Home / Cara mudah melatih ayam bekisar agar rajin berkokok

Cara mudah melatih ayam bekisar agar rajin berkokok

Cara mudah melatih ayam bekisar agar rajin berkokok - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Cara mudah melatih ayam bekisar agar rajin berkokok " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Cara mudah melatih ayam bekisar agar rajin berkokok " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Cara mudah melatih ayam bekisar agar rajin berkokok
Gambar ayam bekisar

Gambar ayam bekisar

Tips memelihara ayam bekisar – Ayam Bekisar merupakan jenis ayam keturunan F1 hasil perkawinan ayam hutan jantan (Gallus varius) dan ayam Kampung betina (Gallus gallus domesticus). Bekisar dikembangkan sebagai ayam kesayangan untuk menghasilkan ayam hias yang indah bulunya, dan terutama untuk mendapatkan keindahan suaranya dengan suara kokok yang memikat.

Warna bulu ayam bekisar didominasi oleh warna bulu ayam Kampung betina yang digunakan, tetapi postur tubuh, sifat dan suaranya sangat tergantung pejantannya yaitu ayam Hutan Hijau. Pada awalnya penggemar Bekisar hanya menyukai warna Merah dan Hitam, saat ini warna ayam Bekisar sangat beragam bahkan keindahan warna bulu ayam Bekisar sering digunakan sebagai salah satu kriteria dalam lomba Bekisar.

Warna dasar ayam Bekisar mempunyai delapan warna dasar favorit yaitu Merah, Hitam, Putih, Kuning, Wido, Kelabu, Blorok, dan Jali. Ayam Bekisar menjadi lambang fauna (maskot) Propinsi Jawa Timur. Ayam Bekisar berasal dari pulau Kangean, sebuah pulau kecil sebelah timur Madura, termasuk wilayah kabupaten Sumenep. Ayam ini menyebar ke seluruh pulau Madura, Jawa, Bali, dan Wilayah Lombok, Komodo, Flores. Selain di wilayah tersebut ayam Bekisar sulit dijumpai.

Jenis-jenis ayam bekisar yang mahal

  • Bekisar Kangean (Madura), dibentuk dari induk betina berbulu satu macam misalnya hitam, merah, putih, kuning, dan abu – abu.
  • Bekisar Putih (Yogya), berwarna putih mulai dari paruh, hingga telapak kaki kecuali jengger, pial, dan cuping berwarna merah.
  • Bekisar Hitam (Parakan), silangan dengan ayam Kedu Hitam betina. Bentuk tubuh tinggi, besar, tegap dan berbulu hitam.
  • Bekisar Multiwarna (Solo), kaya akan warna dan suaranya sangat nyaring dengan ujung suara meninggi, ukuran tubuh sedang. Ayam Bekisar multiwarna mempunyai bulu warna – warni dengan bulu leher, bulu pelana, dan bulu hias berwarna merah menyala.

Ciri-ciri ayam bekisar super

  • Bentuk tubuh dipengaruhi oleh bentuk ayam hutan
  • Bentuk dan warna bulu dipengaruhhi oleh warna bulu induknya
  • Bulu lebih mengkilap dibanding ayam buras
  • Bekisar jantan fertil ( dapat menghasilkan keturunan), sedangkan yang betina infertil (mandul)
  • Kokok ayam jantn bekisar dapat terdengar pada jarak 1- 2km

Cara menjodohkan ayam bekisar

  • Penjinakan ayam jantan sampai pejantan cukup berani dan dalam kondisi berahi.
  • Babon dipilih yang belum pernah kawin.
  • Setelah keduanya “saling cocok dan setuhu dipertemukan”. Babon dapat dimasukan ke dalam kandang pejantan ayam hutan.
  • Untuk pasangan tetap, pejantan dan babon itu tidak dipisahkan lagi.
  • Untuk pasangan tidak tetap, bila babon sudah bertelur, maka pejantan ayam hutan itu dapat dikawinkan dgn babon ke dua.
  • Setelah kawin, 5- 11 hari ayam hutan akan bertelur.

Cara merawat ayam bekisar agar bagus bulunya

  • Berikan extra fooding atau kadang dilafalkan ekstra podeng setiap sore, yakni campuran air kencur dan madu dicampurkan ke dalam pakan.
  • Bekisar perlu dijemur beberapa menit saat cuaca memungkinkan agar merasa hangat
  • Agar kualitas suara bekisar juga tetap baik, pisang kapok atau tomat dan jangkrik perlu juga diberikan.
  • Sangkar ditutup dengan krakap mulai setiap menjelang maghrib
Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Cara mudah melatih ayam bekisar agar rajin berkokok yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Cara mudah melatih ayam bekisar agar rajin berkokok. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Cara mudah melatih ayam bekisar agar rajin berkokok yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Cara mudah melatih ayam bekisar agar rajin berkokok secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Cara mudah melatih ayam bekisar agar rajin berkokok | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

ayam bekisar , cara menjinakkan bekisar , agar bekisar rajin berkokok , perawatan harian bekisar , cara merawat ayam bekisar , gambar ayam bekisar , makanan ayam bekisar , perawatan bekisar muda , bekisar , cara merawat bekisar muda