Home / Panduan lengkap merawat blue tongued skink atau kadal panana

Panduan lengkap merawat blue tongued skink atau kadal panana

Panduan lengkap merawat blue tongued skink atau kadal panana - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Panduan lengkap merawat blue tongued skink atau kadal panana " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Panduan lengkap merawat blue tongued skink atau kadal panana " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Panduan lengkap merawat blue tongued skink atau kadal panana
Gambar kadal lidah biru

Gambar kadal lidah biru

Perawatan kadal lidah biru – Sesuai namanya blue tongued skink, salah satu jenis kadal unik ini memiliki lidah berwarna biru. Warnanya sangat kontras dengan garis merah muda di mulutnya. Kadal blue tongue adalah kadal yang jinak dan kalaupun galak, kadal ini gampang dijinakkan. Blue tongue hewan omnivora, mereka memakan sekitar 60% sayuran dan buah & 40% daging (serangga, daging ayam atau binatang pengerat kecil). Blue tongue berasal dari Australia, Tasmania & New Guinea. Lingkungan alternative bagi kadal ini adalah lingkungan yang kering hingga semi gurun. Kandang yang besar dengan materi substrat untuk menggali akan sangat disukai blue tongue. Suhu di dalam kandang  harus sekitar 26 derajat Celcius dan 37 derajat celcius untuk berjemur.

Cara memelihara kadal blue tongued skink

Perawatan Kadal Blue Tounge

Kadal yang disebut sebagai Blue Tounge ini adalah salah satu dari beberapa spesies dari genus Tiliqua, tetapi yang sering dijakdikan hewan peliharaan adalah dari subspesies scincoides Tiliqua. Kadal Blue Tongue adalah spesies yang ideal untuk para pemula karena mudah dijinakkan dan ditangani, tetapi mereka dapat mencapai panjang hingga 50 centimeter dan dapat hidup sampai 20 tahun.

Kandang untuk Blue Tongue

Ukuran kandang kadal ini tergantung dari ukuran tubuhnya. Bayi kadal blue tounge akan membutuhkan kandang berukuran 30 x 60 cm sementara yang dewasa membutuhkan kandang berukuran 45 x 90 cm. Kandang ini bisa menampung hingga 3 ekor, tapi jangan tempatkan 2 jantan dalam satu kandang karena kemungkinan mereka akan berkelahi. Kadal adalah makhluk tanah, hingga kayu untuk memanjat tidak diperlukan. Tapi tempat bersembunyi sangat diperlukan. Gunakan tumpukan batu, kotak kardus atau pipa pvc.

Untuk alas kandang, bisa digunakan pasir, serpihan kulit kayu, serbuk gergaji, karpet atau koran bekas. Pastikan blue tongue tidak menelan substrat berbasis kayu, dan jangan gunakan serutan kayu pinus sebagai substrat.

Meskipun tiap spesies bisa berbeda, disarankan untuk menjaga suhu dalam kandang di antara 23°C hingga 29°C. Pemanasan pada satu tempat menggunakan tikar panas yang menutupi setengah luas lantai akan sangat baik. Jangan gunakan batu panas, karena ini dapat menyebabkan luka bakar. Daerah untuk berjemur juga diperlukan, dimana suhu mencapai 32°C, jadi sediakan cahaya untuk berjemur di sisi kandang. Kadal blue tongue membutuhkan neon spektrum penuh untuk menghasilkan vitamin di kulit mereka dan membuat warna kulit mereka jadi bagus. Pencahayaan UVB diperlukan 12 jam sehari. Jaga tingkat kelembaban dengan menyemprotkan air ke vivarium dua kali seminggu, tetapi jangan berlebihan. Kandang yang terlalu lembab dapat menyebabkan pembusukan sisik dan lecet juga dapat menyebabkan infeksi pernapasan. Cobalah menggunakan beberapa substrat basah, seperti lumut, terutama saat pergantian kulit. Selalu sediakan mangkuk air yang dangkal dan kokoh dalam kandang untuk minum dan berendam. Karena kadal sering menggunakan mangkuk air mereka sebagai toilet, bersihkan setiap beberapa hari.

Makanan untuk Kadal Blue Tongue

Kadal adalah hewan omnivora jadi sebaiknya berikan gizi yang bervariasi. Semua jenis kadal membutuhkan suplemen kalsium dan vitamin D dan makanan berukuran tidak lebih dari sepertiga ukuran kepala kadal itu sendiri. Jenis makanan yang ideal terdiri dari 40% daging dan 60% sayuran. Daging bisa tersedia dari makanan anjing kalengan. Untuk bayi blue tongue, berikan ulat bamboo dan untu dewasa berikan pinkies. Pinkies bisa dimatikan terlebih dahulu, dibekukan dan dicairkan saat akan diberikan ke kadal. Siput dan jangkrik juga bisa jadi pilihan lain.

Untuk sayurannya, bisa diberkan kacang kacangan, labu, wortel, lobak & sayuran hijau, tapi jangan berikan selada iceberg. Cincang atau haluskan sayuran lalu campurkan pada daging. Buah-buahan seperti stroberi, pisang, anggur dan melon bisa diberikan juga.

Kesehatan Kadal Blue Tongue

Walaupun kadal ini cenderung hewan yang kuat dan sehat, kesehatan dan perilakunya harus selalu diawasi. Jika merasa ada yang tidak beres, segera hubungi dokter hewan.

Kadal yang sehat akan terlihat aktif & waspada terhadap lingkungan sekitarnya.Kulitnya terlihat baik, matanya jernih & hidungnya tidak terdapat lender. Tubuh dan ekor akan terlihat bulat dan penuh, dan selalu pastikan kadal anda makan secara teratur. Hati hati jika kadal mengalami penurunan berat badan, terdapat lendir di mulut atau hidung, adanya pembengkakan, luka atau lecet kulit, pernapasan yang berat, tinja yang tidak normal dan kelumpuhan ekor atau anggota badan lainnya.

Jika anda mencurigai kadal Anda sakit, perhatikan kebersihan kandang dengan ketat untuk mengurangi penyebaran infeksi, dan segera bawa ke dokter hewan untuk mengidentifikasi masalah kesehatannya. Jika kadal tidak mendapatkan cukup kalsium pada makanannya atau diet kalsium / fosfor tidak seimbang, kadal bisa mengalami penyakit metabolik tulang. Berikan lebih banyak buah-buahan yang kaya akan fosfor, sehingga menjaga diet seimbang kadal anda. Penyakit ini biasanya bisa dicegah dengan memberikan suplemen kalsium dengan benar. Kuku Blue tongue tumbuh dengan cepat, dan ini dapat menyebabkan masalah, jadi potong kukunya secara teratur. Gunakan gunting kuku biasa tetapi pastikan untuk tidak memotong terlalu pendek. Minta bantuan orang lain untuk memegangi kaki lainnya sementara anda memotong kuku di kaki lainnya.

Kadal blue tongue juga memiliki kemampuan memutuskan ekornya seperti cicak & tokek. Ekornya bisa tumbuh lagi tapi akan berukuran lebih kecil dari ekor sebelumnya.

Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Panduan lengkap merawat blue tongued skink atau kadal panana yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Panduan lengkap merawat blue tongued skink atau kadal panana. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Panduan lengkap merawat blue tongued skink atau kadal panana yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Panduan lengkap merawat blue tongued skink atau kadal panana secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Panduan lengkap merawat blue tongued skink atau kadal panana | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

makanan kadal , ciri ciri kadal , ciri khusus kadal , makanan kadal kecil , makanan kadal liar , video lovebird ngekek panjang , ciri khusus ular , harga kadal panana , kadal nebu , kadal terbang