Home / Cara merawat anak anjing yang baru lahir dengan benar

Cara merawat anak anjing yang baru lahir dengan benar

Cara merawat anak anjing yang baru lahir dengan benar - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Cara merawat anak anjing yang baru lahir dengan benar " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Cara merawat anak anjing yang baru lahir dengan benar " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Cara merawat anak anjing yang baru lahir dengan benar
Perawatan anak anjing

Perawatan anak anjing

Cara membersihkan anak anjing yang baru lahir – Banyak anggapan para dog lover yang merawat puppy atau anak anking yang baru di lahirkan susah-susah gampang perawatannya. Karena anak anjing yang baru lahir masih belum aktif bergerak sejak di lahirkan, banyak menghabiskan waktunya dengan tidur sepanjang hari. Ada baiknya jika kita pemilik anjing harus tahu beberapa hal yang perlu di lakukan saat menangani proses persalinan dan merawat kelahiran anak anjing.

Pada proses melahirkan anjing hampir sama dengan proses melahirkan kucing dan ini sebenarnya adalah suatu proses yang alamiah, tetapi dalam hal ini untuk mengurangi resiko maka perlu kita untuk membantu merawat anak anjing kita yang baru lahir agar tentunya sehat, aman dan mengalami pertumbuhan yang baik. Maka dari itu dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan artikel tata cara merawat anak anjing yang baru lahir, semoga bermanfaat dapat menjadi referensi anda. Selengkapnya :

Tips merawat puppies atau anak anjing yang baru lahir

Kehangatan Kandang

Anak anjing yang baru lahir akan sangat membutuhkan kehangatan. Biasanya mereka akan berkumpul dan selalu mencari induknya untuk mendapatkan kehangatan dan kenyamanan.
Usahakan kandang anjing diberi alas untuk menjaga kehangatan anak anjing, dan ini juga menjauhkan bahaya apabila ada kemungkinan kaki, tangan, atau kepala anak anjing masuk ke dalam jeruji kandang.

Namun, akan lebih baik anak-anak anjing yang baru lahir dibiarkan tidur diluar kandang bersama induknya, dengan menyediakan kasur atau alas untuk anjing. Selain menjaga anak anjing tetap hangat, juga menghindarkan mereka dari bahaya terjepit di jeruji kandang, karena anak anjing masih tergolong kecil.

Kebersihan Kandang

Anak anjing sangat rawan terhadap penyakit. Terutama saat masih berumur dibawah 4 bulan. jadi anak anjing harus terus terjaga kebersihannya.
Bersihkan kandang dari segala macam kotoran, terutama jika ada remah-remah makanan yang bisa menimbulkan datangnya semut.

Mata Anak Anjing Masih tertutup

Anak anjing yang baru lahir, biasanya memiliki mata yang masih belum terbuka sepenuhnya, ini karena mata anjing masih dalam proses pematangan pertumbuhan. Sejak dalam kandungan, anjing memiliki proses pertumbuhan mata yang cukup lama, sehingga saat mereka dilahirkan, bagian mata masih tertutup untuk proses penyempurnaan, setidaknya sampai anak anjing berumur 2 minggu.

Jadi, jangan sesekali membuka matanya, karena mata anak anjing ini akan terbuka dengan sendirinya setelah proses pembentukan kornea matanya benar-benar sempurna.
Pada masa ini, biarkan anak anjing terus menyusu pada induknya. Dan pantau induk anjing untuk terus berada di dekat anak-anaknya.

Pemberian makan pada anak anjing dan induk

Untuk Induk :

  • Berikan makanan sehari-hari seperti biasa. Dan usahakan untuk selalu memberikan makanan dog food yang memang khusus untuk anjing. Karena dog food sudah diolah dengan penambahan vitamin dan nutrisi khusus yang diperlukan anjing. Jadi, makanan ini lebih sehat dan dianjurkan.
  • Berikan vitamin untuk induk, terutama vitamin untuk kalsium. Karena induk masih dalam masa menyusui, maka induk sangat membutuhkan asupan vitamin untuk menjaga agar tulang tetap sehat dan tidak mudah rapuh. Selain itu, vitamin dan nutrisi juga dibutuhkan sebagai penambah darah, agar induk anjing tidak mengalami anemia.
  • Tanyakan dan mintalah pada dokter hewan mengenai vitamin untuk induk anjing.

Untuk anak anjing :

  • Anak anjing yang baru lahir, hanya minum susu dari induknya, sampai usia 2 minggu.
  • Saat memasuki usia 3 minggu, dan apabila anak anjing sudah terbuka matanya secara sempurna, bisa diberikan makanan tambahan, seperti susu formula dan dog food untuk puppies.
  • Bisa menggunakan susu formula yang biasa diminum bayi. Berikan selagi hangat.
  • Untuk pemberian dog food, pilih yang khusus untuk puppies. Ambil sedikit saja, taruh dalam mangkuk, lalu tambahkan sedikit air dan tunggu sampai dog food menjadi lembek.
  • Jangan mencampur dog food dengan air panas, karena bisa membuang vitamin dan nutrisi yang terdapat dalam dog food.

Pemberian Vaksinasi

Anak anjing perlu diberikan vaksinasi. Ini supaya mereka tetap terjaga kesehatannya, tidak mudah sakit, terutama penyakit-penyakit yang berbahaya yang bisa menyebabkan kematian pada anjing. Cegah kemungkinan anak anjing sakit atau mati, dengan pemberian vaksin.

Vaksinasi sebaiknya mulai diberikan pada anak anjing minimal usia 6 minggu untuk vaksin pertama. Konsultasikan dan mintalah vaksinasi ini kepada dokter hewan.

  • Vaksin pertama biasanya hanya pada penanggulangan penyakit Parvo.
  • Vaksin kedua, meliputi Parvo, Distemper, Parainfluenza, Hepatitis CAV-2, dan Leptospirosis. Vaksin kedua diberikan 1 bulan setelah pemberian vaksin pertama. Pemberian vaksin ini sangat penting, karena biasanya anak anjing rawan terhadap penyakit yang diakibatkan virus dari lingkungan sekitar, terutama penyakit
  • Distemper dan Parvo yang sering menyerang anak-anak anjing yang masih kecil.
  • Vaksin ketiga, sama seperti pada vaksin kedua, namun ada penambahan untuk vaksin Rabies. Vaksin ini diberikan 1 bulan setelah vaksin kedua. Jadi vaksin ini diberikan saat anjing sudah berumur 3,5 bulan. Dan ini sangat penting bagi anjing yang sudah aktif, terutama saat sudah sering diajak keluar rumah.
  • Vaksinasi tahunan. Setelah pemberian vaksinasi ketiga lengkap, tentunya ada kelanjutan untuk pemberian vaksinasi ini, yaitu pemberian vaksin tahunan atau untuk satu tahun sekali saja. Ini supaya anjing tetap berada pada kekebalan tubuh yang sempurna.

Nah, setelah pemberian vaksinasi yang ketiga, anak anjing sudah aman dan sudah memiliki kekebalan terhadap berbagai macam penyakit, termasuk penyakit yang ditakuti oleh manusia, yaitu rabies.

Pemberian Obat Cacing

Puppies atau anak anjing ini perlu diberi obat cacing. Supaya mereka tetap memiliki pencernaan yang sehat, terhindar dari penyakit cacingan, dan nafsu makan tetap terjaga dengan baik.

Menghindarkan mereka dari bahaya cacingan juga sangat penting agar tidak menularkan bahaya ini kepada manusia atau si pemilik.

Pemberian obat cacing bisa dilakukan pada usia 5-6 minggu, atau 1 minggu sebelum dilakukan vaksinasi. Konsultasikan hal ini pada dokter hewan, mengenai dosis yang tepat.

Jangan memandikan anak anjing yang belum cukup umur

Ini sangat penting untuk diketahui para pemilik anjing. Terutama apabila Anda baru saja membeli anak anjing baru. Jika anak anjing sudah berumur setidaknya 4 bulan, boleh-boleh saja memandikannya.

Namun, jika anak anjing masih berumur dibawah 3 bulan, terutama jika mereka belum mendapatkan vaksinasi, anak anjing sebaiknya jangan dimandikan dulu. Selain belum tahan terhadap suhu dingin, kemungkinan akan timbulnya sakit akan semakin tinggi. Memandikan anak anjing yang masih kecil bisa berdampak pada timbulnya sakit, seperti flu, pilek, batuk, dan rawan tertular penyakit parvo dan distemper. Nah, jika anak anjing belum diberikan vaksinasi, akan sangat berbahaya dan bisa menyebabkan mereka mati.

Anak anjing juga tidak boleh dimandikan setelah pemberian vaksinasi. Setidaknya untuk 1 minggu kedepan setelah vaksinasi. Seperti halnya anak anjing yang baru saja dimasuki virus untuk mendorong kekebalannya, jika dimandikan dan sakit, maka virus justru akan menyerang karena anak anjing dalam kondisi lemah.

Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Cara merawat anak anjing yang baru lahir dengan benar yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Cara merawat anak anjing yang baru lahir dengan benar. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Cara merawat anak anjing yang baru lahir dengan benar yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Cara merawat anak anjing yang baru lahir dengan benar secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Cara merawat anak anjing yang baru lahir dengan benar | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

obat tidur untuk anjing , mp3 anak prenjak , anak tawon untuk cucak ijo , makanan meong congkok , jual anak elang kepala putih , cara pemberian vitachick , pur babi untuk anjing , manfaat anak tawon untuk kacer , suara anak berang berang , anak kadal baru menetas