Home / Tips mudah merawat kucing persia secara baik dan benar

Tips mudah merawat kucing persia secara baik dan benar

Tips mudah merawat kucing persia secara baik dan benar - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Tips mudah merawat kucing persia secara baik dan benar " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Tips mudah merawat kucing persia secara baik dan benar " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Tips mudah merawat kucing persia secara baik dan benar
Gambar anak kucing persia

Gambar anak kucing persia

Cara merawat anak kucing persia – Kucing persia saat ini menjadi salah satu tipe kucing yang paling banyak di pelihara oleh cat lover. Kucing Persia mempunyai bulu yang indah dengan wajah yang imut, kucing Persia menjadi primadona bagi pecinta hewan peliharaan. Akan tetapi kucing Persia merupakan hewan peliharaan yang membutuhkan perawatan khusus oleh pemelihara agar kucing Persia tetap memiliki bulu yang indah dan tubuh yang sehat.

Terkadang kebanyakan orang mengira perawatan kucing Persia membutuhkan biaya yang mahal. Hal tersebut memang benar jika anda pergi ke salon serta penitipan hewan pemeliharaan, karena mereka menjual jasa tersebut.

Bagaimana cara merawat kucing persia

PERLENGKAPAN UNTUK KUCING

Beberapa perlengkapan didalam kandang, untuk kebutuhan kucing anda, adalah sebagai berikut :

  • Kandang standard ukuran 3 atau 4, karena bisa digunakan untuk anakan kucing, hingga kucing dewasa.
  • Tempat makan, digunakan untuk tempat menyediakan makan kucing, terbuat dari plastik atau stainless steel, berbentuk mangkuk.
  • Tempat minum, digunakan untuk tempat air minum kucing, terbuat dari plastik, stainless steel, dapat berbentuk mangkuk dan botol dot, namun untuk dapat menggunakan botol dot, kucing harus sudah terbiasa dulu.
  • Kotak pasir, sebagai wadah untuk pasir kucing terbuat dari plastik.
  • Pasir kucing, secara naluri kucing akan mencari pasir ketika kencing maupun buang kotoran besar. Sebaiknya gunakan pasir kucing gumpal,
  • Serokan kotoran kucing, digunakan untuk mengangkat dan memisahkan kotoran kucing dari pasir.

Semua perlengkapan tersebut diatas, banyak dijual di petshop.

CARA MENGGANTI PAKAN KUCING

Untuk merk makanan, sebaiknya tidak di ganti dulu selama beberapa hari, atau mengikuti merk pakan yang dimakan sebelumnya di tempat yang lama, namun karena sesuatu hal dan terpaksa harus menggantinya, perhatikan komposisi campuran untuk mengganti pakan lama dengan yang baru.

  • 1 sd 2 hari sediakan makanan campuran dengan komposisi 30% makanan baru dan 70% makanan lama.
  • 3 sd 5 hari sediakan makanan campuran dengan komposisi 50% makanan baru dan 50 % makanan lama.
  • 6 sd 7 hari sediakan makanan campuran dengan komposisi 70% makanan baru dan 30% makanan lama.
  • Setelah lewat 7 hari, sediakan 100% makanan baru.

Kemungkinan yang terjadi, kucing akan bermasalah dengan pencernaannya, semisal mencret atau muntah, jika tidak ada tanda – tanda masalah pada pencernaannya, maka pengganti dengan pakan baru dapat dilanjutkan.

MENYIMPAN PAKAN KUCING

Sangat penting menyimpan pakan kucing dengan wadah yang tertutup dengan rapat/kedap udara, hal ini untuk menjaga agar pakan tidak rusak, karena pakan yang rusak akan menyebabkan kucing mencret jika memakannya.

CARA MEMANDIKAN KUCING PERSIA DAN ANGGORA

Tidak sembarangan memandikan kucing. Dilakukan dua minggu sekali, namun harus diperhatikan cuaca pada saat itu. Sebaiknya kucing kesayangan dimandikan pada saat cerah, antara pukul 09.00 sd 15.00 waktu setempat.  dan jangan memandikan kucing yang sedang sakit. Gunakan air hangat, lindungi bagian lubang telinga, mata dan hidung kucing agar tidak kemasukan air. segera mungkin untuk mengeringkan rambutya dengan pengering rambut. Shampo yang digunakan sebaiknya mencakup untuk anti bakteri dan kutu. Berikutnya untuk memandikan kucing kesayangan anda :

  • Siapkan air hangat didalam ember.
  • Lindungi lubang telinga kucing dengan kapas.
  • Perlahan celupkan belakang kucing kedalam air ember, dengan posisi kedua kaki depan dipegang dengan tangan.
  • mandikan kucing dengan air hangat, basuhlah secara perlahan, hati-hati pada bagian mata hidung dan telinganya jangan sampai kemasukan air, lanjutkan dengan shampoonya.
  • Untuk bagian yang kotor, gosoklah dengan sikat halus dengan lembut.
  • untuk bagian gigi, gosoklah dengan sikat gigi kucing.
  • Setelah itu, pindahkan kucing kesayangan ke tempat yang kering. dan keringkan seluruh badannya dengan handuk atau kanebo.
  • lanjutkan pengeringan rambutnya dengan hair dyer atau blower udara, pastikan harus kering benar, agar kulit kucing tidak terserang jamur.

Perhatian : Jangan memandikan kucing yang sedang sakit, kucing hamil dan baru disuntik.Untuk kucing yang baru disuntik, tunggulah 1 minggu terhitung mulai disuntik.

PENYAKIT KUCING PERSIA

Cobalah untuk dapat menangani sendiri, beberapa penyakit seperti jamur (sering terjadi pada kucing umur 1 sd 6 bln), parasite kutu. Obat untuk penyakit ini, sudah banyak tersedia di petshop.

Untuk mengatasi jamur pada kucing kesayangan. Campuran 10 tetes Propolis dengan 100ml Alkohol 70%, dapat digunakan sebagai obat luar/oles untuk penyakit jamur pada kucing, oleskan secara rutin pagi dan sore ke bagian tubuh yang terkena jamur. Penggunaan obat ini, cukup aman untuk kucing, cepat kering dan tidak lengket di bulu, sehingga tidak akan meracuni kucing, pada saat menjilati tubuhnya. Untuk mengobati jamur pada sekujur tubuh kucing, pemakaian medicated shampoo sangat disarankan.

Selamectin bekerja sangat efektif dalam membunuh kutu dan telur kutu yang sering terdapat pada bulu kucing, cara pakainya cukup mudah, hanya dengan mengoleskan di tengkuk kucing maka obat akan menyebar ke seluruh tubuh. Teteskan pada kulitnya, jangan pada bulunya, Selamectin bekerja sangat efektif untuk kutu, telur kutu, caplak, scabies, cacing jantung, cacing kait, ear mite, cacing gilig. Pemakaian tinggal tetes sesuai dosis di kulit kucing pada bagian tengkuk dua bulan sekali.

Diluar penyakit tersebut diatas, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter hewan, semisal flu, mencret dan serangan virus.

JADWAL VAKSIN KUCING

Untuk kucing umur 2 bulan :

  • Umur 8-10 minggu, Vaksinasi Tricat (Feline Panleucopenia, Rhinotracheitis,Calici) / Tetracat (Tricat + Chlamydia)
  • Umur 12-14 minggu, Vaksinasi Ulangan Tricat (Feline Panleucopenia, Rhinotracheitis,Calici) / Tetracat (Tricat + Chlamydia)
  • Umur 20 minggu, Vaksinasi Rabies

Untuk kucing umur lebih dari 6 bulan yang belum pernah di vaksin :

  • Vaksinasi Tricat (Feline Panleucopenia, Rhinotracheitis,Calici) / Tetracat (Tricat + Chlamydia)
  • Vaksinasi Rabies

Selanjutnya vaksinasi diulang setiap tahunnya untuk menjaga kekebalan kucing, untuk mengetahui kapan kucing kesayangan harus divaksin ulang, ada baiknya sahabat pencinta kucing untuk meluangkan waktu membaca buku vaksin atau mencatat tanggal vaksin berikutnya.

JADWAL PEMBERIAN OBAT CACING

Rekomendasi program rutin pemberian obat cacing (pencegahan) :  2-4 kali setahun. Frekuensi pemberian tergantung kondisi kucing dan lingkungan. Kucing yang biasa bermain di kebun atau outdoor sebaiknya lebih sering diberi obat cacing.

MENCUCI KANDANG DAN PERLENGKAPAN

Membersihkan kandang dan perlengkapannya dapat dilakukan setiap minggu atau jika dalam keadaan kotor.

Cucilah kandang, kemudian dijemur diterik matahari, setelah itu semprotkan desinfectan pada kandang, berikut ini beberapa larutan desinfectan yang dapat digunakan untuk membersihkan kandang : Mefisto, TH4, Glutasol dan Bayclin pemutih pakaian.

MEMILIH PASIR KUCING

Tidak  semua para pemelihara kucing mengunakan pasir gumpal wangi, dengan alasan harga yang masih dirasa mahal, karena kebanyakan pasir gumpal wangi merupakan produk import. Selain alasan tersebut, alokasi dana bukan untuk pasir saja, namun juga untuk kebutuhan pakan dan perawatannya. Biaya operasional tentunya  menjadi pertimbangan utama.

Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Tips mudah merawat kucing persia secara baik dan benar yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Tips mudah merawat kucing persia secara baik dan benar. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Tips mudah merawat kucing persia secara baik dan benar yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Tips mudah merawat kucing persia secara baik dan benar secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Tips mudah merawat kucing persia secara baik dan benar | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

kata kata untuk kucing kesayangan , hasil kawin silang kucing anggora dan persia , cara vaksin kucing sendiri , suara kucing jantan , cara membuat tali kucing sendiri , kucing mix dome , peditox untuk kucing , cara membuat tali kucing , cara meracuni merpati , musang kawin dengan kucing