Home / Tips jitu merawat burung manyar agar rajin berkicau

Tips jitu merawat burung manyar agar rajin berkicau

Tips jitu merawat burung manyar agar rajin berkicau - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Tips jitu merawat burung manyar agar rajin berkicau " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Tips jitu merawat burung manyar agar rajin berkicau " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Tips jitu merawat burung manyar agar rajin berkicau
Burung manyar bakalan

Burung manyar bakalan

Cara menjinakan burung manyar – Dahulu burung satu ini di pandang sebelah mata, namun siapa sangka burung ini menjadi primadona baru di kalangan para penghobi burung kicauan. Siapa yang tak mengenalnya? Ya, burung manyar. Kemampuannya dalam meniru berbagai macam suara tidak perlu diragukan lagi. Tidak heran kalau burung manyar bisa memiliki suara kicauan bervariasi, meski itu tergantung dari perawatan dan pemasterannya.

Manyar merupakan jenis burung anggota keluarga Ploceidae. Ada tiga spesies burung manyar yang sangat bagus untuk dijadikan burung master, yaitu: manyar tempua (Ploceus philippinus), manyar jambul (Ploceus manyar), dan manyar emas (Ploceus hypoxanthus). Dari ketiga spesies tersebut, dua di antaranya cukup familiar di Indonesia, yaitu manyar emas dan manyar jambul. Dua jenis manyar itu sama-sama pandai meniru aneka suara burung lain, terlebih manyar emas yang mempunyai suara isian lebih komplit.

Cara membedakan burung manyar jantan dan betina

Burung Manyar Jantan

  • Untuk manyar jantan dilihat dari kepalanya memiliki mahkota berwarna kuning
  • warna bulu didadanya putih dengan sedikit warna coklat
  • untuk warna sayap mempunyai dasar warna kuning
  • sedangkan warna paruh hitam
  • badan lebih tegap dan lebih lincah

Burung Manyar Betina

  • Kepala burung manyar betina berwarna coklat kehitaman
  • paruhnya berwarna kuning
  • sedangkan telinga berwarna kuning melingkar antara telinga satu dengan yang lainnya
  • bentuk tubuhnya terkesan lebih kecil dan tidak seagresif jantan

Cara mudah merawat burung manyar agar gacor

  • Pagi sekiatar jam 06.00 burung kita keluarkan dari dalam ruangan,kemudian kita gantang ditempat yang sejuk.
  • kontrol pakan harian berupa biji-bijian dan kotrol juga air minumnya.
  • Jam 07.00 burung manyar boleh kalian mandikan dengan cara di semprot halus.dan jangan lupa bersihkan pula sangkar hariannya.
  • Selesai pemandian beri jangkrik 1 ekor,ulat hongkong 3 ekor yang sudah dipotong bagian kepalanya,kemudian lanjut penjemuran.
  • Penjemuran bisa kalian terapkan dengan durasi 1-2 jam,atau kalian lihat kondisi cuaca.
  • Jam 09.00 pagi pindah gantangan ke tempat yang teduh.pada saat ini biasanya burung manyar aktif berkicau.
  • Jam 03.00 sore burung manyar bisa kalian mandikan kembali (sesuai selera).kemudian kasih kroto sebanyak satu sendok makan.dan dilanjut penjemuran kembali atau boleh sekedar di angin-anginkan saja.
  • Jam 05.00 sore burung manyar kita taruh di dalam ruangan agar beristirahat dan jangan lupa kerodong sangkar hariannya.
  • Selama istirahat burung manyar bisa kalian perdengarkan suara burung lain atau biasa di artikan pemasteran,seperti suara burung kenari,sanger,blackthroad atau burung lainnya sesuai selera kalian sampai menjelang pagi.
  • Lakukan cara di atas dengan rutin dan konsisten,niscaya burung manyar kalian akan cepat menjadi gacor.
  • Pemberian kroto bisa kalian terapkan tiga kali dalam seminggu,hal ini bertujuan agar stamina tetap terjaga dan biarhi tetap terkontrol.
  • Pemberian multivitamin cair boleh kalian konsumsikan dua kali dalam seminggu.

Cara memaster burung manyar

Pemasteran burung manyar akan lebih baik dan efektif ketika manyar masih dalam usia muda, jadi lebih baik jika Sobat kicau mania memelihara manyar untuk dimaster pada saat burung masih trotolan. Pada usia muda/trotolan, burung manyar akan mudah untuk mempelajari dan menerima suara masteran dari burung lainnya.

Burung manyar yang masih trotolan bisa kita tempelkan dengan suara burung yang kita inginkan seperti burung kenari dan burung-burung lainnya. Hal tersebut dilakukan diharapkan jika nanti besar burung Manyar dewasa akan berisi suara-suara masterannya ketika masih trotolan.

Masteran manyar dewasa

Pemasteran burung manyar dewasa supaya gacor bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kita bisa menjajarkan dengan burung lainnya yang sudah gacor, atau bisa dengan memutar audio suara burung menggunakan mp3 player atau komputer.

Cara supaya memaster burung manyar bisa berjalan baik dan maksimal, Sobat kicau perlu memperhatikan hal sebagai berikut :

  • Lakukan pemasteran di tempat yang tenang tanpa gangguan dari suara-suara lainnya.
  • Perhatikan suara masteran yang akan Sobat isikan pada manyar bakalan, berikan suara masteran yang bervariasi namun tidak melebihi 5 suara masteran. Yang perlu Sobat perhatikan juga, suara masteran burung juga harus dipilih dengan karakter suara burung manyar supaya suara masteran bisa benar-benar masuk.
  • Setting output suara jika menggunakan audio elektronik seperti MP3 player, buat dan setting suara menjadi menyerupai suara alami dan original supaya burung manyar mudah menerima suara audio tersebut.
  • Lakukan pemasteran pada pagi dan sore hari, atau bisa juga memaster pada saat burung dalam kondisi santai dan tenang.
Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Tips jitu merawat burung manyar agar rajin berkicau yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Tips jitu merawat burung manyar agar rajin berkicau. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Tips jitu merawat burung manyar agar rajin berkicau yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Tips jitu merawat burung manyar agar rajin berkicau secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Tips jitu merawat burung manyar agar rajin berkicau | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

cara meredam suara aerator aquarium , sayuran untuk burung manyar , manyar betina bisa bunyi , menggacorkan cucak jempol , meredam suara aerator , suara trucukan betina memanggil , memilih manyar ombyokan , download suara burung kakak tua jambul kuning , download suara kakatua jambul kuning , meredam suara aerator aquarium