Home / Penyebab dan cara mengatasi kucing yang tidak mau makan

Penyebab dan cara mengatasi kucing yang tidak mau makan

Penyebab dan cara mengatasi kucing yang tidak mau makan - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Penyebab dan cara mengatasi kucing yang tidak mau makan " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Penyebab dan cara mengatasi kucing yang tidak mau makan " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Penyebab dan cara mengatasi kucing yang tidak mau makan
Makanan kucing

Makanan kucing

Bagaimana cara mengatasi kucing susah makan – Kucing yang tidak mau makan serta minum sama sekali serta nampak lemas sangatlah beresiko untuk kucing apabila tidak makan sehari saja. pemicu yang umum dihadapi yakni setelah kucing melahirkan. Pada hewan yang tidak ingin makan umumnya tidur terus menerus serta jadi kurus, lantaran daya untuk beragam sistem fisiologi badan tidak ada dari pembakaran lemak yang disimpan di jaringan badan. Namun sistem pembakaran lemak menjadi daya pada badan kucing sangatlah tidak efektif. Ketika pembakaran lemak itu, ada sejenis pergantian metabolisme pada kucing yang mengakibatkan rusaknya jaringan organ hati yang dimaksud hepatik lipidosis.

Hepatik lipidosis yakni rusaknya hati dengan sistem berubahnya jaringan organ hati menjadi suatu jaringan baru yang mirip jaringan lemak dan efeknya yaitu hati tidak bisa berperan seperti seharusnya serta pada akhirnya bisa tingkatkan kemungkinan atau mengakibatkan kematian pada kucing, masalah seperti ini bisa diatasi apabila kucing memperoleh jumlah kalori serta nutrisi yang cukup dari makanan Oleh karena itu janganlah sampai kucing kesayangan anda tidak makan seharian. Selekasnya berikanlah makanan lain yang lebih merangsang nafsu makannya. Apabila masih tetap belum ingin makan juga maka suapin serta segera tanyakan kepada dokter hewan terdekat anda.

Penyebab kucing tidak nafsu makan

Sangat banyak pemicu kucing tak mau makan dan Paling sederhana biasanya lantaran kucing tengah bosan dengan makanan yang umum diberikan atau ganti merk makanan. Pemicu lain yang lebih kronis serta ditakuti yakni sakit. Dan nafsu makan untuk kucing sakit bakal menyusut atau bahkan juga hilang sekalipun. Aksi yang paling baik apabila kucing tak mau makan yaitu segera jumpai dokter hewan serta tanyakan permasalahan kucing anda. Untuk sementara sebagian tindakan sederhana tersebut bisa dikerjakan untuk menangani nafsu makan yang hilang, namun apabila terus berlanjut segeralah bawa kucing anda pada dokter hewan.

Cara agar kucing nafsu makan

  • Pancing nafsu makan dengan daging atau makanan basah kaleng yang banyak didapat di petshop. Dengan cara sodorkan makanan atau piring makanan tepat di hidungnya atau sedikit oleskan makanan basah kedalam mulutnya, Jika berhasil maka kucing anda akan terangsang dengan bau daging yang sangat tajam dan nafsu makan akan terbangkitkan.
  • Ganti makanan dan campur, Beberapa makanan dry food atau makanan kering memang kurang memiliki bau yang tajam dan sulit untuk membangkitkan nafsu makan, untuk itu campurkan makanan kering dengan makanan basah kalengan seperti Whiskas dan Friskies sudah cukup untuk merangsang selera makan. Jika ingin yang lebih baik dapat memberikan merk Science Diet karena aroma lebih tajam serta kandungan nutrisi lebih lengkap. akan tetapi perlu di perhatikan khusus merk Science Diet, hanya boleh diberikan sekali-kali dan bukan makanan setiap hari. Semua makanan kaleng basah juga sebetulnya kurang baik diberikan setiap hari karena dapat mengakibatkan flek dan karang gigi jika berlebihan.
  • Suapi Kucing Anda, bisa memakai sendok kecil, tangan, dan syringe (suntikan kecil tanpa jarum). makanan yang akan diberikan yaitu makanan basah seperti makanan basah kalengan, makanan kering yang dihancurkan dengan air hangat atau campuran makanan kering dan basah yang sudah dihancurkan lembut. lalu sodorkan piring dan lihat apakah sudah mau makan sendiri dan hati-hatilah jika menggunakan suntikan, pegang kepala dan telinga lalu masukkan suntikan makanan cair dari samping mulut kucing lalu tekan perlahan supaya kucing dapat mengunyah dan menelan dengan baik. dan perlu di ingat jangan sampai disemprotkan yang bisa mengakibatkan kucing tersendak.
  • Berikan Vitamin yang mengandung B kompleks dan lysine (asam amino lisin) yang dapat dibeli di apotik terdekat seperti Biolysin, Lysmin atau Becombion. biasanya obat-obat itu khusus untuk anak-anak. Suplemen tersebut bisa dalam bentuk tablet maupun sirup yang berkhasiat untuk membangkitkan nafsu makan serta dapat mencegah virus herpes penyakit Feline Rhinotracheitisis atau biasa disebut Flu pada kucing. Cara pemberian obat bisa bersamaan dengan makanan atau setelah makan. Apabila pemberian obat tidak didahului dengan makanan maka dapat mengakibatkan iritasi pada lambung dan menyebabkan muntah. adapun vitamin perangsang nafsu makan yang biasa diberikan oleh dokter hewan yaitu Diazepam, obat ini sangat keras dalam pengaruh rasa lapar di otak. Reaksinya sangat cepat  sekitar 10menit setelah obat Diazepam diberikan. Untuk itu sediakanlah makanan didekat kucing supaya dia segera makan saat obat mulai bereaksi.
  • Tube Feeding, adalah pemberian makanan dengan cara memasukkan makanan kedalam perut langsung melalui selang. Cara seperti ini hanya bisa ditindak oleh dokter hewan kepada semua jenis hewan yang sedang sakit atau tidak dapat menelan serta mengunyah makanan sedikitpun dan cara ini juga sering di terapkan pada anak kucing atau kitten yang tidak disusui oleh induknya serta tidak bisa ngedot atau menyedot susu dalam dot.
Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Penyebab dan cara mengatasi kucing yang tidak mau makan yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Penyebab dan cara mengatasi kucing yang tidak mau makan. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Penyebab dan cara mengatasi kucing yang tidak mau makan yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Penyebab dan cara mengatasi kucing yang tidak mau makan secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Penyebab dan cara mengatasi kucing yang tidak mau makan | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

makanan jalak kebo biar gacor , makanan belalang kecek , cara merawat belalang kecek , kaki kacer tidak bisa nyengkram , makanan kesukaan decu , makanan garangan , kutilang batu , makanan walang kopo , makanan cicak terbang , perawatan belalang kecek