Home / Cara memelihara chameleon atau bunglon bagi pemula

Cara memelihara chameleon atau bunglon bagi pemula

Cara memelihara chameleon atau bunglon bagi pemula - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Cara memelihara chameleon atau bunglon bagi pemula " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Cara memelihara chameleon atau bunglon bagi pemula " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Cara memelihara chameleon atau bunglon bagi pemula
Foto chameleon langka

Foto chameleon langka

Jenis-jenis bunglon peliharaan – Bunglon merupakan jenis hewan reptil yang tenar dengan kemampuan khasnya dapat mengubah warna kulitnya, mungkin banyak sebagian orang yang merasa geli kalau harus memegang reptil ini. Bunglon adalah salah satu reptil yang paling terkenal terutama di daerah penduduk asli benua Afrika dan Madagaskar, ditemukan di beberapa tempat lainnya di Eropa dan Asia. Ada lebih dari 120 spesies yang termasuk dalam keluarga bunglon. Yang paling umum bunglon (Chamaeleo) ditemukan di wilayah Mediterania.

Dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tips memelihara chameleon bagi anda yang ingin mencoba memelihara reptil ini, yang sumbernya kami ambil dari beberapa situs di internet. Selengkapnya :

Cara merawat reptil chameleon

Makanan dan minuman

  • jangkrik
  • ulet hk
  • ulet jerman
  • ulet bumbung

itu contoh list makanan native chameleon. makan sih sehari cukup 4-8 ekor kalo jangkrik.
minum nya pake sistem spray ato ngga dripping aja soalnya dia ga mau minum air di bowl.
spray = cuma pake spray bottle.
dripping : botol dibolongin kecil bawahnya supaya airnya netes ke daun2.

Lampu,suhu,dan kelembaban

diharapkan menggunakan lampu uvb untuk membantu proses pembentukan vit d3 dan pencernaan makanan. atau bisa dengan menaruh cage chameleon di tempat yg terkena sinar matahari. chameleon butuh 10-12 jam terkena sinar uv sehari.
kasih basking lamp juga ya 25-40 watt cukup kok.
suhu day 24-29 celcius,night 20-24 celcius.
buat basking sekitar 29-32 aja.
kelembaban juga sekitar 65-80% kalo di hygrometer (kalo ga ada pokoknya lumayan lembab)

Kandang

Size kandang minimal 60x30x75 cm. tetapi semakin besar semakin baik. (jangan kegedean juga,,makan tempat)
jangan mnggunakan kaca karena bisa membuat chamy mu stress,jadi pake strimin/kasa nyamuk aja,,chamy juga butuh sirkulasi udara yg bagus di dalem kandang.
kalau bisa jangan pake substrate, substrate tanah sih boleh2 aja.
pakein taneman di dalem kandang supaya leih mirip dengan habitat, tanaman yg digunakan kalau bisa jangan bergetah karena terkadang chamy suka gigit daun kalau kekurangan minuman.

Penyakit dan komplikasi

ada banyak penyakit,tp kita bahas yg sering2 saja.

  • MBD (metabolic bone disease) : karena kekurangan D3 dalam tubuh.
    penanggulangan : di jemur atau di kasi lampu uvb.
    tanda2 : mata bengkak, kaki aneh,lemes,sering jatuh dari cage.
  • Dehidrasi :kurang minum
    penanggulangan : kasi minum 2-4 kali sehari.
    tanda2 : mata tenggelam,,dan daerah di atas mata (kepala atas) terlihat cekung.
  • Thermal burn : terbakar
    tanda2 : ada luka radaa2 hitam gitu
    penanggulangan : taroh basking lamp jgn terlalu dekat dgn chamy atau kandang,kalau sudah terkena thermal burn dikasi salep,bakalan lama sembuhnya.
  • Fractured limb : patah tulang
    tanda2 : jalannya aneh
    penanggulangan : dibawa ke dokter reptil

Supplementasi

  • kalsium tanpa d3 (setiap makan)
  • kalsium denga d3 (2 kali sebulan)
  • multivitamin (2 kali sebulan)

sebenernya option 2 dan 3 ga gitu perlu kalo chamy kamu2 uda terkena sinar uv setiap hari dan makan jangkrik yg sudah di gutload.
jangan kasi kalsium d3/multivit keseringan,bisa overdose.
gutload jangkrik pake sayuran aja : wortel,selada,tomat,dll

Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Cara memelihara chameleon atau bunglon bagi pemula yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Cara memelihara chameleon atau bunglon bagi pemula. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Cara memelihara chameleon atau bunglon bagi pemula yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Cara memelihara chameleon atau bunglon bagi pemula secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Cara memelihara chameleon atau bunglon bagi pemula | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

makanan bunglon , harga bunglon , cara menjinakan bunglon liar , cara memelihara bunglon , cara memelihara bunglon yang masih liar , cara menangkap bunglon , cara merawat bunglon , harga chameleon , makanan bunglon liar , harga bunglon chameleon