Home / Tips ampuh mengatasi dan mengobati anjing yang sedang diare

Tips ampuh mengatasi dan mengobati anjing yang sedang diare

Tips ampuh mengatasi dan mengobati anjing yang sedang diare - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Tips ampuh mengatasi dan mengobati anjing yang sedang diare " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Tips ampuh mengatasi dan mengobati anjing yang sedang diare " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Tips ampuh mengatasi dan mengobati anjing yang sedang diare
Ciri-ciri anjing sedang sakit

Ciri-ciri anjing sedang sakit

Tips mengobati anjing yang terkena diare – Diare pada anjing adalah sebuah penyakit di mana tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair dan biasanya terjadi dalam jumlah besar dan lebih dari 3 kali selama 24 jam. Dua penyebab paling umum diare pada anjing adalah karena salah makan dan parasit usus. Banyak penyakit anjing menular yang juga berhubungan dengan diare akut.

Makanan membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk melewati usus kecil. Selama waktu tersebut, sebagian besar makanan dan 80% air akan terserap. Sisanya dikonsentrat oleh usus besar. Pada akhirnya, akan dikeluarkan feses dengan bentuk normal/baik. Feses yang normal adalah tidak mengandung lendir, darah atau makanan yang tidak tercerna.

Penyebab anjing terkena diare

Diare bisa terjadi salah satunya karena adanya rapid transit, yaitu karena suatu hal, proses penyerapan makanan di usus kecil terganggu sehingga dampaknya makanan tidak dicerna kemudian segera masuk ke usus besar. Makanan yang tidak dicerna dan tidak diserap usus akan menarik air dari dinding usus. Di lain pihak, pada keadaan ini proses transit di usus menjadi sangat singkat sehingga air tidak sempat diserap oleh usus besar. Hal inilah yang menyebabkan tinja berair pada diare. Jenis rapid transit ini yang menjadi penyebab sebagian besar temporary diare pada anjing (diare yang terjadi hanya dalam satu atau beberapa hari).

Salah makan merupakan penyebab umum dari rapid transit. Anjing pada alaminya adalah ‘pemulung’ dan cenderung memakan zat-zat yang tidak dapat dicerna termasuk sampah dan makanan busuk, bangkai hewan, rumput, tanaman hias dan liar, potongan plastik, kayu, kertas, dan benda asing lainnya. Kebanyakan dari yang disebutkan tadi dapat mengiritasi lambung serta usus dan sebagian dikeluarkan melalui muntah.

Makanan yang tidak dapat ditoleransi oleh pencernaan / intoleransi makanan juga dapat menyebabkan rapid transit. Makanan yang tampaknya tidak dapat ditoleransi dengan baik oleh sebagian anjing adalah sapi, babi, ayam, daging kuda, ikan, telur, rempah-rempah, jagung, gandum, gravy (saus yang digunakan pada masakan panggang), garam, lemak dan beberapa dogfood komersial.
Catatan: Intoleransi makanan berbeda dengan alergi makanan, dimana alergi makanan dapat menyebabkan infeksi kulit (dermatitis) dan mungkin muntah, tapi jarang menyebabkan diare.

Parasit usus merupakan penyebab umum dari diare akut dan kronis pada anak anjing dan anjing dewasa. Masalah terbesar disebabkan oleh cacing gelang (roundworms), cacing tambang (hookworms), whipworms, threadworms dan giardia.

Diare bisa juga sebagai efek samping dari berbagai obat-obatan dan pengobatan, khususnya obat NSAID (Non Steroidal Anti-Inflammatory Drugs) atau obat anti radang non steroid, yang mengandung aspirin. Beberapa obat jantung, obat cacing dan kebanyakan antibiotik juga dapat menyebabkan diare.

Selain itu, anjing juga dapat mengalami diare saat mereka merasa gembira atau takut, sebagai contoh: saat mereka pergi ke dokter hewan atau acara dog show. Bahkan setiap perubahan mendadak dalam makanan mereka atau lingkungan hidupnya bisa menyebabkan diare karena emosional yang dirasakan anjing tersebut.

Cara mengobati anjing diare di rumah

Jenis-jenis diare anjing

Diare Akut

Langkah yang paling penting dalam mengobati diare akut adalah tidak memberikan makanan apapun selama 24 jam untuk memberikan waktu istirahat bagi saluran pencernaannya. Anjing harus didorong untuk minum air sebanyak yang ia bisa untuk mengurangi dehidrasi. Untuk diare yang terus menerus, pertimbangkan untuk memberikan larutan elektrolit suplemen seperti Pedialyte (untuk mengobati dehidrasi). Meskipun Pedialyte adalah obat yang dibuat untuk manusia, tetapi juga aman digunakan untuk anjing dengan tentunya memperhatikan dosis dan aturan pakai yang diberikan. Encerkan dengan perbandingan 50% pedialyte dan 50% air dan tambahkan ke dalam tempat minum anjing. Hindari mencampurkan pedialyte dengan cairan lain khususnya yang mengandung penambah rasa manis karena hal ini hanya akan memperparah kondisi anjing. Untuk lebih amannya, konsultasikan dengan drh mengenai dosis yang benar.

Anda bisa juga bisa gunakan minuman olahraga elektrolit untuk anjing, yaitu k9 Thirst Quencher yang memiliki rasa sehingga merangsang anjing untuk minum. Jika anjing tidak juga mau minum larutan elektrolit, makan cukup berikan air tawar. Sepotong kaldu rendah garam yang dilarutkan dalam air juga dapat mendorongnya untuk minum.

Diare akut biasanya akan merespon dalam waktu 24 jam setelah usus istirahat. Mulai berikan makanan yang mudah dicerna, rendah lemak, dan tanpa perasa/hambar/plain. Contohnya ayam dada rebus tanpa kulit, nasi putih, oatmeal masak tawar, atau telur rebus, dll. Berikan makan 3 atau 4 kali sehari dalam porsi kecil untuk dua hari pertama. Lalu secara bertahap ganti makanan tadi dengan makanan sehari-harinya.

Bawa segera ke dokter hewan jika:

  • Diare berlanjut lebih dari 24 jam
  • Tinja atau feses mengandung darah atau berwarna hitam
  • Diare disertai dengan muntah
  • Anjing kelihatan lemah atau tertekan atau demam

Diare Kronis

Langkah pertama adalah menemukan dan mengobati penyebab yang mendasari. Diare yang muncul akibat perubahan dalam makanan bisa dikoreksi dengan kembali pada makanan lama dan kemudian perlahan-lahan mulai disisipi makanan baru untuk menemukan penyebabnya. Jika penyebabnya adalah lactase deficiency (kondisi kurangnya enzim laktase pada usus kecil yang memicu munculnya diare), maka hilangkan produk susu dari makanan anjing anda, terutama karena produk ini juga tidak dibutuhkan untuk anjing dewasa.

Diare yang disebabkan karena makan berlebihan (ciri-cirinya tinja besar dan tidak berbentuk) bisa diatasi dengan menyesuaikan makanan yang lebih tepat dengan kebutuhan kalori anjing dan berikan porsi makanan yang sama dalam 3x sehari.

Diare kronis yang berlangsung terus menerus selama lebih dari 3 minggu memerlukan perawatan dokter hewan.

Catatan : Perbedaan Diare Akut dan Diare Kronis, adalah perbedaan utama terletak pada durasi/ lama terjadinya.
Diare Akut dapat berlangsung dari hanya beberapa jam sampai dua minggu. Sebagian besar kasus diare akut pada anjing dapat diatasi sendiri tanpa perlu perawatan dokter hewan, tetapi ada beberapa yang berpotensi sangat serius sehingga membutuhkan perawatan dokter hewan, lebih cepat lebih baik.
Saat gejala terus berlangsung lebih dari dua atau tiga minggu, maka ini mengarah kepada kasus diare kronis. Tergantung pada penyebabnya, diare kronis bisa sulit untuk diatasi.

Karakteristik Diare:

Berdasarkan warna

Warna: kekuning-kuningan atau kehijau-hijauan
Kemungkinan Penyebab : Rapid transit
Kemungkinan lokasi : Usus kecil

Warna: hitam
Kemungkinan Penyebab: saluran pencernaan atas berdarah
Kemungkinan lokasi: perut atau usus kecil

Warna: merah darah atau gumpalan
Kemungkinan Penyebab: saluran pencernaan bawah berdarah
Kemungkinan lokasi: gumpalan darah pada usus besar

Warna: Pucat, kuning muda
Kemungkinan Penyebab: kurangnya empedu
Kemungkinan lokasi: hati

Warna: abu-abu dan berbau menyengat
Kemungkinan Penyebab: pencernaan yang kurang baik
Kemungkinan lokasi: usus kecil

Berdasarkan konsistensi/kepadatan

Konsistensi: cair
Kemungkinan Penyebab: rapid transit
Kemungkinan lokasi: usus kecil

Konsistensi: berbusa
Kemungkinan Penyebab: infeksi bakteri
Kemungkinan lokasi: usus kecil

Konsistensi: Berminyak
Kemungkinan Penyebab: penyerapan dalam tubuh yang kurang baik
Kemungkinan lokasi: usus kecil, pankreas

Konsistensi: mengkilap atau seperti selai
Kemungkinan Penyebab: mengandung lendir
Kemungkinan lokasi: usus besar

Berdasarkan bau

Bau: Seperti bau makanan atau bau susu asam
Kemungkinan Penyebab: rapid transit dan pencernaan atau penyerapan yang kurang baik (biasanya karena kelebihan makan, terutama pada anak anjing/puppies).
Kemungkinan lokasi: usus kecil

Bau: bau basi atau busuk
Kemungkinan Penyebab: pencernaan yang kurang baik dengan fermentasi
Kemungkinan lokasi: usus kecil, pankreas

Berdasarkan frekuensi

Frekuensi: Dalam sejam buang air besar dengan beberapa feses yang kecil dan mengejan
Kemungkinan Penyebab: radang usus besar (colitis)
Kemungkinan lokasi: usus besar

Frekuensi: tiga atau empat feses besar dalam sehari
Kemungkinan Penyebab: pencernaan atau penyerapan yang kurang baik
Kemungkinan lokasi: usus kecil, pankreas

Berdasarkan kondisi anjing

Kondisi anjing: berat badan turun
Kemungkinan Penyebab: pencernaan atau penyerapan yang kurang baik
Kemungkinan lokasi: usus kecil, pankreas

Kondisi anjing: tidak turun berat badan, selera makan normal
Kemungkinan Penyebab: gangguan pada usus besar
Kemungkinan lokasi: usus besar

Kondisi anjing: muntah
Kemungkinan Penyebab: radang usus kecil
Kemungkinan lokasi: usus kecil, kadang usus besar tapi jarang

Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Tips ampuh mengatasi dan mengobati anjing yang sedang diare yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Tips ampuh mengatasi dan mengobati anjing yang sedang diare. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Tips ampuh mengatasi dan mengobati anjing yang sedang diare yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Tips ampuh mengatasi dan mengobati anjing yang sedang diare secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Tips ampuh mengatasi dan mengobati anjing yang sedang diare | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

makanan kesukaan shih tzu , daftar kode mmi telkomsel , harga bunglon kecil , harga hewan bunglon , makanan hewan bulus , makanan laba laba , bunglon jawa , makanan bunglon kecil , pakan untuk jalak anakan supaya tumbuh maksimal , ngetot gadis kecil