Home / Cara memperkenalkan anjing lama dengan anjing baru di rumah

Cara memperkenalkan anjing lama dengan anjing baru di rumah

Cara memperkenalkan anjing lama dengan anjing baru di rumah - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Cara memperkenalkan anjing lama dengan anjing baru di rumah " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Cara memperkenalkan anjing lama dengan anjing baru di rumah " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Cara memperkenalkan anjing lama dengan anjing baru di rumah
Tips sebelum membeli anjing baru

Tips sebelum membeli anjing baru

Proses adaptasi anjing – Pernakah anda menginginkan memelihara lebih dari 1 ekor anjing di rumah? Setiap anjing itu berbeda, sementara beberapa anjing akan menyambut anjing yang asing ke rumah mereka dengan sedikit keberatan, yang lainnya dapat sangat defensif dan posesif. Memperkenalkan anjing sebaiknya dilakukan secara metodis, diukur dari tingkat penerimaan anjing tersebut sehingga dapat menjamin perkenalan mereka berjalan dengan baik dan mereka dapat menjadi teman seumur hidup.

Biasanya, banyak anjing berarti lebih banyak lagi kesenangan, satu aja udah bikin seneng apalagi dia punya teman kan? tapi itu berlaku jika mereka akur. Jadi usahakan perkenalan mereka berjalan lancar sehingga mereka bisa akur nantinya. Nah dalam kesempatan kali ini kami akan membahasnya. Selengkapnya :

Bagaimana cara memperkenalkan anjing di rumah baru

Hal pertama yang kamu lakukan untuk mempertemukan mereka adalah lokasi, pertemukan mereka di daerah yang netral. Biarkan mereka saling menyapa dengan bebas tanpa tali yang terlalu mengekang mereka. Mungkin mereka akan lari dan saling mengendus dengan semangat, tetapi bukan berarti mereka akan berubah menjadi agresif. Mereka hanya semangat untuk menyapa teman baru, jadi tetap tenang dan antusias. Para anjing akan bereaksi dengan emosi anda, jika anda merasa tegang, mereka akan percaya situasi sedang berbahaya juga.

Langkah – langkah untuk memperkenalkan anjingmu

  • Cari satu orang yang akan membantumu dengan anjing lainnya, pastikan dia mengerti prosedurnya juga. Jika kamu memilih anjing baru, tetapi anjingmu yang lama ditinggalkan dirumah, kamu tidak ingin mempertemukan mereka berdua untuk pertama kalinya di dalam mobilmu, karena daerah itu sudah ditandai oleh anjing lamamu dan menganggap anjing barumu itu melanggar wilayahnya. Pertemuan pertama harus berada di wilayah yang netral.
  • Setiap anjing harus diikat dengan “harness” anjing, jangan gunakan tipe pengikat yang melingkari leher karena dapat membuatnya lebih kaku ketika ditarik ketika akan bertemu.
  • Dengan melonggarkan tali kekang, jalan bersama anjing dengan kecepatan yang sama dan perlahan dekatkan mereka berdua. Jika salah satu atau kedua anjing berlari mendekat satu sama lainnya, balik badan dan lihat ke arah lain. Biarkan mereka saling menyapa dalam keadaan yang relax, terkadang anjing dapat tidak nyaman ketika ada makhluk bertaring yang asing mendekatinya dan teman manusianya.
  • Ketika anjing sudah berada dalam radius sekitar 3 meter, biarkan mereka saling mendekat dengan ritmenya sendiri. Jangan tarik tali kekangnya, biarkan tali kekangnya longgar dan tetap tenang. Gunakan nada yang gembira, antusias ketika mereka berkenalan.
  • Setelah anjing sudah berkenalan (mereka akan menyentuhkan hidungnya, saling mengendus bokong) kemungkinan besar mereka akan bermain, biarkan mereka dan tetap buat tali kekangnya longgar.
  • Ketika mereka sudah selesai, berikan hadiah kepada mereka dan gunakan nada yang gembira ketika berbicara.
  • Bawa anjing berjalan menuju sekitar perumahanmu, lalu mendekat ke sekitar rumah dan masuk ke dalamnya.
  • Tetap pasang tali kekang pada mereka ketika di dalam ruangan dan perhatikan mereka berdua dengan seksama. Jika salah satu dari mereka mulai merasa tegang, siap – siap untuk membawa mereka keluar dengan tenang dan lembut. Lakukan ini pada hari pertama.
  • Ketika sudah saatnya mereka buang air, bawa mereka keluar bersama.

Beberapa anjing mungkin akan posesif dengan tempat tidur dan mainannya. Ketika ingin menambah anjing ke dalam keluarga anda, sembunyikan tempat tidur dan mainannya, dimana anjing baru tidak dapat menemukannya. Ini akan mengurangi rasa stressnya terhadap sifat posesifnya. Ketika mereka berdua sudah terlihat relax satu sama lainnya, kamu bisa mengeluarkan tempat tidur dan mainan anjing pertamamu dan mengeluarkan yang baru untuk anjing keduamu.

Perkenalan yang kaku

Tidak semua anjing mempunyai sikap yang baik, tapi bukan berarti mereka tidak dapat belajar untuk menerima anjing lainnya. Kamu hanya butuh waktu lebih untuk memperkenalkan mereka dan beberapa minggu pertama dalam mengasuh mereka untuk berteman.

  • Berlari ketika berkenalan – beberapa anjing akan tersinggung ketika ada yang berlari ke arahnya; dalam waktu bersamaan mereka akan bersikap waspada dan lebih protektif. Ketika ada salah satu anjing yang berlari ke arah anjing lain untuk berkenalan, cepat – cepat balik dan jalan ke arah yang lain. Ketika mereka sudah tenang, lakukan lagi dari awal. Ketika mereka sudah mendekat biarkan mereka saling mengendus dan semangat untuk berkenalan dengan sikap yang baik, mungkin bisa dibilang sopan.
  • Perhatikan cakar – Perhatikan bahasa tubuh mereka, jika salah satu anjing menempatkan cakarnya pada bahu anjing lain, dia sedang menjadi sombong. Jika anjing tersebut tidak menerimanya dan mundur atau menjadi lebih tegang (Buntutnya menjadi lurus, mata melebar seperti sebuah tatapan, kaki menjadi kaku).
  • Panggil kedua anjing untuk kembali, pastikan kamu tidak menariknya atau mereka akan mengaitkannya dengan hal buruk.

Mengetahui bahasa tubuh mereka akan dapat membantu membaca perasaannya, ketahuilah beberapa bahasa tubuh mereka.

  • Tegang – Kaku dan gerakan tubuh lambat; menunjukkan taring; menggeram; ekornya lurus keatas tanda siaga; telinga kaku ke depan; mata menatap waspada.
  • Relaks – Gerakan tubuh santai, napas ringan, mulut terbuka dengan santai, telinga menghadap ke samping badannya, matanya berkedip.
  • Acuh tak acuh – Tidak terlalu peduli anjing lain, tatapan mata lembut, telinga selalu bergerak – gerak.
  • Gembira – suka meloncat, badannya menunduk sambil melompat, telinganya kedepan tetapi tidak tegang, terkadang menggonggong dengan nada tinggi dan kepala bergerak – gerak.

Terkadang, anjing akan menunjukkan sikap tenang ketika akan berkenalan, biasanya mereka akan menghindari situasi yang tegang untuk berkenalan dengan damai. Beberapa tanda anjing sedang tenang ketika sedang berkenalan : menjilat, mata menatap ke arah lain, bersin, berkedip, telinga mengarah ke arah lain. Semua itu sikap mereka sedang menerima anjing lainnya.

Biasanya anjing senang dengan anjing lainnya, mereka senang berkelompok. Luangkan waktu untuk berkenalan dengan benar dan mereka akan menjadi teman seumur hidup.

Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Cara memperkenalkan anjing lama dengan anjing baru di rumah yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Cara memperkenalkan anjing lama dengan anjing baru di rumah. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Cara memperkenalkan anjing lama dengan anjing baru di rumah yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Cara memperkenalkan anjing lama dengan anjing baru di rumah secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Cara memperkenalkan anjing lama dengan anjing baru di rumah | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

bunatangnya di ikat tali , hewan paling tahan lama berlari , poto anjing bertarung dengan babi , Ramon mobi