Home / Tips merawat burung hantu celepuk untuk pemula

Tips merawat burung hantu celepuk untuk pemula

Tips merawat burung hantu celepuk untuk pemula - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Tips merawat burung hantu celepuk untuk pemula " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Tips merawat burung hantu celepuk untuk pemula " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Tips merawat burung hantu celepuk untuk pemula
Gambar burung hantu celepuk

Gambar burung hantu celepuk

Teknik melatih burung hantu celepuk – Burung hantu celepuk atau dalam bahasa latinnya barn owl saat ini tengah populer untuk di jadikan hewan peliharaan karena bentuknya yang lucu dan menggemaskan, jenis burung nokturnal yang aktif pada malam hari dan mencari makan pada malam hari, burung hantu juga merupakan burung yang unik dengan mata yang tajam ini sering kali dapat di jumpai di dahan-dahan pohon yang tidak terlalu tinggi. Mereka juga sering mengeluarkan suara yang khas.

Dulu banyak anggapan dulu kita burung hantu adalah burung jelmaan dari setan, sekarang agaknya tidak berlaku lagi lagi, bahkan di luar negeri burung hantu dianggap sebagai lambang sebuah kebijaksanaan. Banyak sekali orang-orang yang mengadopsi hewan kecil ini sekarang, namun mungkin tidak banyak yang tahu bahwa burung hantu bukanlah burung biasa yang berkicau dan ditaruh dalam sangkar sebagai hiasan.

Bagi anda yang ingin memelihara burung unik yang satu ini tidak perlu khawatir dengan mitos-mitos yang mengatakan bahwa  burung hantu membawa malapetaka atau hal buruk nyatanya hal tersebut tidaklah benar dan hanya hoax saja. Untuk harga burung hantu sendiri bervariasi mulai dari 200 rb hingga 400 ribu tergantung ukuran dan jenis dari burung hantu itu sendiri, namun dalam memelihara burung hantu tidak jarang kita membuat burung hantu liar dan juga sering menggigit kita.

Cara menjinakan burung hantu celepuk

Saat Pertama di rumah

Saat-saat pertama memasuki rumah mereka butuh beradaptasi. Jika celepuk yang anda adopsi masih brancher, tidak perlu perhatian yang khusus, tempatkan saja dalam kardus tidak perlu di tutup tidak apa-apa, karena mereka belum bisa terbang. Jangan tempatkan di tempat yang ramai, biarkan dia beradaptasi dengan lingkungan barunya dahulu. Beri makan pagi dan sore hari secukupnya saja saat hari gelap. Yang paling penting jaga suhu kardus tetap hangat, jangan terlalu panas atau terlalu dingin.

Jika celepuk yang anda adopsi dalam keadaan juve atau remaja dan sudah bisa terbang, karantina terlebih dahulu dalam ruangan yang gelap dengan mangsa hidup mereka. Jika tak ada ruangan yang kosong bisa pakai kardus ukuran televisi. Karantina ini dilakukan selama kurang lebih 3 hari hingga burung hantu anda merasa nyaman. Jika burung hantu anda yaman dia akan mengeluarkan bunyi. 3jam sekali buka kardus agar udara berganti.  Jika sudah tempatkan celepuk anda di perch atau tenggeran tentunya dengan equipment standar untuk menghindari escaping. Beri makan dia langsung di tangan anda agar jinak.

Equipment

Equipment standar sangatlah penting untuk menjaga agar celepuk anda tidak kabur. Sejinak apapun partner anda, tetaplah dia adalah hewan liar.

Equipment standar yang setidaknya harus ada adalah :

  • Perch
  • Anklet
  • Jesse
  • Leash

Kandang sebenarnya tidak diperlukan, karena burung dengan jenis BOP jika dikandang kemungkinan besar akan stress. Jika memang ingin dikandang, buatlah kandang dengan ukuran (3x3x3)m.

Pakan

Untuk burung hantu jenis celepuk, cukup beri makan serangga. Yang sering di jumpai di pedagang burung yaitu jangkrik. Beri makan celepuk secukupnya. Jika jangkrik ukuran besar, cukup beri 5-8 jangkrik tiap memberi makan. Jika ukuran jangkrik kecil tambahkan 3-5 lagi. Waktu yang tepat member makan adalah pagi setelah subuh dan sore setalah maghrib. Karena di alam burung ini aktif mencari makan saat gelap.

Untuk jenis celepuk tak perlu di beri makan tikus putih, karena di habitatnya mereka hanya memakan serangga-serangga malam seperti jangkrik dan ngengat. Atau sesekali burung-burung kecil seperti pipit.

Suhu

Apalagi buat anakan gan, penting jangan terlalu dingin dan jangan terlalu panas karena bisa berakibat fatal.

Kandang

Usahakan si jangan di kandangin ,hanya di kasih tangkringan aja yang terbuat dari kayu atau beli di toko perlengkapan burung tapi jika di kandang,kuncinya kandang harus di bersih dan cukup longgar untuk burung,jika celepuk bisa menggunakan kandang ukuran min panjang 80cm lebar 50 dan tinggi 50cm.

Kebersihan

Kebersihan adalah bagian yang sangat penting jika anda ingin mengadopsi celepuk. Jika celepuk anda tempatkan di tempat yang kotor kemumgkinan untuk trjangkit penyakit sangatlah besar. Bersihkan kotoranya setiap hari agar tidak menjadi sumber penyakit dan bau tentunya. Hehe.

Ingat, jangan sekali-kali terlihat panic di depan partner anda, karena jika anda panik, maka partner anda akan ikut panik. Rawatlah partner anda dengan baik, karena burung hantu celepuk sudah jarang di temui sekarang.

Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Tips merawat burung hantu celepuk untuk pemula yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Tips merawat burung hantu celepuk untuk pemula. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Tips merawat burung hantu celepuk untuk pemula yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Tips merawat burung hantu celepuk untuk pemula secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Tips merawat burung hantu celepuk untuk pemula | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

celepuk , burung hantu celepuk , burung celepuk , mitos memelihara burung hantu , makanan burung hantu celepuk , cara merawat celepuk , cara menjinakkan celepuk liar , cara memelihara celepuk , cara menjinakkan celepuk , cara merawat burung celepuk