Home / Tips merawat dan memelihara kucing mainecoon dengan tepat

Tips merawat dan memelihara kucing mainecoon dengan tepat

Tips merawat dan memelihara kucing mainecoon dengan tepat - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Tips merawat dan memelihara kucing mainecoon dengan tepat " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Tips merawat dan memelihara kucing mainecoon dengan tepat " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Tips merawat dan memelihara kucing mainecoon dengan tepat
Gambar kucing maincoon

Gambar kucing maincoon

Harga kucing mainecoon – Salah satu jenis kucing yang sedang menjadi populer saat ini di kalangan para cat lovers. Nama kucing mainecoon diambil dari nama salah satu negara bagian di USA yaitu Maine. Asal usul kucing ini sendiri tak diketahui secara pasti, hanya sebab pertama kali kucing ini dikembangkan di Maine, sehingga dinamai sinkron dengan loka tersebut.

Kucing ini termasuk dalam kategori kucing high end atau berharga mahal. Harga jual kucing maine coo n satu ekornya dapat berkisar 10 hingga 20 juta. Apabila Anda memiliki dana lebih dan berminat buat memelihara kucing ini ada baiknya Anda mengenal lebih dalam mengenai kucing jenis ini.

Karakter kucing mainecoon

Semua anggota tubuh maine coon merupakan hasil dari fungsi adaptasi terhadap iklim dan cuaca yang ekstrim. Bulu yang mengkilap, tebal dan “anti air”, serta bulu tebal di bagian  leher, perut dan kaki berfungsi melindungi tubuh dari salju dan suhu dingin. Ekor panjang dengan bulu tebal, pada saat tidur dilingkarkan melindungi tubuh dari suhu dingin. Mata dan telinga besar mencerminkan kemampuan penglihatkan dan pendengaran yang lebih.

Maine coon mempunyai badan tinggi, berotot dan bertulang besar. Kucing jantan dewasa biasanya mempunyai berat badan 6- 9 Kg dengan panjang badan 1m, sedangkan betina biasanya lebih kecil dengan berat badan 4-6 kg. Dengan tambahan bulu musim dingin yang bisa mencapai panjang 7 cm, maine coon terlihat sangat besar. Kucing Maine coon terbesar yang pernah tercatat mempunyai panjang badan (dari kepala sampai ekor) 121 cm.

Seperti halnya Norwegian forest cat dan kucing-kucing besar lainnya, Maine coon termasuk yang tipe pertumbuhan dan perkembangannya lambat. Ukuran dan bentuk tubuh dewasa baru dicapai pada umur 3 – 5 tahun.

Temperamen

Maine Coon adalah kucing yang dekat dengan manusia, tidak sepenuhnya independen tetapi juga tidak selalu mencari perhatian pemiliknya. Dibandingkan persia yang lebih suka tidur dipangkuan, maine coon lebih aktif dan suka berada dekat disekitar pemiliknya.

Ciri fisik kucing mainecoon

Ciri utama fisik maine coon terdapat pada kepala, bentuk badan, tekstur bulu dan bulu disekitar leher yang menyerupai surai singa.

  • Badan besar, panjang hampir berbentuk segi empat, pertulangan dan perototan kuat. Kepala berukuran sedang dan lebar, dahi sedikit melengkung, tulang pipi menonjol dengan perototan yang jelas. Hidung lebar dan sedikit melengkung pada bagian ujung dengan dagu yang tajam.
  • Telinga besar dan lebar pada bagian bawah, sedikit membentuk lancip pada bagian ujungnya, dan didalam telinga ditumbuhi bulu yang cukup panjang. Mata lebar dan agak oval, terlihat bulat ketika terbuka lebar.
  • Panjang leher sedang dan kuat, serta sedikit melengkung. Kaki sedang panjangnya dengan pertulangan dan perototan yang kuat. Ekor panjang dan lebar pada bagian pangkal serta menipis ke ujung, bulu ekor cukup lebat. Bulunya tebal dan halus, pendek pada bagian kepala, bahu dan kaki, sedikit panjang di bagian punggung dan paha, sedangkan diperut dan leher lebih panjang. Undercoat lembut dan tahan terhadap air, karena bulunya sedikit berminyak.

Bagaimana cara merawat kucing mainecoon dengan mudah

Perawatan Bulu Kucing maine Coon (Grooming)

Kucing ini merupakan ras kucing berbulu semi-longhair. So, meskipun mereka tergolong memiliki kemampuan yang cukup baik dalam menjaga kebersihan diri mereka sendiri, anda masih harus tetap sering membantu menyisirkan rambutnya. Hal ini berguna untuk membuat bulu kucing tidak kusut, mencegah gumpalan bulu, dan membuang bulu yang rontok. Sisir yang dianjurkan untuk menyisir bulu kucing maine coon ini adalah sisir yang terbuat dari bahan metal.

Memandikan Kucing Maine Coon

Kucing jenis ini tidak terlalu menyukai air. Sehingga mereka tidak senang jika sering-sering dimandikan. So, mandikan mereka hanya ketika bulu mereka benar-benar sudah terlihat kotor, bukan rutinitas 2 minggu sekali seperti kucing berbulu panjang kebanyakan.

Memberi makan dan minum Kucing Maine Coon

Pastikan mangkuk makanan dan minuman si kucing selalu ada isinya. Sebaiknya memberinya cat food yang kering sebagai makanan utama. Dan memberi wet food sebagai selingan saja. Makanan dan minuman minimal harus diganti setiap hari. So, berikan takaran yang pasti akan habis dimakan si kucing dalam satu hari atau anda bisa memberinya sedikit-sedikit tetapi selalu ditambah ketika melihat mangkuk makanan hampir habis.
Minumnya cukup beri air putih mateng. Tempat air minum biasanya rentan terdapat bulu yang rontok dan paling cepat kotor. So, pastikan keadaan tempat minuman selalu bersih.

Kotak Pasir bagi kucing Maine Coon

Karena kucing Maine Coon adalah kucing yang lumayan besar, pastikan anda membeli kotak pasir yang berukuran paling besar. Untuk pasirnya, belikan pasir yang tidak menggumpal. Dan letakkan kotak pasir tersebut di pojokan yang tenang dan sepi karena kucing merupakan jenis hewan yang senang dengan “WC pribadi”.

Menyikat gigi Kucing Maine Coon

Mungkin ini merupakan pekerjaan yang paling merepotkan. Yeah, kalau anda tidak menyikat gigi si kucing setiap hari, paling tidak periksakan gigi si kucing setiap kali anda datang ke dokter hewan. Sebaiknya sih, anda menyikat gigi si kucing setiap hari. Anda bisa mencari perlengkapan menyikat gigi kucing ini di petshop langganan.

Merawat cakar kucing Maine Coon

Anda perlu memotong cakar pada kaki-kaki si kucing agar tidak merusak perabotan. Namun anda tidak harus memotongnya setiap hari. Hanya saat cakar sudah terlihat cukup panjang saja.

Lain-lain

Karena kucing ini memiliki rasa penasaran yang sangat besar, pastikan pintu mesin cuci, oven, kulkas, colokan listrik yang dibawah, dan tempat-tempat yang berpotensi membahayakan si kucing diamankan.
Anda juga bisa membelikannya mainan kucing, papan garukan, atau memberinya mainan kardus agar dia sibuk bermain. Dan yang pasti adalah, anda harus tetap mau turun tangan dalam perawatan dan perhatian si kucing. Jangan semuanya diserahkan kepada pembantu kalau anda tidak ingin si kucing jadi milik pembantu anda.

Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Tips merawat dan memelihara kucing mainecoon dengan tepat yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Tips merawat dan memelihara kucing mainecoon dengan tepat. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Tips merawat dan memelihara kucing mainecoon dengan tepat yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Tips merawat dan memelihara kucing mainecoon dengan tepat secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Tips merawat dan memelihara kucing mainecoon dengan tepat | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

makanan kucing maine coon , kucing maine coon , cara merawat kucing maine coon , gambar kucing maine coon , merk makanan kucing maine coon , binatangnya panjang sebelah , cara membuat sisir kucing , perawatan kucing maine coon , cara merawat mainecoon , cara memelihara kucing maine coon