Home / Cara mudah budidaya dan teknik pemijahan ikan nilem

Cara mudah budidaya dan teknik pemijahan ikan nilem

Cara mudah budidaya dan teknik pemijahan ikan nilem - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Cara mudah budidaya dan teknik pemijahan ikan nilem " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Cara mudah budidaya dan teknik pemijahan ikan nilem " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Cara mudah budidaya dan teknik pemijahan ikan nilem
Gambar ikan nilem

Gambar ikan nilem

Tips merawat ikan nilem di kolam – Ikan nilem (Osteochilus hasselti) merupakan ikan endemik (asli) Indonesia yang hidup di sungai – sungai dan rawa – rawa. Ciri – ciri ikan nilem hampir serupa dengan ikan mas. Ciri – cirinya yaitu pada sudut – sudut mulutnya terdapat dua pasang sungut – sungut peraba. Sirip punggung disokong oleh tiga jari – jari keras dan 12 – 18 jari – jari lunak. Sirip ekor berjagak dua, bentuknya simetris. Sirip dubur disokong oleh 3 jari – jari keras dan 5 jari – jari lunak. Sirip perut disokong oleh 1 jari – jari keras dan 13 – 15 jari – jari lunak. Jumlah sisik – sisik gurat sisi ada 33 – 36 keping, bentuk tubuh ikan nilem agak memenjang dan piph, ujung mulut runcing dengan moncong (rostral) terlipat, serta bintim hitam besar pada ekornya merupakan ciri utama ikan nilem.

Kualitas Air

Ikan nilem akan melakukan pemijahan pada kondisi oksigen berkisar antara 5 – 6 ppm, karbondioksida bebas yang optimum untuk kelangsungan hidup ikan yaitu ≤ 1 ppm. Menurut Susanto (2001) suhu yang optimum untuk kelangsungan hidup ikan nilem berkisar antara 18 – 280C, dan untuk pH berkisar antara 6,7 – 8,6. Sedangkan menurut PBIAT Muntilan (2007), untuk kandungan ammonia yang disarankan adalah 0,5 ppm.

Reproduksi Ikan Nilem (Osteochilus hasselti)

Reproduksi pada ikan dikontrol oleh kelenjar pituitari yaitu kelenjar hipotalamus, hipofisis – gonad, hal tersebut dipengaruhi oleh adanya pengaruh dari lingkungan yaitu temperatur, cahaya, cuaca yang diterima oleh reseptor dan kemudian diteruskan ke sistem syaraf kemudian hipotalamus melepaskan hormon gonad yang merangsang kelenjar hipofisa serta mengontrol perkembangan dan kematangan gonad dalam pemijahan.

Reproduksi merupakan kemampuan indivudu untuk menghasilkan keturunan sebagai upaya untuk melestarikan jenisnya atau kelompoknya. Ikan memiliki ukuran dan jumlah telur yang berbeda, tergantung tingkah laku dan habitatnya. Sebagian ikan memiliki jumlah telur banyak, namun ukurannya kecil, sehingga sintasan rendah. Sebaliknya ikan memiliki telur sedikit, ukurannya besar. Kegiatan reproduksi pada setiap jenis hewan air berbeda-beda, tergantung kondisi lingkungnya.

Pemijahan adalah proses perkawinan antara ikan jantan dan ikan betina yang mengeluarkan sel telur dari betina, sel sperma dari jantan dan terjadi di luar tubuh ikan (eksternal). Dalam budidaya ikan, teknik pemijahan ikan dapat dilakukan dengan tiga macam cara, yaitu:

  • Pemijahan ikan secara alami, yaitu pemijahan ikan tanpa campur tangan manusia, terjadi secara alamiah (tanpa pemberian rangsangan hormon),
  • Pemijahan secara semi intensif, yaitu pemijahan ikan yang terjadi dengan memberikan rangsangan hormon untuk mempercepat kematangan gonad, tetapi proses ovulasinya terjadi secara alamiah di kolam,
  • Pemijahan ikan secara intensif, yaitu pemijahan ikan yang terjadi dengan memberikan rangsangan hormon untuk mempercepat kematangan gonad serta proses ovulasinya dilakukan secara buatan dengan teknik stripping atau pengurutan.

Cara memijah telur ikan nilem

Cara ini bisa dilakukan siapapun dan tidak memerlukan tempat atau kolam yang luas. Peralatan dan bahan yang perlu disiapkan :

  • Induk ikan nilem (Jenis-jenis ikan nilem)
  • Bak semen atau bak plastik ukuran 3 x 1,5 x 0,6 m
  • Akuarium ukuran 80 x 40 x 40 cm
  • Blower atau aerator dan kelengkapannya
  • Sair/seser halus
  • Ovaprim
  • Spuit/alat suntik ukuran 1 cc

Ciri-ciri induk nilem betina matang telur :

  • Perut membesar dari arah dada sampai lubang anus dan jika diraba terasa lembek/empuk

Ciri-ciri induk nilem jantan matang telur :

  • Keluar cairan sperma warna putih jika di urut ke arah anus

Tahapan operasional :

  • Persiapan wadah/tempat
  • Penyuntikan
  • Pemijahan
  • Penetasan

Persiapan

  • Memilih induk ikan nilem jantan dan betina siap pijah (Lihat ciri-ciri induk siap pijah) sebanyak 10 pasang
  • Membersihkan wadah tempat pemijahan (bak semen/bak plastik), mengisi air (tinggi air 40 cm), memasang blower (untuk memanipulasi seperti ada aliran air)
  • Membersihkan wadah tempat penetasan (akuarium), mengisi air (tinggi 30 cm), memasang aerator dan kelengkapannya

Penyuntikan

  • Penyuntikan ikan dengan ovaprim menggunakan spuit dengan dosis 0,01 cc per ekor
    Induk yang di suntik cukup 3 pasang (jantan betina), tidak semuanya (induk yang lain akan terangsang dan ikut memijah)
  • Penyuntikan dilakukan pada jam 4 sore, lalu masukan/lepaskan di wadah pemijahan

Pemijahan

  • Pemijahan akan terjadi pada malam hingga pagi hari
  • Telur hasil pemijahan di sedok menggunakan sair halus lalu pindahkan ke wadah penetasan (akuarium) yang telah dipasang aerator.

Penetasan

  • Penetasan akan terjadi 2 – 3 hari tergantung suhu air
  • Jika air dalam akuarium terlihat keruh (dikarenkan telur yang tidak dibuahi), perlu diganti dengan cara di sipon (disedot menggunakan selang aerator yang telah di modifikasi seperti gambar di bawah).
  • Penggantian cukup setengah volume air yang ada.
  • Setelah 5 hari larva ikan nilem (kebul) bisa di panen dengan menggunakan seser halus dan dimasukan ke dalam kantong plastik lalu di gas (oksigen) dan dipindahkan ke kolam pendederan
Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Cara mudah budidaya dan teknik pemijahan ikan nilem yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Cara mudah budidaya dan teknik pemijahan ikan nilem. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Cara mudah budidaya dan teknik pemijahan ikan nilem yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Cara mudah budidaya dan teknik pemijahan ikan nilem secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Cara mudah budidaya dan teknik pemijahan ikan nilem | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

lb mesawat , cit anten , cit keres , cara membudidayakan kelabang , suara banyak burung , sek jos , budidaya kelabang merah , Gambar Logo ayam dan gurameh , gambar badol , love bird awewe