Home / Cara memandikan dan merawat kelinci anggora untuk pemula

Cara memandikan dan merawat kelinci anggora untuk pemula

Cara memandikan dan merawat kelinci anggora untuk pemula - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Cara memandikan dan merawat kelinci anggora untuk pemula " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Cara memandikan dan merawat kelinci anggora untuk pemula " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Cara memandikan dan merawat kelinci anggora untuk pemula
Foto kelinci anggora

Foto kelinci anggora

Bagaimana cara memelihara kelinci anggora – Kelinci adalah salah satu hewan peliharaan untuk di pelihara selain anjing dan kucing. Kelinci juga memiliki postur tubuh dan wajah yang imut dan lucu layaknya seperti kucing. Selain itu kebanyakan kelinci juga jinak. Hal inilah yang menjadikan kelinci sebagai hewan peliharaan favorite keluarga.

Salah satu jenis kelinci yang paling di minati saat ini adalah kelinci anggora karena memiliki bulu-bulu panjang dan halus yang memberikan keunikan tersendiri pada kelinci ini. Untuk merawat kelinci jenis ini bisa di bilang gampang-gampang susah, begitu juga dengan anakan kelinci angora tersebut. Beberapa masalah yang sering timbul adalah kelinci tidak mau makan karena tidak bisa menyesuaikan dengan lingkungan atau kondisi lingkungan seperti kandang yang kotor.

Tips merawat bulu kelinci anggora

Ukuran kandang kelinci anggora

Yang pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi kandang. Anda harus selalu menjaga kondisi kandang agar bersih dan juga memberi ruang pada kandang agar sinar matahari mudah masuk ke dalam kandang. Selain itu jangan sampai kandang yang anda buat mudah lembab. Kandang yang mudah lembab akan dengan cepat memicu datangnya bakteri dan jamur yang tentunya akan sangat mengganggu kesehatan kelinci aggora tersebut

Anakkan kelinci angora sangat rentan dengan kondisi kandang. Jangan sampai anakan kelinci angora ini mudah stres karena kandang yang kotor, lembab, dan juga tidak terkena sinar matahari.

Ukuran kandang sebaiknya di sekat perekor dengan ukuran minimal adalah 50 cm persegi. Untuk tempat makanan sebaiknya dibuat agak tinggi agar tidak terinjak-injak. Untuk anakan sebaiknya diberi rerumputan yang kering agar anakan kelinci anggora selalu nyaman dan hangat.

Berikan juga tempat tidur khusus untuk anakan kelinci anggora yang masih bayi, agar anakan tersebut tidak terinjak-injak oleh kedua induknya.

Makanan kelinci anggora

Untuk makanan kelinci angora baik anakan ataupun dewasa bisa dari hijau-hijauan seperti rumput dan sayuran seperti kangkung. Jika akan diberi makanan di dalam kandang, sebaiknya sayuran tersebut dalam kondisi layu agar mudah dimakan. Selain itu sebaiknya makanan tidak usah dicuci.

Selain sayuran dan rumput, bisa juga ubi jalar, ubi pohon, bungkil kelapa, bekatul, dan sebagainya untuk alternatif. Berikan variasi makanan agar kelinci tidak manja dengan jenis makanan tertentu. Namun untuk anakan kelinci anggora sebaiknya diberi makanan yang lembut. Tempat makan jangan sampai terinjak atau bahkan terkena kencing. Berikan makanan secukupnya agar tidak terbuang sia-sia. Hindari anakan kelinci angora dari tanah yang becek karena mudah terkena penyakit.

Cara merawat anakan kelinci anggora

  • Buatlah kandang kelinci dengan ukuran kandang minimal 50×50 centi meter dan bila memungkinkan buatkan tempat makanan tersendiri lebih tinggi dari pijakan kelinci supaya tidak terinjak injak.
  • Jaga selalu kebersihan kandang, usahakan sinar matahari dapat masuk supaya kandang tidak terlalu lembab dan sehat karena sinar matahari dapat menghilangkan bakteri dan jamur.
  • Buatlah drainase agar air tidak menggenang di dalam kandang dan mempermudah membuang kotoran saat di bersihkan.
  • Suhu udaha kandang kelinci anggora diusahakan lebih rendah dari kandang kelinci biasa
  • Berikan kelinci anggora makan 3 x sehari. Waktu makan kelinci angora yang tepat sekitar jam 7 pagi, siang hari makan secukupnya dan sore hari sekitar jam 18.00. Kelinci memiliki kebiasaan makan sepanjang malam.
  • Makanan yang di berikan jangan terlalu banyak mengandung air. Jangan mencuci sayuran supaya kadar air tetap rendah.
  • Makanan yang di berikan sebaiknya beragam, jangan dari satu jenis saja. Karena bila hanya satu jenis saja membuat kelinci akan mudah bosan dan susah makan, pemenuhan gizinya bisa tidak seimbang.
  • Bila memberikan makanan berupa daun hijau seperti rumput, kangkung dan sayuran lainnya. Berikan makanan dalam keadaan layu kecuali kelinci sendiri yang mecarinya, ini berguna untuk menghilangkan gas dalam daun hijau tersebut.
  • Kelinci anggora jangan terlalu sering di mandikan, ini untuk mencegah rontoknya bulu pada kelinci anggora.
  • Siapkan kandang yang lebih luas bila kelinci anggora dalam keadaan bunting dan siap beranak.
  • Beri rerumputan kering di atas kotak kecil supaya kelinci anggora merasa hangat untuk persiapan beranak.
  • Siapkan tempat tidur sendiri untuk anak anak kelinci anggora agar tidak terinjak injak dan terkena kotorannya sendiri.
  • Usahakan anak kelinci anggora tidak terlalu banyak terkena tanah  atau becek supaya menghindar penyakit.
Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Cara memandikan dan merawat kelinci anggora untuk pemula yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Cara memandikan dan merawat kelinci anggora untuk pemula. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Cara memandikan dan merawat kelinci anggora untuk pemula yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Cara memandikan dan merawat kelinci anggora untuk pemula secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Cara memandikan dan merawat kelinci anggora untuk pemula | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

cara merawat kelinci anggora , cara merawat kelinci anggora bagi pemula , tembakan beo mp3 , Gambar marmot yg bagus , cara memelihara kelinci anggora , ciblek gunung isian kacer , suara binatang kucing jantan , cara merawat kelinci bagi pemula , merawat kelinci anggora , cara perawatan kelinci anggora