Home / Tips merawat dan melatih burung macaw untuk pemula

Tips merawat dan melatih burung macaw untuk pemula

Tips merawat dan melatih burung macaw untuk pemula - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Tips merawat dan melatih burung macaw untuk pemula " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Tips merawat dan melatih burung macaw untuk pemula " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Tips merawat dan melatih burung macaw untuk pemula
Foto burung macaw

Foto burung macaw

Cara menjinakan burung macaw – Burung macaw merupakan salah satu kelompok burung Paruh Bengkok (Parrot) Neotropical dengan ukuran badan besar. Spesies Macaw yang juga memiliki nama lain Blue and Gold Macaw (BnG) memiliki habitat dan berkembangbiak dihutan yang terdapat di hutan tropis Amerika Selatan, Varzea, Trinidad, Venezuela selatan, Peru, Brasil, Bolivia, dan Paraguay, Panama.

Burung macaw juga tampak sangat unik dan juga punya tingkat intelegensi yang cukup tinggi, maka dari itu burung ini kerap sekali di tampilkan pada acara sirkus dan memamerkan kepandainya. Walaupun terkesan liar pada habitatnya maupun di alam bebas, akan tetapi burung macaw ini juga termasuk burung yang mudah jinak dan mudah beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang bermacam macam. Nah, untuk anda yang berminat memelihara burung macaw simaklah tips perawatan burung macaw yang kami berikan berikut ini :

Cara memelihara burung macaw yang benar

Kandang burung macaw

Ketika memelihara burung macau maka kandang untuk macaw lebarnya minimal 1,5 meter yang tingginya 2 meter. Ini termasuk ukuran minimal kandang untuk burung macaw besar.

Kandang ini bisa anda buat dari kawat halus atau juga besi. Burung macaw bisa jugaanda buatkan tangkringan dari batang kayu yang tidak ada getahnya.

Sebaiknya dirantai pada kakinya, atau bulu sayapnya di potong sedikit supaya dia tidak terbang jauh. Jangan lupa untuk membersihkan kandangnya setiap hari.

Makanan burung macaw

Dalam memelihara burung macaw, makanan harus diperhatikan. Makan mereka tergolong mudah, sebab suka makan buah-buahan dan biji-bijian. Tapi jangan memberi makan macaw dengan buah alpukat ataupun coklat.

Sebab untuk burung macaw ini bisa menjadi racun di dalam tubuhnya, perutnya akan menolak menerima buah-buah tersebut.

Apabila macaw makan alpukat atau coklat, dalam waktu kurang lebih dua hinga tiga minggu, burung macaw bisa sakit dan bahkan bisa menimbulkan kematian.

Anda juga jangan memberikan tangkringan kayu yang bergetah sebagai tempatnya berpijak. Sebab dapat menimbulkan racun, ketika macaw mematuk-matuk tangkai, getahnya keluar, dan bisa termakan.

Jadi sebisa mungkin anda jangan memberikan tangkringan dengan kayu yang memiliki getah, jika tidak mau burung anda mati keracunan.

Dan jika anda memelihara burung macaw sebaiknya diberi makan dalam waktu dua kali sehari yaitu ketika pagi dan sore. Berikan juga air minum yang juga baru setiap kali memberi makanan.

Kebersihan makanan dan minuman tetap harus anda perhatikan untuk menjaga kesehatan burung peliharaan anda ini.

Mainan untuk burung macaw

Perasa stres dan kesepian sangat mungkin bisa terjadi pada burung Macaw yang kita pelihara, oleh karena itu untuk menjaga psikologis serta melatih keterampilannya dalam hari burung Macaw perlu setidaknya 15 menit untuk kita latih dan ajak bermain.

Tanda-tanda Burung Macaw yang mengalami stres biasa kita lihat dari perilaku burung tersebut yang diantaranya susah makan, sering teriak dengan suara keras dan bahkan lebih parahnya burung Macaw akan mencabuti bulunya sendiri. Untuk penanganan jika parrot yang kita pelihara tersebut mengalami stres adalah memberi nya mainan yang bisa ia gigit dan ajaklah berinteraksi, namun sebelum Anda beri mainan pastikan terleih dahulu apakah mainan tersebut aman untuk burung Macaw.

Mandikan burung macaw

Memandikan Macaw minimal harus kita lakukan tiga kali dalam seminggu bisa juga dua hari sekali. Untuk memandikan cukuplah mudah seperti halnya dengan cara memandikan burung kicau dengan kita semprotkan pada bagian tubuhnya hanya menggunakan air bersih biasa tanpa campuran apapun (sabun/shampoo). Setelah dirasa bahwa bulu Macaw basah kuyub kita keringkan dengan menaruhnya ditempat yang ada sinar matahari (jangan terik sinar matahari) setelah itu angin-anginkan ketempat yang lebih sejuk.

Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Tips merawat dan melatih burung macaw untuk pemula yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Tips merawat dan melatih burung macaw untuk pemula. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Tips merawat dan melatih burung macaw untuk pemula yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Tips merawat dan melatih burung macaw untuk pemula secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Tips merawat dan melatih burung macaw untuk pemula | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

cara merawat garangan