Home / Cara merawat dan beternak marmut bagi pemula

Cara merawat dan beternak marmut bagi pemula

Cara merawat dan beternak marmut bagi pemula - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Cara merawat dan beternak marmut bagi pemula " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Cara merawat dan beternak marmut bagi pemula " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Cara merawat dan beternak marmut bagi pemula
Foto marmut lucu

Foto marmut lucu

Tips perawatan harian marmut – Marmut merupakan salah satu hewan peliharaan yang sangat lucu dan menggemaskan. Hewan yang satu ini berfisik mirip dengan hamster, hanya saja lebih besar dan cenderung gemuk. Selain itu juga ada perbedaan untuk marmut dan hamster, yakni marmut selain bisa dijadikan hewan peliharaan juga bisa dikonsumsi dagingnya karena ukurannya yang cukup besar dan berdaging banyak. Sedangkan hamster cenderung hanya dijadikan hewan peliharaan hias dan tidak untuk konsumsi, sebab hewan ini hanya berukuran sebesar tikus kecil dengan daging yang sedikit.

Pemeliharaan marmut pada dasarnya sangat mudah dan tidak merepotkan. Persiapan yang dilakuakan juga cukup sederhana dengan sedikit biaya dan waktu, jadi Anda tidak perlu khawatir akan kerepotan jika memeliharanya, yang perlu Anda perhatikan antara lain adalah kandang, makanan, dan perawatan.

Cara mudah memelihara marmut

Memilih Kandang

Pilih kandang yang tepat untuk marmut Anda. Pilih kandang yang memiliki cukup ruang bagi marmut untuk bergerak di dalamnya dengan nyaman.
Jangan menempatkan marmut dalam akuarium yang tidak ada ventilasi udaranya maupun dalam kandang kawat karena bisa menyakiti mereka.

Tempat Tidur yang Bebas Racun

Hanya gunakan bahan-bahan yang tidak beracun untuk alas kandang.
Marmut suka mengunyah dan akan mengunyah benda apapun yang ada di dalam kandang.

Oleh karena itu, semua benda dalam kandang tidak boleh ada yang beracun untuk mencegah marmut sakit atau keracunan.

Makanan

Beri makan marmut setiap hari. Tersedia makanan marmut yang bisa dibeli di toko, namun penting untuk melengkapi makanan ini dengan sayuran hijau seperti kangkung dan selada.
Anda juga bisa memberikan buah segar seperti irisan apel atau anggur sebagai makanan selingan untuk marmut.

Jerami

Sediakan jerami di kandang marmut. Jerami tersebut biasanya digunakan untuk membuat sarang dan dijadikan camilan oleh marmut.

Persediaan Air Minum

Sediakan selalu air segar untuk marmut Anda. Cara terbaik adalah dengan menyediakan wadah air yang menempel pada kandang.

Periksa wadah air tersebut secara berkala untuk memastikan tidak ada kebocoran.

Kebersihan Kandang

Jagalah kebersihan kandang marmut. Meskipun marmut juga berusaha menjaga kebersihan kandang, tetapi mereka tetap membutuhkan bantuan Anda.

Perawatan Bulu Marmut

Sikat atau sisir bulu marmut dengan sisir kecil.

Bulu marmut relatif pendek sehingga tidak memerlukan penyisiran yang rumit seperti hewan yang berbulu lebat dan panjang (mis: kucing Persia).

Melakukan perawatan marmut juga akan memberikan Anda waktu untuk menjalin ikatan dengannya.

Tips Tambahan

Marmut membutuhkan vitamin C, oleh karena itu pastikan mereka mendapatkan cukup vitamin C. Cari tahu tentang apa yang boleh dan yang tidak boleh dimakan oleh marmut.

Beberapa makanan dapat membuat mereka sangat sakit. Misalnya, marmut bisa makan selada tapi makan selada dapat membuat mereka sakit.

  • Jangan meninggalkan marmut sendiri dengan hewan lain, termasuk kucing atau anjing.
  • Masih terdapat perbedaan pendapat apakah marmut perlu dimandikan secara teratur.
  • Tapi semua orang tentu setuju bahwa bulu yang bersih dan bebas parasit akan menunjang kesehatan marmut secara keseluruhan.

Jika Anda hendak memandikan marmut peliharaan Anda, berikut terdapat beberapa informasi dasar yang dapat Anda jadikan sebagai panduan.

Persiapan :

  • Siapkan dua handuk. Letakkan handuk pertama di lantai dekat bak mandi dan handuk kedua di meja kamar mandi atau tutup toilet.
  • Tempatkan pengering rambut (hair dryer) dekat handuk kedua. Pastikan hair dryer aman dari percikan air.
  • Gunakan ember kecil sebagai bak mandi marmut. Isi dengan air hangat hingga setinggi 5 cm.
  • Jika diperlukan, alasi dasar ember dengan kain bekas agar tidak mudah selip.
    Bermainlah sejenak dengan marmut agar marmut menjadi rileks.

Mandi umumnya tidak akan menjadi sesi yang menyenangkan sehingga marmut yang santai akan lebih mudah diatur saat dimandikan.

Merawat marmut dengan benar meliputi menyediakan kandang yang bersih, air yang cukup, serta makanan yang memenuhi semua kebutuhan nutrisi. Hanya memberikan pelet tidak akan menyediakan semua kebutuhan gizi,  berbagai diet tambahan diperlukan agar marmut dapat selalu aktif dan sehat.

  • Jika tersedia, beri makan marmut dengan timothy hay. Tanyakan ketersediaan pakan ini di toko hewan peliharaan.
  • Timothy hay ideal dijadikan makanan pokok bagi marmut. Umumnya, semakin hijau warna timothy hay akan semakin baik bagi marmut.
  • Pastikan marmut mendapatkan setidaknya 10 mg vitamin C setiap hari.
  • Kebutuhan vitamin C bisa dipenuhi dari suplemen atau dari makanan seperti kubis, kangkung, atau jeruk.
  • Vitamin C yang cukup akan membuat marmut tetap sehat.
  • Tambahkan dedak pada makanan marmut. Dedak menawarkan serat dan nutrisi lain yang bermanfaat bagi marmut.
  • Beri makan marmut dengan sayuran hijau. Pilih peterseli segar, sawi, lobak, bayam, selada air, atau rumput-rumputan. Sayuran hijau bisa bertindak sebagai pencahar.
  • Jika setelah diberi sayuran hijau marmut mengalami diare atau masalah pencernaan, kurangi atau hentikan memberikan makanan tersebut.
  • Berhati-hati ketika memberikan marmut kacang-kacangan atau biji-bijian.

Saat memberikan kacang, pastikan untuk mengupasnya terlebih dahulu. Kulit kacang bisa mneyebabkan tersedak dan sulit dicerna oleh marmut.

Meskipun kacang-kacangan dan biji-bijian baik untuk marmut, terlalu banyak makanan ini bisa menyebabkan masalah kesehatan dan membuat marmut mengalami kenaikan berat badan berlebih.

  • Beri makan marmut dengan mentimun, brokoli, dan wortel.

Sayuran tersebut memiliki kandungan air tinggi yang bisa membantu mencegah dehidrasi.

Buah-buahan seperti apel (diberikan tanpa biji) atau aprikot akan baik pula dijadikan makanan selingan bagi marmut.

Tips Tambahan

Jangan beri makan marmut biji apel, kentang, atau buncis karena bisa menyebabkan marmut keracunan.

Jangan beri makan marmut kacang atau biji yang masih ada kulitnya atau seledri utuh karena dapat menyebabkan tersedak.

  • Cara memandikan marmut

    Pegang marmut dan masukkan perlahan ke dalam bak mandi. Belai marmut dengan lembut untuk membuatnya tetap tenang.
    Tunggu sekitar dua menit, jika marmut tetap panik, langsung melompat ke langkah lima. Jika marmut tetap tenang, Anda bisa berlanjut ke langkah kedua.

  • Gunakan cangkir untuk menyiramkan air ke tubuh marmut. Hindari menuangkan air ke wajah dan telinga.
  • Tuangkan sampo untuk hewan peliharaan ke punggungnya, dan busakan.
    Ingat untuk menghindari area wajah dan telinga. Gosok bulu marmut dengan lembut termasuk bagian dada dan kaki.
  • Isi cangkir dengan air bersih dari keran. Bilas badan marmut untuk menghilangkan sisa sampo.
    Usahakan agar marmut tetap tenang dengan membelainya secara lembut.
  • Angkat marmut keluar dari bak plastik dan tempatkan di atas handuk di lantai.
    Bungkus marmut dengan handuk, dan usap lembut bulunya untuk menghilangkan kelebihan air.
  • Ganti handuk pertama yang telah basah dengan handuk kedua. Sekali lagi, bungkus tubuh marmut agar tetap hangat.
    Nyalakan hair dryer dan setel pada panas terendah. Keringkan satu bagian tubuh pada satu waktu baru berpindah ke bagian tubuh lain.
  • Pastikan bulu marmut benar-benar kering sebelum mengembalikannya ke kandang.
Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Cara merawat dan beternak marmut bagi pemula yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Cara merawat dan beternak marmut bagi pemula. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Cara merawat dan beternak marmut bagi pemula yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Cara merawat dan beternak marmut bagi pemula secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Cara merawat dan beternak marmut bagi pemula | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

Cara membuat kandang marmut , kandang marmut , cara melatih marmut , kandang marmut dari bambu , gambar marmut , contoh kandang marmut , marmut anggora , cara menjinakan marmut , foto marmut , cara membuat kandang marmut sederhana