Home / Tips jitu merawat dan melatih ayam serama untuk kontes

Tips jitu merawat dan melatih ayam serama untuk kontes

Tips jitu merawat dan melatih ayam serama untuk kontes - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Tips jitu merawat dan melatih ayam serama untuk kontes " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Tips jitu merawat dan melatih ayam serama untuk kontes " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Tips jitu merawat dan melatih ayam serama untuk kontes
Foto ayam serama

Foto ayam serama

Cara memelihara ayam serama agar berdiri tegak – Ayam serama merupakan salah satu jenis ayam terkecil di dunia yang berasal dari malaysia. Ayam ini sangat menyenangkan untuk dipelihara karena pandai memikat hati dengan gayanya yang penuh aksi. Jika kita perhatikan ayam ini segera mengangkat dada dan meluruskan ekornya tegak keatas hingga 90 derajat serta mengibaskan kedua sayapnya.

Sebetulnya merawat ayam serama ini tidak terlalu sulit juga, asal kita selalu memperhatikan aspek kebersihan dan pemberian pakan yang bagus, memang lebih bagus lagi jika pakan yang kita berikan dicapur juga dengan konsentrat.

Cara memilih ayam serama yang bagus

  • Kepala seperti tertarik ke belakang, dada membusung, sehingga posisi sayap terlihat vertikal (tegak).
  • Ketika berdiri, sayap dalam posisi tegak, tapi sedikit ke arah belakang, dengan ujung sayap sedikit menyentuh lantai.
  • Postur badan tegap dan bulat. Dada lebih besar dari bagian belakang (punggung).
  • Ekor besar, panjang, tegak, dan tinggi. Bulu ekor utamanya panjang dan melentik di bagian ujung, serta berbentuk seperti huruf V.
  • Kedua kaki tidak begitu rapat, dan selaras dengan ukuran sayapnya. Paha berotot. Taji berada di tengah betis, keras, kecil.
  • Posisi pusat mata dan pusat kaki sejajar ketika berdiri (lihat gambar samping. Mata dan kaki, jika ditarik dengan garis, benar-benar lurus).
  • Memiliki watak pemberani dan percaya diri. Gaya lebih sering ditonjolkan, seperti ingin berkokok dan suka berdiri.

Bagaimana cara memelihara ayam serama agar postur bagus

Pakan Ayam Serama

Tidak ada patokan kusus untuk memberikan pakan pada ayam serama,yang terpenting,berikan pakan sesuai umur dari ayam tersebut.Yang penting selalu di perhatikan kebutuhan pakan yang banyak mengandung Gizi,vitamin dan serat yang cukup.

Pakan yang bisa kita berikan pada ayam serama bisa berupa beras merah,jagung,milet yang bisa kita sesuaikan sendiri sesuai kebiasaan kita dalam memberikanya.Namun,jika di daerah kita berhawa dingin atau saat musim penghujan tiba,berikan pakan pada ayam serama yang banyak mengandung banyak karbohidrat seperti pakan Jagung.

Jagung pada ayam serama mampu untuk menghangatkan dan meningkatkan suhu badan agar ayam terasa nyaman.namun,dalam pemberian pakan,jangan di berikan jagung yang berlebihan,kita bisa memberikan pakan selingan yang bisa berupa Pakan jangkrik atau kecambah lain.

Karena jika ayam serama banyak memakan jagung tanpa adanya campuran pakan jenis lain,bulu ayam tersebut bisa mengalami kerontok kan,ahirnya kualitas dan keindahan ayam akan sirna begitu saja.tidak ada wibawa nya lagi jika bulu ayam serama rontok.

Memandikan Ayam Serama

Ayam serama juga harus selalu di jaga kebersihan tubuhnya dengan cara memandikan.selain untuk menghilangkan kutu,memandikan ayam serama juga berguna untuk kesehatan nya,ayam terlihat selalu bugar,fit.sebab ayam serama juga di nilai dari kebersihan,keindahan bulu dalam ajang kontes.

Hampir sama kita memandikan bayi untuk memandikan ayam serama,pelan,pegang dengan perasaan dan lembut,lalu selanjutnya bisa kita usah bulunya menggunakan busa yang telah kita rendam air bersih.mulai membersih kan dari bagian kepala,selanjutnya menjalar ke bawah dan yang terahir bagian kaki yang di bersihkan.

Saat melakukan penggosokan,jangan sampai melawan arah bulu ayam.ikuti alur bulu agar tidak rusak dan bulu tidak patah.memandikan ayam serama sebaiknya kita lakukan setiap hari di pagi hari.setelah siap mandi,lakukan penjemuran hingga bulu ayam kering,dan selanjutnya teduhkan.

Penjemuran ayam serama

Setelah ayam serama siap di mandikan,jemur ayam tersebut hingga bulu kering,gunakan kurungan untuk menjemur ayam serama,bawah,bisa kita alasi menggunakan karpet.akan lebih bagus jika saat melakukan penjemuran,di sandingkan dengan ayam serama jenis lain.hal ini untuk memancing kedua ayam agar menampilkan gaya eksotis mereka.

Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Tips jitu merawat dan melatih ayam serama untuk kontes yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Tips jitu merawat dan melatih ayam serama untuk kontes. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Tips jitu merawat dan melatih ayam serama untuk kontes yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Tips jitu merawat dan melatih ayam serama untuk kontes secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Tips jitu merawat dan melatih ayam serama untuk kontes | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

cara merawat serama agar badan tegak , jenis jenis serama , cucak ijo gacor mp4 , download suara burung pleci malang , umur berapa bulan serama berkokok , cara perawatan ayam brugo , suara burung anis cacing full isian ciblek , cara melatih serama berdiri tegak , Melatih ayam serama , download pleci bunyi gelatik