Home / Cara jitu merawat burung murai batu mabung cepat tuntas

Cara jitu merawat burung murai batu mabung cepat tuntas

Cara jitu merawat burung murai batu mabung cepat tuntas - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Cara jitu merawat burung murai batu mabung cepat tuntas " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Cara jitu merawat burung murai batu mabung cepat tuntas " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Cara jitu merawat burung murai batu mabung cepat tuntas
Pakan murai batu mabung

Pakan murai batu mabung

Tips menangani murai batu mabung – Murai Batu adalah burung dengan keunikan tersendiri di kalangan kicau mania atau penghobi burung. Di samping memiliki suara yang merdu dan lantang, burung ini mempunyai ekor yang panjang, di tambah dengan warna bulunya yang manis dan gaya tarungnya yang ngeplay, gaya ini semakin melengkapi nilai keprimadonaanya. Setiap setahun sekali, umumnya burung Muari Batu mengalami masa mabung. Mabung adalah sebuah siklus rutin pada burung, proses bergantinya bulu tua menjadi bulu baru/bulu muda. Siklus ini secara normal memang terjadi setahun sekali terhadap burung, tetapi ada beberapa kondisi yang mempengaruhi siklus ini yang membuat siklus mabungnya tidak normal.

Mabung merupakan proses alami yang terjadi pada burung dan unggas lainya. Proses ini memang memekan waktu yang tidak sebentar, pada saat mabung ini terjadi beberapa tahap yaitu, merontokan bulu, memunculkan selongsong bulu yang terdiri dari protein dan kartin dan memecah selongsong bulu.

Lama proses ganti bulu (moulting), mulai dari awal rontok bulu hingga sempurnanya pertumbuhan bulu-bulu baru. Mabung pada burung tidak bisa dihitung dalam hitungan minggu atau bulan secara seragam. Nah, untuk itu bagi anda yang sedang memiliki murai batu mabung dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi bagaimana cara merawat murai batu yang sedang mabung. Selengkapnya :

Cara mengatasi murai batu mabung

Full kerodong

Tempatkan Murai Batu (MB)yang sedang mabung tersebut ditempat yang tenang dan nyaman, jauhkan dari suara burung-burung fighter lainnya terutama dari Murai Batu (MB) lain yang gacor. Jauhkan MB dari hal-hal yang bisa mengganggu proses mabungnya seperti suasana lingkungan yang tidak kondusif yang berpotensi membuat MB menjadi stres serta gangguan-gangguan lainnya.

Sebaiknya Murai Batu (MB) yang sedang mabung/ngurak lebih banyak dikerodong, buka kerodong hanya pada saat melakukan aktifitas perawatan harian saja seperti untuk membersihkan kotoran dan memberikan pakan serta mengganti air minumnya saja.

Setelah selesai melakukan aktifitas perawatan harian, kemudian MB di angin-anginkan sebentar sekitar 15-20 menit agar MB bisa menghirup udara segar pagi hari dan juga terkena sinar Matahari pagi, setelah itu MB kembali dikerodong.

Berikan irisan daun pandan secukupnya yang diletakkan didasar sangkar agar proses perontokan bulu-bulunya dapat berlangsung lebih cepat, karena aroma harum dari daun pandan juga berfungsi sebagai aroma terapi yang dapat membuat MB merasa tenang dan nyaman sehingga diharapkan proses mabungnya berlangsung dengan normal.

Rubah settingan Ekstra fooding (EF)

Kurangi porsi pemberian jangkriknya, misal settingan hariannya 7/7 pagi/sore, dikurangi menjadi 3/3 pagi/sore.
Porsi ulat hongkong ditambah dari settingan hariannya 3/3 pagi/sore menjadi 20/20 pagi/sore dan bisa juga diberikan larva tawon 5/5 pagi/sore sebagai tambahan agar bulu-bulunya cepat ambrol.

Stop mandi dan jemur

Pada saat proses merontokkan bulu, MB tidak perlu dimandikan setiap hari, cukup dimandikan seminggu sekali saja. Penjemuran cukup dilakukan 15 menit saja setiap hari mulai jam 07.00 pagi untuk menghangatkan tubuhnya agar suhu tubuh MB tidak ngedrop.

Pemasteran dan settingan pada saat dorong ekor

Setelah sebagian besar bulu-bulunya rontok dan bulu ekornya sudah terlihat tumbuh beberapa Centi Meter (CM), rubah settingan mabung/ngurak dengan settingan dorong ekor, sebagai berikut:

  • Tambah porsi pemberian jangkriknya menjadi 10/10 pagi/sore, kroto segar yang bersih diberikan setiap hari dengan porsi satu cepuk. Sebelum diberikan pada MB, olesi jangkrik dan kroto dengan minyak ikan terlebih dulu.
  • Kalau misalnya MB tersebut mau mengkonsumsi buah, bisa kita berikan pepaya secara langsung, tapi kalau ternyata MB tersebut tidak mau makan buah secara langsung, alternatifnya bisa dengan cara memberikan pakan buah dan sayuran pada jangkrik sebelum dikonsumsi MB.
  • Kita juga bisa memberikan kuning telor ayam kampung/bebek/puyuh yang sudah direbus seminggu sekali untuk memenuhi kebutuhan proteinnya selama masa mabung. Caranya: ambil kuning telor secukupnya lalu dipotong kecil-kecil taruh pada cepuk tempat kroto.
  • Perawatan mandi dan jemur masih sama seperti perawatan mabung/ngurak, tetap full kerodong dan tempel dengan burung-burung masteran untuk memperkaya materi isiannya.

Perawatan pasca mabung

  • Setelah semua bulu-bulu Murai Batu (MB) tumbuh sempurna dan ekornya sudah mentok, kerodong sudah mulai bisa dilepas, MB cukup dikerodong pada malam hari saja.
  • MB mulai dimandikan setiap hari dibak keramba, biarkan MB mandi sepuasnya. Durasi penjemuran ditambah dari yang selama masa mabung/ngurak hanya dijemur selama 15 menit ditingkatkan menjadi 30 menit setiap hari mulai jam 07.00 pagi.
  • Untuk durasi penjemuran yang lebih lama, sebaiknya kita tunggu sampai bulu-bulunya kering dulu sekitar 2 bulan lagi.
  • Kembalikan settingan Ekstra fooding (EF) seperti settingan harian sebelum MB tersebut mabung/ngurak.
  • Tetap tempel MB dengan burung-burung masteran agar semakin fasih untuk merekam materi dari burung-burung masterannya tersebut.

NB: Selama masa rekondisi sebaiknya Murai Batu (MB) jangan ditrek dulu paling tidak selama kurang lebih dua bulan sampai MB benar-benar dalam kondisi Top Perform.

Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Cara jitu merawat burung murai batu mabung cepat tuntas yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Cara jitu merawat burung murai batu mabung cepat tuntas. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Cara jitu merawat burung murai batu mabung cepat tuntas yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Cara jitu merawat burung murai batu mabung cepat tuntas secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Cara jitu merawat burung murai batu mabung cepat tuntas | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :