Home / Tips memelihara ikan palmas atau ikan naga di aquarium

Tips memelihara ikan palmas atau ikan naga di aquarium

Tips memelihara ikan palmas atau ikan naga di aquarium - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Tips memelihara ikan palmas atau ikan naga di aquarium " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Tips memelihara ikan palmas atau ikan naga di aquarium " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Tips memelihara ikan palmas atau ikan naga di aquarium
Foto ikan palmas

Foto ikan palmas

Perawatan ikan palmas di kolam – Ikan palmas atau sering kali di sebut dengan ikan naga merupakan jenis ikan yang tergolong dalam Family Polypteridae(Bichir), artinya ikan bersirip banyak. Ikan ini termasuk ikan primitifdan sering disebut sebagai “snake like fish” (ikan mirip ular).Penyebaran adalah di Afrika Barat.

Palmas adalah ikan pemangsa(predator), carnivora. Ikan ini mempunyai kemampuan untuk mengambiludara dengan alat yang telah termodifikasi sedemikan rupa menyerupaiparu-paru, disamping itu ia mampu untuk merayap diatas tanah denganmenggunakan sirip dadanya yang kuat. Oleh karenanya dalam mememiharapalmas dianjurkan agar memberikan penutup yang baik untuk mencegah ikantersebut kabur. Palmas dapat dipelihara bersama-sama dengan ikan golongan Cichlidae yang memiliki ukuran lebih besar.

Cara membedakan ikan palmas jantan dan betina

Jenis kelamin palmas bisa dibedakan dengan lihat lebar dari sirip anus. sirip anus palmas jantan lebarnya nyaris 2 kali lebar sirip anus palmas betina.

Cara mudah merawat ikan palmas untuk pemula

Menyiapkan Wadah Akuarium Untuk Merawat Ikan Hias Palmas

Menyiapkan wadah adalah langkah pertama untuk merawat ikan palmas, keindahan warna serta keunikan ikan palmas bisa kita nikmati dari samping, itu artinya wadah yang tepat adalah akuarium. Berbeda dengan ikan koi yang keindahanya bisa kita nikmati dari atas yang mana cocok untuk dipelihara dan dirawat di kolam.

Akuarium haruslah disesuaikan dengan volume ikan. Untuk ikan palmas yang berukuran kecil bisa dengan akuarium yang ukuranya 120 x 38 cm sedangkan ikan palmas yang ukuran besar akuarium yang ideal ukuranya 180 x 60 cm.

Akuarium sebisa mungkin diberi penutup, karena ikan palmas kesayangan anda bisa saja kabur dari akuarium. Itu sebabnya mengetahui dasar cara merawat ikan palmas sangatlah penting jika tidak ingin palmas melarikan diri dari akuarium.

Air Yang Ideal Untuk Merawat Ikan Hias Palmas

Air dengan pH 6,5 – 7 dan temperatur 16 – 27 derajad celcius merupakan air yang ideal untuk merawat ikan palmas. Selain itu pemasangan fitrasi di perlukan untuk menjaga air agar tetap dalam kondisi bagus.

Filtrasi / fiter yang paling ideal adalah yang menjamin banyak kapasitas bio-filtrasi, terlebih yang tabung eksternal.

Substrat Yang Ideal Untuk Merawat Ikan Hias Palmas

Mengingat ikan palmas suka berada di dasar akuarium, substrat yang paling ideal adalah pasir, bisa juga kerikil yang lembut dan juga tanaman air.

Pemberian Pakan Yang Tepat Pada Ikan Hias Palmas

Sebenarnya penglihatan ikan palmas kurang begitu bagus, dan dia mencari makanan berdasarkan bau. Akan tetapi ikan palmas adalah ikan predator atau karnivora.

Jadi pemberian pakan ikan palmas yang paling tepat adalah pakan hidup yang berukuran kecil. Seperti misalnya ikan kecil dan udang air tawar.

Mencampur Ikan Hias Palmas Dengan Ikan Hias Lain

Meskipun palmas adalah ikan predator, akan tetapi ikan hias ini bisa dicampur dengan ikan hias lain, seperti misalnya Knifefish atau ikan belida, Siam Tigerfish, Tinfoils.

Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Tips memelihara ikan palmas atau ikan naga di aquarium yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Tips memelihara ikan palmas atau ikan naga di aquarium. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Tips memelihara ikan palmas atau ikan naga di aquarium yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Tips memelihara ikan palmas atau ikan naga di aquarium secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Tips memelihara ikan palmas atau ikan naga di aquarium | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

melatih ayam jadi kanibal , bercapit artinya , pagupon naga