Home / Tips memelihara reptil dragon bearded secara mudah

Tips memelihara reptil dragon bearded secara mudah

Tips memelihara reptil dragon bearded secara mudah - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Tips memelihara reptil dragon bearded secara mudah " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Tips memelihara reptil dragon bearded secara mudah " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Tips memelihara reptil dragon bearded secara mudah
Gambar bearded dragon

Gambar bearded dragon

Cara merawat dragon bearded – Reptil Bearded Dragon adalah hewan asli yang berasal dari Australia, sekarang sudah banyak diternakkan di berbagai negara. Bearded dragon (BD) hidup di daerah kering, berbatu, kawasan semi-gurun, dan hutan terbuka. Sebenarnya BD adalah jagoan manjat, suka nongkrong di ranting dan semak-semak, bahkan kadang juga ditemukan dipagar rumah, kalau daerah perumahan tersebut dekat dengan habitat mereka. Selain tempat diatas, BD juga suka berjemur di atas bebatuan besar dan kecil di pagi dan sore hari (perlu vitamin D).

Bearded Dragon adalah jenis kadal omnivora, makannya buanyak, dan beraneka raga. Mulai dari golongan hewan tak bertulang belakang, sampai hewan bertulang belakang ukuran mini alias kecil. Selain itu BD juga makan sayuran hijau, buah dan bunga. Kalau siang, kadal ini suka mengubur dirinya di bawah pasir sambil nunggu datangnya malam.

Cara menjinakan dragon bearded

Terrarium atau kandang

Meskipun ukurannya tidak terlalu besar (sekitar 30-50cm maksimum), BD perlu ruang yg luas untuk tempat tinggalnya. BD dewasa senang memakan hewan-hewan kecil apa saja yg bergerak, BD bayi harus dipisahkan dari yang ABG (remaja) dan dewasa. BD jantan bersifat teritorial, minimum ukuran tank yg diperlukan utk 1 jantan adalah ukuran 75 gallon. Jumlah BD yg terlalu banyak di satu terarium akan membuta BD menjadi mudah strees, gak mau makan,suka ngumpet dan berantem hingga jari-jari dan kukunya kan putus.
Ukuran vivarium harus seimbang antara tinggi dan lebar, BD bias bergerak sangat cepat saat memanjat ataupun berlari keliling kandang, jadi sebaiknya vivarium memiliki bukaan atas,supaya jangktrik juga tidak mudah loncat keluar kandang. Tempat tinggal BD harus nyaman, dengan ventilasi udara yg bagus, tapi tetap hangat. Bagian atas dari kandang sebaiknya terbuat dari bahan yg berlubang-ubang kecil seperti kawat kasa.Pastikan bagian atas kuat menahan lampu buatan yg biasanya lumayan berat. Sebaiknya di sebuah vivarium terbagi dengan daerah berpasir, batu besar dan kolam, tapi apabila susah bisa diganti dengan alas koran dan karpet. Ranting yg kuat untuk mereka memanjat juga sangat penting, karena BD senang sekali meanjat dan nongkrong sambil berjemur. Jangan sekali-kali menggunakan pasir untuk kucing atau cat litter, serbuk kayu dan potongan batang jagung. Pasir lebih baik dicuci dahulu, supaya bebas bakteri dan kuman.

Bearded dragon memiliki metabolisme tinggi, jadi kandang harus mudah dibersihkan. Kalau menggunkan pasir bisa di sekop tiap kali mereka buang hajat. BD memiliki bau kotoran yg menurut saya loh..paling bau diantara semua jenis kadal kecil. BERSIHKAN KANDANG SECARA MENYELURUH SEBULAN SEKALI, TERMASUK PENCUCIAN DAN PENJEMURAN PASIR! Biasanya 3 bulan sekali pasir diganti, apabila memiliki lebih dari satu BD lebih baik pasir diganti sebulan sekali, kalo pake koran harus di ganti tiap pagi.

Bearded membutuhkan tempat berjemur dan tempat bersembunyi. Idealnya sih, di satu tank bisa memuat dua box utk sembunyi di tiap sisinya (harus jauh dr tempat berjemur), trus jangan lupa tempat utk berjemur/basking lengkap dengan ranting utk memanjat dengan lampu diatasnya (awas jangan terlalu dekat!!, kadal suka keasikan berjemur sampai kulitnya terbakar!!!).

Suhu ideal utk berjemur adalah 33-37C sedangkan daerah yg adem 24C dan tidak lebih dingin dari 21C, hati-hati utk vivarium indoor yg dekat AC. Batu pemanas sangat tidak disarankan, karena banyak kadal yg terbakar kulitnya di batu ini. Pasang termometer di vivarium Bearded Dragon sangat membantu utk mengecek kondisi suhu terarium, satu d sisi hangat dan satu d sisi dingin.

Lampu

Jenis lampu yg dipakai harus DIPERHATIKAN ! Pastikan lampunya memiliki UVB seperti merk: Duro-Test?s Vita-Lite atau Vita-Lite Plus, Zoo Med?s Iguana atau produk yg sama dengan merk lain. Jangan menggunakan lampu utk aquarium/lampu tanaman. Hanya gunakan lampu khusus reptile. Atau cara ter-murah dan meriah adalah di jemur dibawah sinar matahari antara jam 7 pagi sampai jam 9 pagi. Karena bearded dragon termasuk jenis kadal yg SANGAT membutuhkan calsium. Lampu Neon biasa akan membuat BD jadi stress, kehilangan nafsu makan dan bisa berakhir dengan kematian.

Air

Selalu sediakan air bersih, setiap hari. Cek apabila dia buang hajat d air maka harus langsung diganti. Tempat minum jangan terlalu dalam sehingga membuat BD susah utk minum. Jangan menyediakan tempat utk mandi, karena akan membuat mudah terjangkit kutu dan penyakit kulit lainnya. Kalau BD suka mandi semprotkan saja air dengan semprotan tanaman sekali sehari.

Diet

Ukuran makanan tidak lebih dari 2/3 ukuran kepala Bearded Dragon!!! Karena BD tidak bisa memilih, maka dia bisa cedera kalo makan makanan yg terlalu besar (misal: jangkrik, tikus). Makanan BD sbb: jangkrik (sesuai 2/3 ukuran kepala), ulat bambu, ulat tongkong, utk BD dewasa bisa mulai diberikan pinkies (tikus putih usia 1 atau 2 hari). Sayur dan buah juga baik diberikan tidak lebih dari 20% diet Bearded Dragon. Sayuran yg bisa diberikan adalah: selada, kailan, kale, wortel (serut). Buah-buahan terdiri dari: pisang, pepaya, tomat (tanpa biji), jeruk manis.

Kalsium

Selalu berikan kalsium yg cukup, sesuai aturan tiap kemasan dari merk kalsium khusus reptile seperti misalnya produk “Rep-Ca”l. Pastikan pemberian dalam bentuk serbuk yg d campur dengan makanan. Utk jangkrik paling mudah yaitu dengan memasukkan jangkrik ke kantong plastik lalu taburi dengan kalsium lalu kocok sebentar sampai jangkrik seperti dibedaki. Jangkrik kecil lebih banyak mengandung kalsium dan protein. Biasanya pemberian kalsium cukup 2-3 kali seminggu. Untuk baby dragon dan bearded dragon betina hamil asupan kalsium sebaiknya 3-4 kali seminggu.

Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Tips memelihara reptil dragon bearded secara mudah yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Tips memelihara reptil dragon bearded secara mudah. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Tips memelihara reptil dragon bearded secara mudah yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Tips memelihara reptil dragon bearded secara mudah secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Tips memelihara reptil dragon bearded secara mudah | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

Walfafer , gambar anak biawak , binatang nongkrong , binatang pengecut suka sembunyi , voer trucuk , voer untuk trucuk , walfefer , budidaya bearded dragon , Memelihara lipan , binatan