Home / Tips mudah memelihara dan menjinakan biawak atau salvator

Tips mudah memelihara dan menjinakan biawak atau salvator

Tips mudah memelihara dan menjinakan biawak atau salvator - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Tips mudah memelihara dan menjinakan biawak atau salvator " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Tips mudah memelihara dan menjinakan biawak atau salvator " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Tips mudah memelihara dan menjinakan biawak atau salvator
Gambar baby salvator

Gambar baby salvator

Panduan perawatan biawak air – Kadal besar satu ini sering kali di jumpai di sungai yang rindang dengan pepohonan bambu yang di jadikan sarangnya. Banyak orang yang menyebutnya dengan biawak atau bahasa latinnya adalah Varanus salvator. Biawak merupakan jenis reptil yang sangat ganas dan seram, tapi jika dia masih bayi perilaku dan tingkah lakunya sangat menggemaskan. Di samping itu jangan harap biawak jika sudah dewasa bisa jinak karena sipat atau naluri buasnya bisa muncul secara tiba-tiba.

Meskipun Biawak tidak lazim dijadikan sebagai hewan peliharaan namun bagi sebagian hobies/pecinta reptil binatang yang dalam bahas inggris bernama monitor lizard atau goanna tak bedanya dengan binatang kesayangan pada umumnya. Dalam kehidupannya di alam liar, Biawak memangsa aneka serangga, ketam atau yuyu, berbagai jenis di antaranya ikan, kadal, kodok, burung, serta mamalia kecil seperti tikus dan cerurut.

Ciri-ciri biawak atau salvator yang galak

  • Biasanya akan menggelembungkan leher/temboloknya,
  • Menegakkan tubuhnya,
  • Mengibaskan ekor,
  • Membuka mulut (siap menggigit).

Bagaimana cara merawat salvator yang baik dan benar

  • Mulailah membeli biawak yang masih anakanatau masih kecil. Karena biawak yang masih anakan itu masih tidak buas dan aman untuk dipelihara.
  • Siapkan kandan anakan biawak yang terbuat dari ram atau dari kayu yang berukuran sedang dan tidak terlalu besar.
  • Jika ingin memelihara dan ingin merawat, usahakan cukup satu ekor saja. Karena jika kita merawat anak biawak terlalu banyak ditakutkan tidak terawat maksimal, cukup bagi pemula yang ingin memelihara anakan biawak hanya 1 ekor saja.
  • Membeli anakan biawak yang cocok bagi pemula adalah biawak jenis Dwarf yang masih anakan. Jangan membeli anakan jenis Savator, jenis hewan ini sangat agresif dan tidak cocok untu pemula yang ingin memelihara biawak.
  • Dari segi makanan usahakan pilihlah makanan yang mengandung gizi dan protein tinggi misalkan daging ayam yang dipotong kecil-kecil, agar anakan biawak bisa lahap makannya. dan juga serangga.

Cara merawat baby salvator

Orang menyukai merawat biawak air karena hewan ini cukup eksotis. Varanus salvator atau biawak air yaitu hewan reptil sejenis kadal besar yang merupakan kerabat dari komodo. Biawak air tawar yang orang jawa menyebut nyambik, orang sunda menyebut bayawak dan orang madura menyebut berekai. Hewan ini bisa mencapai berat lebih dari 20 kg dengan ukuran dari mulut ke ujung ekor bisa mencapai 2 meter.

Di Indonesia biawak air bisa ditemui di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan hingga pulau Maluku. Di habitatnya biawak air dapat ditemukan di rawa-rawa,sungai-sungai dan hutan mangrove. Sedangkan di perkotaan biawak terkadang dapat diketemukan di selokan, kali dan juga kolam-kolam yang dekat muara sungai.

  • Biasanya mereka memelihara biawak yang masih kecil. Pasalnya biawak yang berukuran besar sangat liar dan sangat berbahaya apalagi yang didapat dari tangkapan alam. Dan menganggap manusia sebagai ancaman.
  • Biasanya biawak akan membela diri dengan cara menggigit, mencakar dan mengibaskan buntutnya.
  • Kandang yang digunakan untuk merawat biawak yang masih kecil bisa menggunakan aquarium. Ukuran aquarium yang disarankan berukuran 3 kali panjang tubuh biawak. Di dalam kandang disediakan tempat pakan, tempat berendam yang berisi air serta tempat bersembunyi. Aquarium sebaiknya diberi tutup yang mempunyai ventilasi udara.
  • Pakan biawak yang masih kecil dapat diberikan serangga seperti jangkrik, belalang, ikan kecil atau kodok hijau.
  • Bila ukurannya sudah besar biawak dapat diberi pakan ikan, tikus, burung atau kodok hijau besar.
  • Pemberian pakan sebaiknya diberikan 3 kali sehari. Dan jangan memberikan pakan setiap hari karena bisa membuat biawak kegemukan.
  • Untuk perawatan harian biawak dapat dijemur saat pagi hari yaitu antara jam 7 pagi hingga jam 10 pagi.
  • Penjemuran cukup antara 30 menit sampai 60 menit.

Cara menjinakan biawak atau salvator

  • Pastikan biawak sudah melewati masa pemberian makan. Biawak hanya perlu diberi makan 3 hari sekali. Saat akan menjinakkan biawak, pastikan biawak yang akan melalui proses penjinakkan telah melalui proses pemberian makan. Hal ini dikarenakan salvator adalah hewan yang membutuhkan waktu lama dalam memproses atau mencerna makanannya. Menjinakkan salvator yang sedang memproses makanannya akan membuat salvator muntah atau stress.
  • Mulailah proses menjinakkan salvator dengan berinteraksi dengan salvator. Saya sarankan untuk tidak menggunakan pelindung tangan apapun saat berinteraksi dengan salvator anda jika salvator tidak terlalu agresif bisa menggunakan sarungan tangan karet jika salvator atau biawak yang akan dijinakkan masih sangat galak. Ajaklah biawak peliharaan anda bermain dengan menaruhnya di telapak tangan anda atau mengelus bagian punggungnya. Lakukan kegiatan tersebut secara terus menerus selama 5-10 menit setiap hari.
  • Perlu diketahui pula, semua bangsa reptil (termasuk biawak) bisa tahu perasaan manusia melalui sentuhan kulitnya. Semua jenis ular biasanya akan tahu jika anda takut atau jijik kepadanya. Takut kepada biawak yang akan anda coba jinakkan malah akan membuat dia berani terhadap anda. Akibatnya, dia akan lebih susah dijinakkan. Menghilangkan rasa takut kepada biawak yang akan dijinakkan adalah langkah pertama dalam menjinakkan biawak.
Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Tips mudah memelihara dan menjinakan biawak atau salvator yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Tips mudah memelihara dan menjinakan biawak atau salvator. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Tips mudah memelihara dan menjinakan biawak atau salvator yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Tips mudah memelihara dan menjinakan biawak atau salvator secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Tips mudah memelihara dan menjinakan biawak atau salvator | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

makanan biawak , cara memelihara biawak , cara menjinakan biawak , cara merawat biawak , harga biawak , cara membuat kandang biawak , harga biawak kecil , gambar biawak , jenis biawak , biawak