Home / Cara mudah memelihara hamster untuk pemula

Cara mudah memelihara hamster untuk pemula

Cara mudah memelihara hamster untuk pemula - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Cara mudah memelihara hamster untuk pemula " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Cara mudah memelihara hamster untuk pemula " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Cara mudah memelihara hamster untuk pemula
Foto hamster lucu

Foto hamster lucu

Bagaimana cara merawat hamster – Hewan kecil lucu ini tentunya sudah pada mengenalnya? Hewan yang dulu pernah di jadikan film kartun hamtaro, ya hamster. Belakangan ini hamster menjadi hewan peliharaan yang populer, jenis hewan yang termasuk hewan pengerat ini cukup menyenangkan untuk dijadikan hewan peliharaan karena memiliki ukuran yang kecil sehingga lucu untuk dipegang dan juga sangat mudah dalam hal perawatannya. Selain itu juga merawat dan memelihara hamster tidak memerlukan kandang yang besar dan juga biaya yang besar.

Jika anda adalah orang yang baru mau memelihara hamster maka ada beberapa hal yang tentunya harus anda ketahui tentang bagaimana cara merawat dan memelihara hamster yang baik dan benar. Banyak pemula yang tidak mengetahui bagaimana cara merawat dan memelihara hamster yang benar sehingga banyak hamster yang mereka pelihara mati.

Cara merawat hamster secara benar

Memilih hamster yang bagus

Sebelum memelihara hamster ada baiknya untuk memperhatikan dalam hal pemilihan jenis hamster yang akan anda pelihara. Anda dapat mendapatkan informasi mengenai hamster tersebut melalui berbagai media di internet atau bertanya kepada yang sudah berpengalaman. Hal ini akan sangat membantu anda nantinya dalam merawat hamster yang anda pilih. Karena beda jenis, beda pula cara merawat hamster tersebut.

Beri kasih sayang

Berikan perhatian dan kasih sayang Hal ini bisa anda lakukan dengan sering megelus-elus hamster. Dengan begini hamster akan cepat beradaptasi dengan anda. Sehingga hamster akan cepat memberikan respon yang positif terhadap kedatangan maupun perintah anda.

Penempatan kandang hamster yang baik

Kandang hamster sebaiknya diletakkan pada tempat yang tidak papar oleh angin maupun cahaya matahari langsung. Kemudian tempat tersebut juga merupakan tempat yang sering anda kunjungi supaya hamster terbiasa untuk melihat anda, sehingga hamster akan lebih cepat mengasumsikan bahwa anda adalah pemiliknya dan ini akan memudahkan anda dalam berinteraksi dengan hamster.

Konstruksi kandang dan perlengkapan kandang hamster

Konstruksi kandang maupun perlengkapan kandang hendaknya memenuhi kriteria dan kebutuhan hamster, dimana hamster merasa nyaman dalam kandang dan bisa melakukan segala akivitasnya secara normal. Mengingat hamster peliharaan cendrung lebih lama berada didalam kandang dibandingkan diluar kandang. Perlengkapan kandang yang harus dipenuhi seperti alas kandang, alas kandang dapat dipakai serbuk gergaji atau serbuk kayu  dimana berfungsi sebgai tempat meletakkan  peralatan kandang, tempat membuang kotoran sekaligus sebgai penghangat.
Ketebalan alas sekitar 2 cm, dalam hal pemilihan alas kandang yang perlu diperhatikan adalah bahan tersebut dapat menyerap air dan tidak bersifat toksik (racun) bagi si hewan. Alas kandang bisa diganti 2 kali dalam seminggu untuk menjaga kebersihan kandang.

Ketersediaan air

Seperti halnya pada makhluk hidup lain, hamster juga membutuhkan minum untuk kelangsungan hidupnya. Anda dapat menyediakan botol air didalam kandang, kemudian selalulah memperhatikan ketersediaan air dalam kandang, jangan biarkan botol air kosong dalam waku yang lama dan perhatikan akan kebersihannya. Perhatikan lokasi penempatan botol, apakah hamster bisa minum dengan nyaman di tempat tesebut dan hindari untuk meletakkan botol air diatas alas kandang, karena dapat menyebabkan kondisi alas menjadi lembab. Dan ini dapat memicu pertumbuhan mikroorganisme yang nantinya akan membahayakan bagi kesehatan hamster anda.

Berikan accessories atau perlengkapan bermain hamster.

Dialam bebas, hamster berjalan 8 mil dalam semalam untuk mencari makan, kebiasaan ini sudah menjadi perilaku alami mereka. Jadi hendaklah anda sediakan perlengkapan seperti roda yang dapat berputar sebagai media untuk hamster berlari atau berjalan, benda ini bisanya sudah banyak tersedia ditoko hewan dengan berbagai model. Sehingga kandang tersebut membantu hamster untuk mengekspresikan prilaku alami mereka, namun resiko yang bisa terjadi apabila mereka tidak bisa melakukan aktifitas tersebut bisa menyebabkan paralysis atau kelmupuhan pada hamster. Selain itu, hamster sangat suka berjalan di trowongan, jadi anda juga perlu untuk menambahkannya. Perilaku hamster lainnya yaitu suka bersembunyi, anda bisa membuatnya dengan melobangi sebagai media tempat persembunyiannya, pada prinsipnya hendaklah kandang tidak menghambat aktifitas alami dari hamster.

Makanan Yang Sesuai

Beri makanan yang sesuai sama hamster anda minimum 2 kali satu hari. serta janganlah terlampau banyak. Untuk memperoleh makanan yg sesuai, dapat anda cari di sebagian supermarket atau dapat pula anda peroleh di petshop. Makanan hamster yang baik yaitu makanan yang kering. Mengapa? Lantaran system pencernaan hamster memanglah tak dapat mengolah makanan yang terlampau lembab seperti jagung, wortel, maupun sayur. Serta janganlah memberi makanan yang sama sehari-hari. Dapat diselang seling. Sebagian merk makanan hamster yang ada di Indonesia seperti Hagen, Hartz, Vitakraft, Ultra Blend, Nutriblocks, XtraVital, Minimal Goods, serta Hamsfood.

Biji Bunga Matahari

Siapa yang tidak paham bila Hamster sangatlah suka pada biji bunga matahari. Mereka berasumsi ini juga sebagai jajanan atau makanan ringan. Tetapi janganlah pernah berikan hamster anda biji bunga matahari atau kuaci terlampau banyak. Pemberian yang terlalu berlebih malah bakal menyebabkan jelek untuk hamster anda. Hamster sangatlah suka pada bii bunga matahari, bahkan juga mereka dapat selalu mengkonsumsinya sampai mereka alami kegemukkan atau obesitas. Ini lantaran biji bungan matahari memanglah mempunyai kandungan lemak yang banyak untuk seekor hamster. Ini dapat bakal menyebabkan kelainan waktu sistem melahirkan kelak. Bukan sekedar itu, biji bunga matahari tak mempunyai kandungan kalsium hingga hamster mungkin kekurangan kalsium untuk perkembangan tulangnya.

Beri Susu

Berikanlah hamster susu sehari-hari dengan susu spesial hamster. Rutinitas orang tidak mau keluarkan duit lebih untuk hamsternya serta pilih memberi susu yang diformulasikan spesial untuk manusia pada hamsternya. Ini malah bakal bikin bulu hamster itu cepat rontok serta jadi tipis

Beri Makanan Ringan Seminggu Sekali

Berikanlah hamster makanan ringan kesukaannya satu minggu sekali. Namun jangan sempat anda memberinya sehari-hari. lantaran mengonsumsi makanan ringan yang terlalu berlebih bakal bikin konsumsi gizinya tak seimbang. Makanan ringan yang anda berikanlah juga janganlah terlampau lembab. Makanan ringan yang baik seperti sereal, roti, kacang-kacangan, biskuit serta sebagainya

Berilah Air Minum Yang Bersih

Sesungguhnya, hamster mengambil minuman dari sayur-sayuran yang mereka makan. Tetapi kadang-kadang kita tak pernah berikan hamster kesayangan kita sayuran. Oleh karenanya, juga sebagai solusinya berikanlah minuman di dalam botol minuman yang bersih serta di desain spesial untuk hamster. Diluar itu air yang didapatkan juga mesti dimasak terlebih dulu supaya kuman-kumannya mati.

Menjaga Kebersihan Hamster

  • Jangan sekalipun memandikan Hamster, sebab hamster aslinya hewan dari padang pasir. Apabila kita terpaksa untuk memandikanya, cukup dengan membasuh dengan lap basah dan jangan sampai tubuh hamster basah. Perlu anda ketahui, hamster itu layaknya kucing, Ia memiliki cara untuk membersihkan tubuhnya sendiri tanpa harus kita yang membersihkanya.
  • Bersihkanlah kandang hamster paling tidak satu minggu sekali. Anda bisa memberikan serbuk kayu ataupun sobekan kertas pada kandang agar memberi rasa nyaman dan hangat pada hamster.
Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Cara mudah memelihara hamster untuk pemula yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Cara mudah memelihara hamster untuk pemula. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Cara mudah memelihara hamster untuk pemula yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Cara mudah memelihara hamster untuk pemula secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Cara mudah memelihara hamster untuk pemula | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

cara membuat kandang hamster dari kawat strimin , cara merawat cicak terbang , cara ternak orong orong , wergul , karpet alas sangkar , wergol , hewan peliharaan untuk pemula , cara merawat varanus nebulosus , cara membuat kandang hamster dari kayu , binatang tubuhnya ringan