Home / Kiat sukses beternak burung lovebird secara lengkap

Kiat sukses beternak burung lovebird secara lengkap

Kiat sukses beternak burung lovebird secara lengkap - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Kiat sukses beternak burung lovebird secara lengkap " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Kiat sukses beternak burung lovebird secara lengkap " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Kiat sukses beternak burung lovebird secara lengkap
Foto burung lovebird

Foto burung lovebird

Tips budidaya burung lovebird – Jenis burung lovebird merupakan burung kicau yang suka di sebut dengan nama panggilan burung cinta dan belakangan ini menjadi sangat populer di kalangan para pecinta burung, burung lovebird sering di jumpai banyak di jadikan burung kicau di arena perlombaan burung kicau mania, burung lovebird mempunyai warna bulu yang sangat bervariasi dan memeliki suara yang sanggat merdu dan kencang.

Burung Lovebird sering di jadikan burung masteran untuk burung – burung master lainya, burung ini memiliki suara yang sanggat keras dan tajam untuk burung master, burung lovebird juga saat ini sudah banyak di ternak oleh para petani dan pecinta burung kicau mania.

Burung lovebird sanggat gampang beradaptasi terhadap lingkungan, dan burung ini pun jarang mengalami stres dalam perpindahan lingkungan, sehingga banyak para sahabat kicau mania yang memelihara burung lovebird tersebut.

Ukuran kandang burung lovebird

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kandang untuk burung Lovebird, besar ukuran serta jenis kandang tentu akan mempengaruhi kesuksesan dalam budidaya ini, buatlah kandang dari bahan seperti kawat ram dan kerangka besi dengan besar kurang lebih 50 x 50 x 50cm. Setelah itu buatlan juga kandang untuk bertelur betinanya yang sebaiknya dibuat dari bahan kayu dengan besar kurang lebih 25 x 20 x 25cm yang menyatu dan berhubungan dengan kandang pertama tadi.

Cara membedakan burung lovebird jantan dan betina

Ciri-ciri relatif (perlu perbandingan) burung lovebird kacamata jantan:

  • Kepala secara umum lebih kecil dan bulat tetapi rata (Jawa: papak) di bagian atas.
  • Paruh lebih kecil dan relatif kering.
  • Bodi secara umum berukuran kecil di kelompok sejenisnya.
  • Ekor berbentuk “V”.
  • Supit urang lebih rapat, lebih keras dan letaknya lebih dekat ke pangkal ekor (Jawa: brutu).
  • Waktu bertengger kaki lebih rapat.
  • Saat dipegang, bodi lovebird kacamata jantan terkesan tidak berisi/ enteng/ ramping.
  • Waktu birahi berperilaku seperti mau meloloh (mengangguk-anggukkan kepala seperti mau mengeluarkan makanan melalui paruh).
  • Ngekek lebih pendek.
  • Perilaku lebih gesit dan agresif.

Ciri-ciri relatif (perlu perbandingan) burung lovebird kacamata betina:

  • Kepala secara umum lebih besar dan menonjol/ menjorok ke atas.
  • Paruh lebih besar dan relatif basah.
  • Bodi secara umum berukuran besar di kelompok sejenisnya.
  • Ekor berbentuk “U”.
  • Supit urang (tulang pubis) lebih rapat, lebih lebar dan lebih dekat ke tulang dada bagian bawah.
  • Waktu bertengger jarak dua kaki melebar.
  • Saat dipegang, bodi lovebird kacamata betina terkesan berisi/ berbobot/ bulat.
  • Waktu birahi berperilaku membuka-buka sayap “nggaruda”.
  • Ngekek lebih panjang.
  • Perilaku lebih tenang dan terkesan malas-malasan

Umur produksi burung lovebird

lovebird dapat bertelur pada umur 8 bln.. tetapi umur tersebut kurang baik untuk produktifitas lovebird. pada umur 8 bln. lovebird belum betul-betul masak untuk berproduksi, sering kali kegagalan didalam penetasan. jikalau sukses kemungkinannya amat kecil serta mutu lovebird yang dihasilkan umumnya kurang bagus. untuk umur yang bagus yakni umur 1 th., pada umur tersebut lovebird betul-betul telah siap untuk berproduksi.

Cara menjodohkan burung lovebird

lovebird yaitu salah sau type burung yang setia dengan pasangannya. burung ini cuma akan kawin pada satu pasangan saja. ini berlaku hingga mereka mati. maka dari itu, butuh ada penanganan spesial untuk menjodohkan lovebird.> untuk menjodohkan lovebird, tempatkan masing – masing jantan betina di sangkar terpisah serta dekatkan ke-2 sangkar tersebut. bila mereka senantiasa berdekatan maka kemungkinan besar telah berjodoh. sistem ini umumnya memakan waktu 3 – 7 hari. sistem penjodohan ini dapat amat cepat apabila dikerjakan waktu masing – masing lovebird tersebut telah memasuki periode berahi.> periode berahi ini ditandai dengan tingkah laku – tingkah laku spesifik, seperti kerap berkicau dan beraktivitas – kegiatan birahi, yakni jantan berupaya mengawini benda – benda didekatnya, namun merunduk sambil buka sayap dengan ekor bergerak naik turun. bila jantan serta betina tersebut telah berjodoh, kumpulkan keduanya didalam sesuatu sangkar penangkaran. ada perihal yang perlu diingat : bila sesudah dihimpun didalam satu kandang nyatanya tidak ingin kawin atau senantiasa kejar – kejaran maka dipastikan penjodohan ini sudah gagal. coba untuk mengulangi lagi sistem ini dengan menukar di antaranya dengan lovebird yang lain. ada juga perihal unik, yakni pasangan tersebut cerai. perihal ini umumnya berlangsung dikarenakan kondisi kandang yang kurang nyaman, stres, ataupun perebutan makanan.> alternatif lain untuk penjodohan yaitu umpulkan banyak lovebird sekalian disebuah kandang yang besar. sekurang-kurangnya mesti ada lima gunakan lovebird didalam kandang tersebut. satu perihal yang perlu diingat juga bahwa lovebird tidak mengetahui poligami atau poliandri seperti layaknya bangsa burung yang lain. oleh dikarenakan itu, jumlah lovebird yang ada didalam kandang besar tersebut pada najntan serta betinna mesti sama. bila ada sepasang lovebird yang telah berjodoh, mereka umumnya segera masuk ke glodok untuk kawin serta bertelur. anda tinggal memindahkan sepasang lovebird tersebut ke kandang penangkaran.

Teknik pengeraman burung lovebird

Bila lovebird telah mulai kawin otomatis mereka dapat melacak area untuk bertelur. oleh dikarenakan itu, didalam kandang mesti disiapkan glodog sebagai kotak sarang. siapkan juga alas pengeraman di dasar glodok tersebut dengan insting, umumnya lovebird terus melacak bahan untuk membuat sarang. di alam bebas, umumnya mereka mengmpulkan beragam ranting kecil, tangkai daun, dan seterusnya.
coba untuk menebarkan ranting – ranting kecil, tangkai daunm ataupun kulit jagung kering didasar kandang. diusahakan juga untuk tidak menebarkan bahan – bahan ang tetap basah atau fresh. pakai yang telah kering saja. bahan – bahan yang tetap fresh bisa membusuk didalam glodok. perihal ini dapat menyebabkan masalah sendiri. disamping itu, janganlah pakai sebagai bahan yangbersifat sintesis seperti serat plastik ataupun karet. bahan – bahan sintesis dapat jadi racun jika termakan oleh lovebird. umumnya lovebird bertelur 4 – 6 butir. janganlah cemas bila lovebird tidak segera mengeram. umumnya burung ini baru dapat mengerami telurnya sesudah telur ketiga keluar. pada waktu pengeraman, induk lovebird dapat sesekali keluar dari glodok untuk makan, mandi, atau hanya sebatas merentangkan sayap.

Teknik menetaskan telur burung lovebird

Telur lovebird dapat menetes sesudah dierami sepanjang 21 – 23 hari. ada yang unik dari lovebird, yakni sistem penetasan telur ini dapat mengonsumsi waktu cukup lama, yakni lebih kurang 24 jam. perihal ini alami serta janganlah cemas dikarenakan pada waktu sistem penetasan tersebut memanglah tengah berlangsung beragam penyesuaian didalam tubuh anak lovebird. baiknya peternak tidak turut campur didalam sistem penetasan yang lama ini dikarenakan dapat mengakibatkan anak lovebird jadi tumbuh tidak normal ataupun cacat. barangkali pada waktu periode pertama keluar tidak seluruh telur tersebut dapat menetas atau mandul. perihal ini alami serta tak perlu terlampau mencemaskan perihal ini. umumnya lovebird baru benar – benar produktif sesudah periode bertelur yang ke-2 dan sebagainya. > mandulnya telur lovebird umumnya dikarenakan oleh induk yang terlampau muda, lingkungan yang tidak sehat serta nutrisi yang kurang atau gizi jelek.> jikau kemandulan berlangsung dengan terus-terusan maka perihal ini pantas dicurigai. coba untuk buka cangkang telur yang tidak menetas tersebut serta lihatlah bagaimana perubahan embrio lovebird. bila embrio itu nyatanya ada namun cuma 1/2 lantas, kemungkinan besar ada yang salah dengan sistem pengeraman telurnya. mungkin telur tersebut tergelincir keluar sarang hingga tidak tererami oleh induknya.

Makanan anak burung lovebird

untuk menambah produktifitas induk lovebird bisa dikerjakan lewat cara mengambil anak lovebird pada umur lebih kurang 10 – 14 hari. di samping itu anak lovebird dapat jadi lebih jinak hingga juga bisa menambah harga jual lovebird. anak lovebird di tempatkan pada sesuatu kotak yang di beri alas kain handuk serta diberi lampu 5 watt untuk melindungi kehangatan.
pakan untuk anak lovebird dapat memakai bubur bayi instant yang banyak dijual di toko lebih kurang anda. bubur bayi digabung dengan air hangat, janganlah terlampau panas serta janganlah dingin, ( hangat-hangat kuku ).
awal mulanya campuran yang didapatkan didalam wujud yang tidak terlampau kental, makin makin usia anak lovebird, tingkat kekentalan makanan makin jadi tambah juga.
alat yang dipakai dapat menggunakan jarum suntik.
pemberian pakan dikerjakan sekurang-kurangnya setiap 4jam sekali, dengan teratur. anda bisa memakai jadwal anda sendiri, sebagai perumpamaan jadwal pemberian makan : 06 :00, 10 :00, 14 :00, 18 :00, 23 :00.

Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Kiat sukses beternak burung lovebird secara lengkap yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Kiat sukses beternak burung lovebird secara lengkap. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Kiat sukses beternak burung lovebird secara lengkap yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Kiat sukses beternak burung lovebird secara lengkap secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Kiat sukses beternak burung lovebird secara lengkap | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

lovebird cabut bulu setelah mandi , cara merawat anakan lovebird umur 3 bulan , makanan lovebird biar gemuk , makanan anakan lovebird umur 2 bulan , jamu tradisional untuk lovebird , lovebird tidur di glodok , lovebird kepala elang , lovebird ngekek sambil buka sayap , agar lovebird cepat gemuk , kata kata kicau mania lucu