Home / Tips jitu melatih dan merawat ayam pelung agar suara merdu

Tips jitu melatih dan merawat ayam pelung agar suara merdu

Tips jitu melatih dan merawat ayam pelung agar suara merdu - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Tips jitu melatih dan merawat ayam pelung agar suara merdu " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Tips jitu melatih dan merawat ayam pelung agar suara merdu " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Tips jitu melatih dan merawat ayam pelung agar suara merdu
Foto ayam pelung

Foto ayam pelung

Cara sukses beternak ayam pelung – Ayam pelung merupakan salah satu ayam yang digolongkan sebagai ayam hias yang bisa dinikmati keindahan dan kemerduan suaranya, sekaligus juga dimanfaatkan sebagai ayam petelur dan pedaging yang unggul. Keunggulan ayam pelung sebagai petelur dikarenakan ayam ini mampu bertelur sebanyak 30 butir per periode. Pertumbuhannya juga tergolong pesat, bahkan bobot ayam pelung jantan yang sudah dewasa bisa mencapai 8 kg. Karena itu, ayam ini sangat baik jika dikawinsilangkan dengan ayam kampung untuk mendapatkan keturunan ayam besar.

Saat ini, para penggemar dan peternak ayam pelung banyak memanfaatkan ayam ini sebagai ayam hias untuk dinikmati keindahan suaranya dibandingkan dengan memanfaatkannya sebagai ayam petelur dan pedaging. Hal ini bisa dimaklumi karena harga jual ayam pelung sebagai ayam penyanyi sangat tinggi. Apalagi jika pernah menjuarai sebuah kontes, tidak hanya ayam tersebut yang berharga mahal, tetapi harga jual keturunannya juga melambung.

Tips melatih ayam pelung agar bersuara merdu

Kandang Panggung

Ayam jantan umur 4 bulan mulai belajar berkokok, akan tetapi belum diperlakukan sebagai “penyanyi”. Ia ditaruh di kandang panggung sebagai “penyanyi”, kalau umurnya sudah 8 bulan lebih. Ayam seusia itu sudah dianggap dewasa, suaranya yang melung sudah bisa dinikmati. Kandang panggungnya itu dibuat dari bahan kayu atau bambu. Atapnya bisa dari genting, asbes, ijuk, sirap atau papan. Bentuk kandang persegi panjang dengan ukuran panjang x lebar x tinggi = 100 x 90 x 100 cm. Lantai kandangnya sengaja dibuat berlubang-lubang, agar kotorannya langsung jatuh ke bawah dan tidak mengotori lantai kandang. Kandang itu diberi kaki dari kayu atau bambu sepanjang 2-3 meter, sehingga ia benar-benar berbentuk seperti rumah adat minangkabau atau dangau penunggu padi di sawah. Ayam pelung yang ditaruh dalam kandang itu suaranya akan terdengar jelas dan nyaring sampai pada jarak yang jauh.

Makanan ayam pelung

Berilah ayam pelung makanan berupa campuran 9 bagian dedak katul dengan 1 bagian makanan ayam ras. Diberikan dalam bentuk bubur akas, setelah dijerang menggunakan air panas. Secara berkala ayam kesayangannya diberi nasi setengah matang yang dicampur dengan kuning telur dan madu. Seminggu dua kali diberi pisang siem masak. Maksudnya, agar suara ayam pelungnya tetap empuk dan merdu.

Diantara peternak juga ada yang memberi makanan tambahan anak katak, belut, atau ikan kecil-kecil. Makanan itu diberikan 2-3 kali per minggu. Maksudnya agar ayamnya sehat dan rajin berkokok. Sebetulnya yang membuat ayam sehat dan rajin berkokok adalah protein hewaninya, bukan belut atau ikannya. Akan tetapi baik buruknya suara sewaktu bernyanyi sangat tergantung dari pembawaan turunannya, bukan karena dilatih atau pengaruh makanan.

Memandikan ayam pelung

Agar sehat dan rajin berkokok, kebersihan kandang harus terawat baik setiap harinya. Begitu pula makanan dan minumannya, harus terawat kebersihannya. Seminggu sekali, atau paling tidak 2 minggu sekali, ayam dimandikan. Memandikannya pakai sabun. Ayam yang secara berkala dimandikan, bulunya akan tumbuh luwes dan mengkilat, badannya bebas kutu. Sebagai penyanyi di kandang panggung, ayam pelung bisa bertahan 10 tahun lebih, sebelum akhirnya mati tua.

Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Tips jitu melatih dan merawat ayam pelung agar suara merdu yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Tips jitu melatih dan merawat ayam pelung agar suara merdu. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Tips jitu melatih dan merawat ayam pelung agar suara merdu yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Tips jitu melatih dan merawat ayam pelung agar suara merdu secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Tips jitu melatih dan merawat ayam pelung agar suara merdu | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

Cara merawat ayam pelung , kawin silang pelung dan bangkok , Ayam pelung , perawatan ayam pelung , merawat ayam pelung , cara memelihara ayam pelung , ukuran kandang ayam pelung , suara ayam pelung , Kandang ayam pelung , cara melatih ayam pelung