Home / Tips ampuh mengobati jamur ringworm pada kulit kucing

Tips ampuh mengobati jamur ringworm pada kulit kucing

Tips ampuh mengobati jamur ringworm pada kulit kucing - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Tips ampuh mengobati jamur ringworm pada kulit kucing " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Tips ampuh mengobati jamur ringworm pada kulit kucing " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Tips ampuh mengobati jamur ringworm pada kulit kucing
Kucing terkena jamur

Kucing terkena jamur

Cara menghilangkan jamur pada kucing – Indonesia merupakan negara yang mempunyai iklim tropis dengan tingkat kadar kelembapan yang cukup tinggi. Hal ini memicu sering terjadinya kasus jamur atau ringworm pada kucing kesayangan anda. Terlebih lagi pada anak kucing/ kitten dengan usia yang masih kecil. Jamur atau ringworm pada kcing akan menginfeksi bagian kulit, bulu dan kuku, area yang terinfeksi biasanya akan mengalami kerontokan dan ditandai dengan ciri kulit merah seperti lingkar cincin. Jika tidak ditangani dengan serius oleh pemilik kucing, kasus jamur ini akan berdampak besar, karena sifatnya yang mudah menular dari kucing satu ke kucing yang lain, bahkan kepada manusia yang kontak fisik langsung dengan kucing yang terinfeksi jamur.

Panduan membasmi jamur pada kucing

  • Karantina/pisahkan kucing yang terinfeksi jamur. Hindari kontak langsung dengan kucing lain di dalam rumah. Pisahkan juga penggunaan alat-alat kebutuhannya seperti handuk,sisir, karpet, tempat makan/minum dll.
  • Cukur area yg terkena jamur untuk memudahkan pengobatan. Bulu yg tumbuh pada kulit yg terinfeksi jamur biasanya sudah rapuh, sehinga mudah dicabut, jika infeksi jamur  terdapat di beberapa bagian kulit sebaiknya kucing digunduli dulu utk memudahkan pengobatan.
  • Mandikan kucing dengan menggunakan shampo medicated untuk jamur. Saat ini banyak terdapat merek shampo khusus untuk pengobatan jamur, contoh sebazole, malaseb, dan lain-lain.
  • Setelah mandi kucing harus dikeringkan dengan benar, jangan sisa kan area lembab karena akan memicu jamur lebih produktif berkembangbiak. Tips nya, jika kita merasa kucing kondisi bulu nya telah kering, berikan tambahan waktu 15 menit pengeringan lagi agar maksimal.
  • Oleskan salep, cream atau spray anti jamur. Salep/cream yang mengandung sulfur dinilai efektif untuk mengobati jamur. Pemberian betadine juga cukup ampuh untuk jamur yang dinilai masih ringan. Spray jamur dinilai sangat praktis, karena kita cukup menyemprotkan ke area yg terinfeksi jamur berbarengan dengan proses pengeringan. Contoh spray untuk mengobati jamur adalah virbac wound gard.
  • Jika diperlukan, berikan obat oral seperti itraconazole atau sporanox sesuai dengan resep yang diberikan oleh dokter hewan
  • Cuci dan rendam peralatan yg terkontaminasi dengan desinfektan.
  • Bersihkan kandang dengan vacum cleaner, agar bulu dan serpihan kulit kering tidak menyebar ke area lain. Semprot kandang dengan desinfektan.
  • Berikan vitamin penambah daya tahan tubuh untuk kucing, karena jika antibody kucing kuat, jamur tidak akan mudah menyerang kembali.
  • Jaga agar ruangan yang dihuni kucing tidak lembab. Ukur kelembapan ruangan dengan hygrometer. Kelembapan ideal pada kisaran 40-50%, dimana pada titik kelembapan tersebut jamur akan mati dan tidak bisa berkembang. Pemakaian AC dan dehumidifier akan sangat membantu. Pastikan cukup sinar matahari di ruangan kucing.

Setelah langkah tersebut di lakukan, hal lain yang perlu di perhatikan adalah pencegahan. Pastikan jika akan membawa kucing baru kedalam rumah, kucing tersebut telah bebas dari infeksi jamur atau ringworm. Jaga selalu kebersihan kandang, menjaga kesehatan dan kebersihan kucing yang berada di rumah kita secara langsung juga akan menjaga diri kita sendiri berada dalam lingkungan yang sehat.

Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Tips ampuh mengobati jamur ringworm pada kulit kucing yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Tips ampuh mengobati jamur ringworm pada kulit kucing. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Tips ampuh mengobati jamur ringworm pada kulit kucing yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Tips ampuh mengobati jamur ringworm pada kulit kucing secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Tips ampuh mengobati jamur ringworm pada kulit kucing | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

cara menghilangkan jamur pada musang , jamur pada musang , cara mengobati murai kena penyakit kulit , cara mengatasi jamuran pada musang , menghilangkan jamur pd musang , obat jamur buat musang , Mengobati penyakit jamur pada musang , jamur musang , jamuran pada musang , Cara menyembuhkan gatal gatal pada musang