginkan dan memiliki stamina yang stabil. Kunci keberhasilan perawatan lomba yaitu mengenal baik karakter dasar masing-masing burung.

Berikut ini Pola Perawatan dan Stelan Lomba untuk burung Cucak Hijau:

  • H-3 sebelum lomba, Jangkrik bisa dinaikkan menjadi 10 ekor pagi dan 6 ekor sore.
  • H-2 sebelum lomba, burung sebaiknya dijemur maksimal 30 menit saja.
  • 1 Jam sebelum di gantang lomba, berikan Jangkrik 3 ekor, Ulat Bambu 2 ekor dan Ulat Hongkong 10-20 ekor.
  • Apabila burung akan turun lomba kembali, berikan Jangkrik 1 ekor lagi.

Catatan :

  • Jangan memandikan burung pada saat di lapangan, karena dapat membuat birahi burung tersebut menjadi sangat tidak stabil.
  • Berikan kesempatan pada burung untuk beradaptasi sebentar pada suasana lapangan, agar burung tidak kaget.

Setelan perawatan cucak ijo pasca lomba

Perawatan pasca lomba sebenarnya berfungsi memulihkan stamina dan mengembalikan kondisi fisik burung.
Berikut ini Pola Perawatan dan Stelan pasca Lomba untuk burung Cucak Hijau:

  • Porsi EF dikembalikan ke Stelan Harian.
  • Berikan Multivitamin pada air minum pada H+1 setelah Lomba.
  • Sampai H+3 setelah Lomba, penjemuran maksimal 30 menit saja.

Racikan pakan cucak ijo gacor

  • Kroto segar diberikan 1 sendok teh maksimal 2x seminggu. Contoh setiap hari Senin pagi dan hari Kamis pagi.
  • Buah Segar diberikan rutin setiap hari, dengan format: Hari Senin sampai hari Kamis berikan buah Pepaya, hari Jum’at dan hari Sabtu berikan Apel atau Pisang atau buah lainnya.
  • Pengumbaran di kandang umbaran dapat dilakukan 4 jam perhari selama 4 hari dalam seminggu.
  • Berikan Multivitamin yang dicampur pada air minum seminggu sekali saja.
  • Berikan buah pisang yang yang telah diolesi Madu setiap hari Sabtu.
Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Cara jitu merawat burung cucak ijo untuk lomba yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Cara jitu merawat burung cucak ijo untuk lomba. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Cara jitu merawat burung cucak ijo untuk lomba yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Cara jitu merawat burung cucak ijo untuk lomba secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Cara jitu merawat burung cucak ijo untuk lomba | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

cucak ijo gampang kag , trik biar cucak ijo gk kaget , cara membangunkan cuc , kenapa cucak hijau suka mengepakan sayap , cucak ijo sayapnya turun , Cucak ijo sayap turun , mengobati luka diatas paruh cucak ijo , ijo serng ngepakin sayap , cucak ijo naek turun pangkringan , cara bangunin cucak ijo