Home / Cara sukses merawat bebek peking agar cepat besar

Cara sukses merawat bebek peking agar cepat besar

Cara sukses merawat bebek peking agar cepat besar - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Cara sukses merawat bebek peking agar cepat besar " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Cara sukses merawat bebek peking agar cepat besar " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Cara sukses merawat bebek peking agar cepat besar
Peternakan bebek peking

Peternakan bebek peking

Cara beternak bebek peking – Bebek peking merupakan salah satu jenis bebek pedaging yang berasal dari peking, bebek ini bisa dikatakan cocok bila dibudidayakan di Indonesia. Dibandingkan dengan jenis yang lain, bebek ini relative lebih cepat dalam hal memanennya dari pada jenis bebek lain, selain itu bebek ini juga memiliki harga jual yang lumayan tinggi. Karena harganya yang lumayan tinggi sehingga banyak masyarakat yang mencoba usaha ini bahkan saat mencari DOBnya harus pergi ke berbagai tempat di Indonesia seperti Jakarta, Bogor, Surabaya, dan Malang.

Dalam usaha ternak bebek peking tentu ada beberapa cara merawat bebek peking dengan baik, hal ini harus dilakukan agar proses pertumbuhannya bisa berjalan dengan baik sehingga keuntungan yang didapatkannya bisa maksimal.

Tips budidaya bebek peking

Kelebihan bebek peking

  • Laju pertumbuhannya lebih cepat. Untuk mencapai berat 3 kg, itik peking cukup membutuhkan waktu pemeliharaan kisaran 45 hari. Ini jauh berbeda dengan itik biasa atau lokal yang membutuhkan waktu pemeliharaan 2 – 3 bulan hanya untuk mencapai berat kisaran 2 kg. Tentu saja hal demikian memberikan potensi keuntungan yang besar dari cepatnya masa panen dan lebih rendahnya biaya pakan. Hal ini sudah dibuktikan oleh peternak itik di kroya Kab. Cirebon dimana itik peking umur 53 hari bisa mencapai berat badan  sekitar 3.25 kg. Seperti yang telah dimuat dalam harian kompas terbitan juni 2007. Dalam pemeliharaan 3 bulan bisa mencapai bobot 4 – 4.5 kg.
  • Itik peking lebih tahan penyakit dibanding itik lokal.
  • Sifat Itik peking tidak kanibal, dll.

Bibit bebek peking

Persyaratan dalam memilih DOD itik jantan umur 1 –7 hari sebagai itik pedaging antara lain :

  • Bobot minimal 40 gram.
  • Bulu bersih dan kering.
  • Nafsu makan besar
  • Umur DOD 4 hari
  • Tubuh tegap, mata jernih, kaki kokoh
  • Tidak cacat
  • Bebas dari penyakit unggas

Pada saat kedatangan DOD sampai di kandang, masukkan ke dalam box pemeliharaan dan diamkan selama 2 jam. Tapi sebelumnya panas buatan sebagai pengganti indukan harus dinyalakan Setelah itu berikan minum untuk per 100 DOD dengan 1 liter air dengan 1 0ns gula merah dan 10 ml gram /1 tutup botol SOC dan 1 kapsul curcuma/temulawak  ( dari HCS ) dan 1 kapsul herbal noni (dari HCS ). Mengapa kok menunggu 2 jam ? Untuk menetralkan kondisi tubuh dan mengenal suasana.

Pemberian minum tersebut berfungsi sebagai Prebiotik, anti stres dan mengganti cairan tubuh yang hilang sehingga kehilangan berat badan dapat dicegah dan memulihkan kesehatan yang normal kembali . DOD yang terlambat penanganannya ketika datang dapat terlihat dari ketidakseragamnya pertumbuhan.

Kandang bebek peking

Kandang stater (0 – 20 hari ).

  • Ukuran kandang stater  2 m x 1 m x 40 cm dengan ketinggihan dari tanah 50 cm. Dan diberi lampu pemanas 40 watt per kandang 2 dengan ketinggihan 45 cm dari alas kandang. Fungsi pemanas sebagai  induk buatan untuk menjaga suhu tubuh itik, karena pada masa ini bulu itik belum tumbuh dan sistem thermoregulatornya belum berfungsi.
  • Suhu kandang +- 370   C dan kelembaban kandang antara 60 – 65 %.

Kandang finisher ( 21 – 50 hari ).

  • Kandang finisher disiapkan untuk itik potong mulai berumur 21 hari sampai siap panen. Kandang disekat
  • Beberapa bagian,biasanya ukuran 4 x 4m dapat menampung 100 itik.
  • Lantai kandang tiap hari harus dibersihkan untuk membuang kotoran itik biar tidak ditumbuhi jamur/bakteri yang merugikan.
  • Tempat pakan dan minum harus dijaga kebersihannya.

Kandang harus selalu dijaga kebersihannya agar itik merasa nyaman, termasuk tempat pakan dan minum, sisa pakan dibuang dari dalam kandang agar itik tidak memakan pakan yang basi.
Selain itu kandang harus selalu dijaga agar tenang dan aman supaya itik tidak stres.

Pakan bebek peking

Cara pemberian pakan  pada umur 1 – 7 hari dilakukan sesering mungkin sedikit demi sedikit ( 1 hari bisa 5 kali). Hal ini untuk merangsang itik agar mau makan  terus menerus. Kondisi ini juga dimaksudkan sekaligus untuk memperhatikan itik kondisinya dapat terus dipantau. Apabila  ada itik yang kurang sehat atau kalah bersaing, segera dapat dipindahkan ke petak tersendiri ( karantina ).

  • Pakan harus dari pabrik yang sesuai dengan standart yaitu 511/BR 1 atau yang setara.
  • Pakan consentrat 511 diberikan pada umur itik 1 – 14 hari.
  • Pada usia 15 – panen kita beri pakan campuran.
  • Formula pakan 40 % concertrat, dan 60 % buatan sendiri dengan difermentasi menggunakan probitik SOC HSC.
  • Pemberian pakan dalam 1 hari adalah 3 kali, yaitu jam 7, 12, 4.
  • Tempat pakan harus dicuci hingga bersih dan dikeringkan sebelum digunakan kembali

Minum bebek peking

Selama itik makan buatan pabrik, untuk minum harus di beri 2,5 ml SOC dicampur 5 liter air.

Cara membuat campurannya :

  • 2.5 ml SOC dicampur 5 liter air.
  • 2 sendok makan gula pasir/gula merah dilarutkan dalam 1 gelas air.
  • a dan b dicampur dan dibiarkan  minimal 15 menit baru diberikan pada itik.
  • Pada saat malam hari tempat minum harus dikosongkan.
Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Cara sukses merawat bebek peking agar cepat besar yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Cara sukses merawat bebek peking agar cepat besar. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Cara sukses merawat bebek peking agar cepat besar yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Cara sukses merawat bebek peking agar cepat besar secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Cara sukses merawat bebek peking agar cepat besar | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

cara meloloh anakan emprit , jimat buntut bebek , makanan bebek agar cepat besar , bebek peking , pakan bebek pedaging agar cepat besar , cara merawat bebek peking , cara memelihara bebek agar cepat besar , lb body bebek , pakan bebek peking , Cara memelihara bebek packing supaya cepet besar