Home / Cara mengatasi burung cendet mabung agar cepat tuntas

Cara mengatasi burung cendet mabung agar cepat tuntas

Cara mengatasi burung cendet mabung agar cepat tuntas - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Cara mengatasi burung cendet mabung agar cepat tuntas " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Cara mengatasi burung cendet mabung agar cepat tuntas " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Cara mengatasi burung cendet mabung agar cepat tuntas
Cendet molting

Cendet molting

Cara mempercepat proses cendet mabung – Bagi anda para kicau mania, pastinya memiliki salah satu koleksi burung cendet kan? Perlu anda ketahui Burung cendet adalah salah satu burung yang memiliki selera fighter yang bagus, untuk itu para Cendet mania lebih menyukai gaya khas tempur burung ganas ini, burung yang dialam liar menjadi predator bagi jenis burung lain ini kalau sudah naik ditempat gantangan biasanya akan memberikan penampilan maksimal kepada para penggemarnya. Biasanya pasca gantangan terkadang cendet sering kali mabung, perawatan cendet pada saat memasuki masa mabung meliputi banyak hal, terutama dalam segi pemberian makanan dan perawatan hariannya. Masa mabung ini merupakan masa di mana burung pentet mengganti bulunya.

Untuk itu para cendet tak perlu khawatir, dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips merawat cendet mabung dengan tepat dan benar, maka setelah mabung cendet akan berubah menjadi burung manja dan performanya menurun. Kesalahan dalam merawat cendet mabung sudah banyak dilakukan oleh cendet mania. Sebaiknya anda memahami betul bagaimana perawatan cendet mabung yang harus anda ketahui. Seperti berikut ini :

Cara merawat burung cendet mabung yang baik dan benar

Ful Kerodong

Burung cendet yang sedang mabung harus diful kerodong, dan idealnya sejak netes atau jatuh bulu pertama. Pengerodongan dilakukan dengan tujuan supaya cendet merasa lebih tenang dan nyaman dan proses jatuh bulu pun diharapkan lebih lancar. Untuk itu, lakukan pengerodongan sepanjang hari, kecuali saat memberikan makan dan minum. Namun demikian, sesekali Anda perlu membuka dan mengangin-anginkannya supaya cendet tetap dalam kondisi segar. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari timbulnya berbagai gangguan kesehatan pada cendet seperti gangguan pernapasan, serangan bakteri, dan lain sebagainya.

Sendirikan dan Jangan Sampai Mendengar Suara Burung Sejenis

Idealnya, cendet yang sedang mabung jangan sampai mendengar suara burung sejenis. Hal ini disebabkan karena suara burung sejenis bisa membangkitkan birahi cendet sehingga menghambat proses mabung. Namun jika tidak memungkinkan, cukup letakkan cendet mabung tersebut di tempat tenang dan atur jarak dengan cendet lainnya. Hal ini bertujuan agar cendet yang mabung tersebut tidak terganggu dan lebih tenang.

Tambah Jangkrik hingga Dua Kali Lipat dari Takaran Harian

Saat mabung, cendet membutuhkan nutrisi yang lebih dan karenanya pemberian jangkrik bisa ditingkatkan hingga dua kali lipat dari jumlah harian yang biasa Anda berikan. Jika misalnya setelan harian cendet Anda jumlah jangkrik adalah 5/5 ekor pagi dan sore, saat mabung jumlah pemberian jangkrik bisa ditingkatkan menjadi 10/10 pagi dan sore.

Dalam menangani cendet mabung, ada pula cendet mania yang malah menurunkan jumlah jangkrik dan bahkan menyetopnya sama sekali. Menurut mereka, jangkrik bisa menyebabkan bulu-bulu menjadi lebih kuat sehingga proses mabung menjadi terganggu. Namun kenyataannya, sepanjang pengetahuan saya pribadi, hal ini malah tidak efektif karena kenyataannya cendet tetap membutuhkan nutrisi dua kali lipat saat mabung. Karenanya, mengurangi jumlah jangkrik apalagi menyetopnya selama mabung, membuat cendet kekurangan nutrisi. Bahkan, cendet yang hanya makan voer dalam jangka waktu lama, pemulihan kondisinya pasca mabung sangat lama. Risiko lainnya adalah berpotensi menyebabkan serak, hidung berisiko tersumbat, dan bahkan kehilangan power. Karenanya, tidak ada alasan untuk Anda mengurangi apalagi menyetop pemberian jangkrik pada cendet selama proses mabung.

Berikan EF Lebih Rutin

Karena burung cendet mabung butuh nutrisi yang lebih maka pemberian EF lain seperti kroto, UK (ulat kandang), UH (ulat hongkong) dapat diberikan lebih sering, terutama kroto. Hal ini disebabkan karena kroto adalah makanan burung cendet yang paling enak dan bagus. Seperti diketahui bahwa kroto adalah EF yang paling kaya akan kandungan nutrisi. Untuk UH, pemberiannya sebaiknya tidak terlalu sering karena bisa berisiko merusak mata cendet. Cukup berikan seminggu sekali saja.

Jangan buang kotoran setiap hari

Kotoran burung tidak usah dibuang setiap hari. Idealnya, 2—3 hari sekali kotoran cendet baru boleh dibuang sambil bersihkan kandang dan burung diangin-anginkan. Hal ini karena kotoran yang dibiarkan dalam waktu lama bisa menguap sehingga membantu proses mabung. Namun demikian, terlalu lama membiarkan kotoran juga tidak baik, karena berpotensi menimbulkan berbagai penyakit.

Mandi dan jemur

Cendet yang mabung juga tidak boleh dimandikan, apalagi sampai dijemur. Hal ini karena paparan cahaya matahari atau air saat mandi bisa menyebabkan bulu-bulu cendet yang sudah tua dan mau rontok bisa segar kembali. Akibatnya, ini bisa menghambat rontoknya bulu-bulu tersebut. Bahkan yang paling parah, menjemur atau memandikan cendet saat mabung bisa menyebabkan berhentinya proses mabung (baca: gagal mabung).

Meski banyak cendet mania yang sesekali tetap menjemur dan memandikan cendet saat mabung, namun menurut hemat penulis, sebaiknya tidak dilakukan, apalagi jika cendet tersebut memang susah ngurak atau mempunyai riwayat trobel ngurak. Karenanya, tidak menjemur dan memandikan cendet saat mabung adalah tindakan yang paling aman karena hal ini bisa mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada proses mabungnya.

Mastering

Masa mabung adalah kesempatan emas untuk menambah atau memperbaiki isian pada cendet. Karenanya, banyak cendet mania yang sangat mengharapkan cendet jagoannya segera mabung jika burung tersebut mempunyai isian yang kurang bagus. Hal ini disebabkan karena pada saat mabung, cendet lebih banyak menyimak daripada berbunyi yang memungkinkannya lebih peka untuk merekam suara yang didengarnya. Untuk itulah, Anda disarankan untuk memaster cendet Anda tersebut supaya mempunyai isian yang lebih variatif.

Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Cara mengatasi burung cendet mabung agar cepat tuntas yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Cara mengatasi burung cendet mabung agar cepat tuntas. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Cara mengatasi burung cendet mabung agar cepat tuntas yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Cara mengatasi burung cendet mabung agar cepat tuntas secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Cara mengatasi burung cendet mabung agar cepat tuntas | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

cara mengatasi cendet muntah voer , kenapa cendet sering muntah , cara merawat cendet liar agar cepat bunyi , cara agar cendet cepat dorong ekor , ciri ciri pentet sudah tua , minuman cendet biar gacor , cara supaya cendet bongkar isian , ciri pentet sudah tua , cendet bisa di silang dengan burung apa , manfaat ulat jerman untuk cendet