Home / Cara merawat lovebird mabung agar cepat tuntas

Cara merawat lovebird mabung agar cepat tuntas

Cara merawat lovebird mabung agar cepat tuntas - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Cara merawat lovebird mabung agar cepat tuntas " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Cara merawat lovebird mabung agar cepat tuntas " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Cara merawat lovebird mabung agar cepat tuntas
Penyebab lovebird mabung

Penyebab lovebird mabung

Tips mengatasi lovebird mabung – Tak sedikit penghobi burung lovebird pemula merasa kebingungan ketika burung lovebird yang mereka sayangi dalam keadaan mabung. Mabung biasanya disebut juga dengan istilah molting yakni rontoknya bulu pada burung dan burung tampak lebih murung. Proses mabung sendiri merupakan proses yang secara alami terjadi dan dialami lovebird maupun sejenis burung yang lainnya. Saat burung lovebird ini sedang mabung, tentu memerlukan perawatan lovebird mabung dengan tepat agar burung pun bisa lebih tenang dan normal kembali.

Para pencinta lovebird mania tentunya harus mengetahui bagaimana cara merawat lovebird mabung dengan tepat. Umumnya lovebird yang sedang mabung sendiri kekurangan vitamin maupun nutrisi di tubuhnya. Simaklah tips yang kami berikan berikut ini :

Ciri-ciri lovebird mabung

Ada banyak pemula merawat bururng lovebird yang belum faham akan burung yang sedang mabung, jika seperti itu maka akan sangat berbahaya kalau kita tidak tau jika burung itu sedang mabung karena kita tidak bisa langsung mengambil tindakan untuk mengganti perawatan khusus burung lovebird yang sedang mabung, dan jika di biarkan maka burung akan sangat lama dalam pergantian bulu tersebut. Nah disini kami akan memberikan beberapa ciri lovebird mabung.

  • Pada bagian tampak kusam dan tidak rapi.
  • Bulu bulu labet akan mengalami kerontokan secara berkala.
  • Pada bagian bulu ekor tidak rapi tampak seperti acak acakan.
  • lovebird akan mengalami macet bunyi / males bunyi lebih tepatnya tidak mau gacor.
  • Jika di lihat kasat mata kondisi fisik labt ini lebih lemas dari biasanya sebelum mabung.
  • Jika di saat mabung anda cobat trek, durasi suara tidak akan maksimal.

Perawatan harian Lovebird (LB) pada saat mabung/ngurak:

  • Full kerodong, karena pada saat mabung bulu-bulunya tidak akan cukup untuk melindungi tubuhnya dari cuaca dingin, dan usahakan untuk memakai kerodong yang berbahan tebal.
  • Tempatkan Lovebird (LB) ditempat yang tenang tanpa gangguan agar bisa istirahat total dan fokus untuk menyelesaikan masa mabungnya.
  • Jangan dijemur terlalu lama, karena pada saat mabung, Lovebird (LB) tidak terlalu membutuhkan sinar Matahari, tapi justru malah membutuhkan tingkat kelembaban yang tinggi untuk mempercepat proses pertumbuhan bulu-bulu barunya. Lovebird (LB) cukup dijemur 15 menit saja pada jam 07.00 pagi setelah pemberian pakan dan air minum serta pembersihan kandangnya.
  • Mandikan Lovebird (LB) seminggu sekali saja selama masa merontokkan bulu. Mulai mandikan Lovebird (LB) 2-3 hari sekali pada saat bulu-bulu baru mulai tumbuh dan mulai mandikan setiap hari setelah semua bulunya tumbuh sempurna.
  • Setelah semua bulunya tumbuh sempurna, jangan dijemur terlalu lama dulu. Durasi penjemuran ditingkatkan secara bertahap sampai bulu-bulunya benar-benar sudah kuat, kira-kira setelah 2 bulan setelah selesai mabung.

Pakan dan Ekstra fooding (EF) untuk Lovebird (LB) yang sedang mabung/ngurak:

  • Telur rebus

Telur mengandung protein tinggi dan biotin yang sangat diperlukan oleh Lovebird (LB) pada saat masa mabung/ngurak. Ambil kuning telur dipotong kecil-kecil lalu taruh dalam cepuk khusus, atau bisa juga dikeringkan terlebih dulu dengan cara dijemur atau di oven.

  • Tulang sotong

Sediakan tulang sotong setiap hari sebagai sumber kalsium untuk Lovebird (LB) agar bulu-bulunya tumbuh lebih kuat.

  • Biji kwaci

Campurkan biji kwaci dicepuk pakannya, porsinya bisa dilebihkan. Kandungan vitamin E pada biji kwaci dapat membuat bulu-bulu Lovebird (LB) lebih mengkilap.

  • Berikan jagung manis dan sayur-sayuran segar dengan menu bervariasi agar Lovebird (LB) tidak bosan dan tercukupi nutrisinya.
  • Buah juga harus diberikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin Lovebird (LB) pada saat masa mabung/ngurak.
  • Pakan utama Lovebird (LB) berupa milet tetap diberikan setiap hari, dan akan lebih baik kalau milet terlebih dulu dicampur dengan minyak ikan agar bulu-bulu Lovebird tumbuh lebih kuat dan lebih mengkilap.
Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Cara merawat lovebird mabung agar cepat tuntas yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Cara merawat lovebird mabung agar cepat tuntas. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Cara merawat lovebird mabung agar cepat tuntas yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Cara merawat lovebird mabung agar cepat tuntas secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Cara merawat lovebird mabung agar cepat tuntas | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

perawatan lovebird tumbuh bulu jarum , ciri ciri lovebird akan mabung , perawatan lakbed lagi tumbuh bulu jarum , rawatan lb mabung , cara membuat bulu lovebird cerah , ciri ciri lb akan mabung , cara merawat lovebird jarum bulu , ciri labet mau mabung , perawatan burung lovebird tumbuh bulu jarum , cara cepat tumbuhkan buli ekor lovebird