Home / Gejala dan cara membasmi cacingan pada kucing secara cepat

Gejala dan cara membasmi cacingan pada kucing secara cepat

Gejala dan cara membasmi cacingan pada kucing secara cepat - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Gejala dan cara membasmi cacingan pada kucing secara cepat " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Gejala dan cara membasmi cacingan pada kucing secara cepat " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Gejala dan cara membasmi cacingan pada kucing secara cepat
Kucing cacingan

Kucing cacingan

Bagaimana cara mengobati kucing yang cacingan – Bagi para catlover pastinya saat melihat kucing kesayangan anda sehat dan semangat adalah hal yang menyenangkan sekali, namun ada kalanya jika kucing kita terkana penyakit. Salah satunya adalah penyakit cacingan, nyatanya bukan hanya manusia saja yang dapat terserang penyakit ini, baik kucing maupun binatang mamalia yang lain juga dapat terserang penyakit ini.

Jenis jenis cacing pada kucing

Cacing pita

Kucing yang terserang oleh serangan cacing pita ini umumnya tidak sering sekali menunjukkan tanda-tanda sakit. Cacing juga bisa mengakibatkan mencret, terkadang dibarengi bercak darah. Pada masalah yang kronis bisa mengakibatkan kurangnya gizi, infeksi usus, kurus, serta masalah pencernaan seperti penyumbatan usus. Terdiri sekitar 1-60 Persen dari semua populasi kucing diserang oleh cacing ini. Maka dari itu pencegahan dengan pemberian obat cacing teratur yaitu langkah paling baik dan efektif untuk menghindari terhadap serangan cacing.

Cacing gelang

Terdapat beberapa species cacing gelang yang bisa menyerang kucing. Yang seringkali yaitu Toxascaris leonina serta Toxocara cati. Cacing gelang berupa seperti tambang, dengan sisi ekor serta kepala yang berbentuk lebih kecil dari sisi perut.

Cacing ini tidak sering mengakibatkan penyakit yang kronis untuk kucing dewasa. Pada anakan kucing kerap mengakibatkan kurus akan tetapi perut buncit, kurang nutrisi serta mencret terkadang dibarengi dengan bercak darah. Pada sebagian masalah berlangsung penumpukan dengan jumlah besar cacing dapat mengakibatkan usus terhalang atau tersumbat.

Toxocara cati seringkali menyerang kucing apabila dibanding dengan cacing gelang yang lain. Pada keadaan spesifik telur cacing ini bisa bertahan sepanjang 1 th. di lingkungan yang kering, Larva cacing dapat masuk ke hati, dan dapat bergerak ke paru-paru selalu menuju ke trachea di tenggorokan serta dapat masuk kembali ke perut lewat esofagus (saluran makanan). Ketika perpindahan di tenggorokan, kucing kerap menunjukkan adanya gejala batu-batuk serta muntah-muntah. Pada muntahannya terkadang ada cacingnya.

Ciri ciri kucing terkena cacingan

  • Objek seperti beras (proglottid) terlihat di sekitar anus kucing.
  • Bentuk seperti cacing menggantung dari anus.
  • Bentuk seperti cacing terdapat pada tinja.
  • Darah terlihat dalam tinja.
  • Kucing sering menjilati daerah genitalnya.
  • Kucing mulai batuk terus menerus.
  • Terjadi penurunan berat badan.
  • Kucing mengalami muntah.
  • Kucing mengalami diare.
  • Kucing mengalami sesak napas.
  • Kucing menderita pneumonia.
  • Kucing nampak lesu.
  • Terjadi fluktuasi nafsu makan.
  • Bulu kucing terlihat kusam.
  • Kucing mengalami gatal di sekitar daerah genitalnya.
  • Kucing mengalami iritasi di daerah genitalnya.
  • Kucing menderita anemia.
  • Kucing mengalami kerontokan bulu yang parah.
  • Kucing mengalami perut kembung.

Cara mengobati kucing terkena cacingan

Mencegah dan mengobati

Pertama :

Penting untuk membawa kucing ke dokter hewan jika Anda mengamati gejala cacing pita.

Segmen tubuh cacing pita ditemukan dalam tinja dan bulu di sekitar anus kucing.

Segmen cacing pita ini sering menyerupai butir nasi dan bisa terlihat dengan mata telanjang.

Kedua :

Meskipun dokter hewan dapat mengidentifikasi segmen cacing secara kasat mata, mereka mungkin tetap melakukan pemeriksaan tinja untuk mengkonfirmasi.

Ketiga

Berikan obat yang diresepkan dokter hewan. Anda mungkin melihat cacing mati dalam tinja kucing, tetapi tidak perlu khawatir karena kondisi ini cukup normal.

Keempat

Untuk mencegah serangan lebih lanjut, mulailah melakukan tindakan untuk mengontrol kutu.

Cobalah untuk menghentikan kucing dari berburu dan memakan hewan kecil yang menjadi penyebab infestasi.

Setelah pengobatan cacingan, bersihkan kotak kotoran, karpet dan tempat tidur kucing untuk mencegah terulangnya infeksi. Kotoran kucing harus dibuang secepatnya.

Obat cacing untuk kucing

Combantrin (pfizer) : mengandung bahan pyrantel, hanya dapat membasmi cacing gelang, dapat dibeli di apotik
Vermox : mengandung bahan mebendazole, hanya dapat membasmi cacing gelang, dapat dibeli di apotik.
Drontal Cat (bayer): mengandung bahan pyrantel dan prazyquantel, Paling baik digunakan pada kucing, Dapat membasmi cacing pita dan cacing gelang, Bisa dibeli di petshop atau dokter hewan.
Drontal Plus (bayer) : mengandung bahan prazyquantel, pyrantel dan febantel. Biasa digunakan pada anjing, bisa juga diberikan pada kucing (dosis disesuaikan).

Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Gejala dan cara membasmi cacingan pada kucing secara cepat yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Gejala dan cara membasmi cacingan pada kucing secara cepat. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Gejala dan cara membasmi cacingan pada kucing secara cepat yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Gejala dan cara membasmi cacingan pada kucing secara cepat secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Gejala dan cara membasmi cacingan pada kucing secara cepat | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

cara mengobati kucing cacingan secara alami , obat cacing alami untuk kucing , cara mengobati kucing cacingan , ciri kucing cacingan , Ciri ciri kucing cacingan , gejala kucing cacingan , cara menghilangkan cacing di aquarium , cara mengatasi kucing cacingan , cara mengatasi cacing pada kucing , obat alami untuk kucing cacingan