Home / Tips merawat dan memandikan landak mini bagi pemula

Tips merawat dan memandikan landak mini bagi pemula

Tips merawat dan memandikan landak mini bagi pemula - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Tips merawat dan memandikan landak mini bagi pemula " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Tips merawat dan memandikan landak mini bagi pemula " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Tips merawat dan memandikan landak mini bagi pemula
Gambar landak mini

Gambar landak mini

Cara beternak landak mini – Jenis hewan pengerat satu ini memiliki bentuk yang lucu dan imut, dan saat ini menjadi populer karena banyak di pelihara. Ya, Landak mini merupakan binatang mamalia kecil dengan lapisan kaku, yaitu duri runcing menutupi punggung. Landak mini memiliki hidung runcing dan mata yang agak menonjol terletak di sisi wajah. Telinga biasanya berbentuk bulat, meskipun dalam beberapa spesies, bisa jadi memanjang, dan terletak tinggi di sisi kepala. Landak Mini memiliki ekor yang kecil dan pendek, dan secara fungsional sangat sedikit digunakan. Mereka dapat menggulung seperti bola duri ketika terancam.

Landak mini berasal dari Afrika, habitatnya adalah di gurun pasir dan daerah yang gersang. Di habitatnya, landak mini tinggal di goa / lubang yang sangat gelap dan terkadang landak mini hidup berdampingan dengan binatang lain di dalam gua tersebut. Makanan landak mini di alamnya umumnya adalah serangga seperti ulat, jangkrik dan serangga kecil lainnya, namun landak mini juga tidak jarang makan buah-buahan dan sayuran dikarenakan sulitnya mendapatkan serangga.

Landak mini di alamnya minum di sungai. Di sungai tersebutlah terkadang landak mini berenang. Landak mini di alamnya juga mempunyai musim kawin, maka para jantan akan mengeluarkan bunyi-bunyi seperti nyanyian untuk merayu sang betina.

Meskipun benar bahwa landak mini adalah spesies yang baru-baru ini dipelihara, tapi landak mini sebagai pet, yang kita miliki bukan binatang liar. Landak mini adalah campuran dari dua jenis landak, dan bukan merupakan varietas alami.

Cara memlihara landak mini

Ciri-ciri landak mini

Landak Mini dapat dengan mudah dikenali dari duri dibadannya, dimana itu merupakan rambut berongga yang keras. Duri-duri mereka tidak beracun atau berkait, dan tidak seperti bulu dari porcupine, duri Landak Mini tidak mudah lepas dari tubuhnya. Pertahanan yang dimiliki dari semua spesies Landak Mini adalah kemampuan untuk menggulung jadi bola duri, sehingga semua duri menghadap keluar semua dan lawannya tidak dapat menyerang. Bila kita sudah terbiasa memegangnya, maka duri-durinya tidak terasa sakit, seperti memegang sikat rambut.

Landak Mini memiliki bentuk badan oval dengan panjang badan antara 15cm – 20cm, dan berat antara 200 gram – 600 gram, kira-kira sebesar marmut, biasanya betina memiliki ukuran badan lebih besar dari pada jantan. Namun ada juga yang bisa tumbuh besar sampai 700 – 900 gram.

Sifat landak mini

  • Landak Mini memiliki sifat “nocturnal” atau aktif pada malam hari, sedangkan pada siang hari mereka cenderung menyembunyikan dirinya ditempat-tempat gelap. Karena sifatnya yang suka sembunyi disiang hari, maka pada tempat pemeliharaanya kita bisa menggunakan Pipa Paralon ukuran 4inci atau talang air yang dipotong sepanjang 20cm, kotak sepatu atau strofoam sebagai tempat untuk landak bersembunyi
  • Landak Mini adakalanya melakukan ritual menjilat, ketika landak mini ada di tempat yang baru dengan bau lingkungan yang kuat, dia akan mengigiti media disekitarnya dan membentuk buih dari mulutnya dan merekatkan pada duri-durinya dengan menggunakan lidahnya. Tidak diketahui tujuan dari ritual ini, tetapi beberapa pakar percaya ritual ini digunakan untuk mengkamuflase dirinya dengan area yang baru tersebut.
  • Apabila Landak Mini digabung dengan binatang peliharaan yang lain, termasuk kucing dan anjing. Ada kemungkinan mereka terancam oleh bintang-binatang ini, namun Landak Mini dapat menggulung diri menjadi bola duri sampai ancaman tersebut hilang. dan Landak Mini cukup bisa membela diri terhadap tikus yang mencoba memakannya, kecuali apabila Landak Mini masih kecil/ bayi. Landak mini sebaiknya dipelihara disuhu 21 – 27’C, apabila terlalu dingin maka landak mini ini akan masuk dalam proses hibernasi.

Makanan landak mini

  • Meskipun diklasifikasikan sebagai insectivora (pemakan serangga), namun Landak Mini dapat pula diberikan pakan buatan seperti pakan kering anjing dan kucing, namun sebaiknya ditambahkan pula variasi lain seperti ulat hongkong, ulat jerman, jangkrik dan serangga lainnya. Sebaiknya tidak memberikan susu kepada Landak Mini karena usus mereka sensitif terhadap susu dalam jumlah yang banyak.
  • Pemberian pakan sebaiknya menggunakan mangkuk yang digunakan untuk pakan anjing/kucing, atau bisa juga menggunakan asbak rokok. sehingga tidak mudah terbalik ketika mereka sedang makan, atau dapat pula dibuat sendiri menggunakan kaca yang dibentuk menjadi kotak dengan ketinggian 5cm.
  • Selalu sediakan air minum dalam jumlah yang cukup. Landak mini dapat diajar untuk minum dari botol minum yang biasa digunakan utk hamster. Ini lebih baik dibandingkan pemberian minum dalam mangkuk terbuka, karena biasanya landak mini seringkali mengotori air minumnya tanpa mereka sadari.

Cara reproduksi landak mini

  • Sejak bayi, landak mini sudah dapat dibedakan jenis kelaminnya, dimana untuk Jantan jarak antara kelamin & anusnya lebih jauh dibandingkan betina.
  • Ketika landak mini berusia 5 bulan maka mereka sudah dapat dikawinkan, gabungkan antara jantan dan betina dalam 1 tempat, maka si jantan kelenjar kelaminnya akan membengkak dan perutnya terlihat buncit dan mulai mengeluarkan pekikan-pekikan sambil mengelilingi si betina dan mencoba merayu si betina. Ini akan dilakukan terus menerus sampai si betina menyerah dan menurunkan durinya kemudian si jantan akan melakukan penetrasi dan memasukan spermanya.
  • Proses penggabungan diatas dilakukan selama 2 hari dan diulang setiap 10 hari sekali, hal ini dilakukan karena masa subur dari Landak Mini ini tidak teratur, sehingga dengan melakukan pengabungan secara teratur, diharapkan kemungkinan terjadinya kehamilan menjadi lebih besar. Setelah digabungkan selama 2 – 3 kali, pisahkan betina sendiri di tempat pemeliharaannya.
  • Cara lain untuk mengawinkan bisa dilakukan dengan menggabungkan jantan betina selama 2 minggu – 30 hari, kemudian dipisahkan sampai waktunya untuk si betina melahirkan.
  • Setelah terjadi pembuahan, landak mini akan mengalami masa kehamilan selama 35 hari, ketika lahir si bayi landak mini dilapisi oleh membran tipis. Setelah keluar dari rahim ibunya maka si ibu landak mini ini akan mulai menjilati membran tipis tersebut dan dalam beberapa saat duri-duri yang awalnya lembut tersebut akan mulai mengeras.
  • Hal yang perlu diingat ialah pada waktu si betina melahirkan anaknya, tidak boleh ada jantan disitu, karena jantannya akan memakan anak yang baru lahir tersebut. Hal berikutnya yang perlu diperhatikan ialah, tutup sekeliling tempat yang digunakan oleh si betina untuk melahirkan, karena bila betina terganggu, ada kemungkinan betina akan mengalami stress dan memakan anaknya.

Kandang landak mini

Perlu diketahui landak mini ini suka menjelajah & jalan-jalan, sehingga apabila tempat pemeliharaannya terlalu pendek maka akan dengan mudah dipanjat keluar, setidaknya minimal 30 cm, Untuk tempat pemeliharaannya bisa menggunakan aquarium, kontainer plastik, bak fiber atau kandang kawat tertutup.

Masa hidup

Landak Mini dapat hidup sampai usia 6 tahun, bahkan beberapa orang pernah memelihara sampai 10 tahun, tergantung kepada kesehatan dan cara kita merawatnya.

Warna landak mini

Di luar negeri, khususnya di amerika orang memeliharanya sebagai binatang peliharaan yang ekslusif dengan klub khusus, bahkan diselenggarakan kontes secara rutin.

Cara memandikan landak mini

  • Siapkan peralatan untuk memandikan landak mini : sikat gigi, shampoo bayi & Handuk kering.
  • Letakan landak mini secara perlahan di baskom dengan ketinggian air kira-kira setinggi badannya, tidak perlu kuatir landaknya akan tenggelam, landak mini bisa berenang dengan baik di air yg dalam sekalipun. Setelah seluruh bagian durinya basah, letakan shampo bayi di sikat gigi kemudian mulai gosok secara perlahan bagian duri, perut si landak dan bagian-bagian lainnya yg kotor.
  • Setelah dirasa cukup, bilas shampo yang menempel diduri landak dan seluruh badannya dengan air bersih.
  • Lap dengan handuk kering seluruh bagian tubuhnya agar landak mini tidak kedinginan. Kemudian letakan kembali landaknya kekandangnya semula.
Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Tips merawat dan memandikan landak mini bagi pemula yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Tips merawat dan memandikan landak mini bagi pemula. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Tips merawat dan memandikan landak mini bagi pemula yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Tips merawat dan memandikan landak mini bagi pemula secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Tips merawat dan memandikan landak mini bagi pemula | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

binatang poya poya , makanan landak hutan , cucak jenggot mini , jenggot mini , binatang di manja , cara menjinakkan landak mini yang galak , macam macam scp , suara kokok beluk , burung jenggot mini , makanan alami landak mini