Home / Tips perawatan burung kacer yang mabung agar cepat tuntas

Tips perawatan burung kacer yang mabung agar cepat tuntas

Tips perawatan burung kacer yang mabung agar cepat tuntas - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Tips perawatan burung kacer yang mabung agar cepat tuntas " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Tips perawatan burung kacer yang mabung agar cepat tuntas " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Tips perawatan burung kacer yang mabung agar cepat tuntas
Kandang kacer mabung

Kandang kacer mabung

Penyebab burung kacer mabung – Dalam dunia kicau mania, terdapat istilah kata “mabung”? Mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda yang hobi memelihara burung jenis kicauan. Mabung sendiri di artikan suatu proses pergantian bulu bisa dibilang merupakan masa istirahat bagi semua burung maupun unggas lainnya. Selama masa mabung, burung akan mengurangi berbagai aktivitasnya termasuk berkicau. Dalam fase seperti ini burung harus diberi perawatan yang super extra agar proses awal sampai selesai mabung berjalan dengan lancar. Sebab Kesalahan dalam menangani burung nyulam bulu bisa memunculkan berbagai masalah. oleh Karena itu, perlu penanganan yang tepat terhadap burung kacer ketika menjalani masa mabungnya biar cepat tuntas.

Ketika burung kacer mengalami masa mabung, burung akan fokus pada usahanya dalam merontokan bulu lama. Oleh karena itu dibutuhkan nutrisi dan asupan makanan kaya protein dan vitamin. Nah, namun pada masa itu sebenarnya burung merasa sakit. Sehingga percuma apabila kita terlalu memaksakan untuk burung kacer gacor terus berkicau.

Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana cara mengatasi burung kacer yang mabung. Semoga bermanfaat dapat anda jadikan referensi untuk perawatan burung kacer mabung kesayangan anda. Selengkapnya :

Cara merawat burung kacer yang mabung total

Ciri-ciri burung kacer mabung

  • burung tak bergairah dan malas untuk berbunyi.
  • mata terlihat sayu dengan tatapan kosong.
  • bulu bulu kecil berjatuhan 1-3 helai dan biasanya esok harinya akan tampak lebih banyak lagi.
  • bulu tampak kusam dan tak hitam mengkilap lagi.

Langkah-langkah perawatan harian kacer mabung

  • Berikan extra foding sebanyak mungkin seperti jangkrik, kroto dan ulat hongkong selama satu minggu full sebelum melakukan pengkrodongan.
  • Setelah seminggu hentikan pemberian extra foding jangkrik, kroto dan ulat hongkong lalu bersihkan kandang harian dengan Shampoo jati jajar agar kutu dan jamur yang tertinggal di kandang harian hilang semua.
  • krodong full selama masa mabung dan jangan dimandikan sampai bulu tumbuh sempurna.
  • Jangan sekali kali memberi extra foding kepada burung yang mabung, karena akan menimbulkan birahi yang tertekan dan berakibat buruk dikemudian hari (pasca mabung).
  • Berikan voer yang berkualitas agar asupan gizi terpenui.
  • Bersihkan kotoran burung kacer dalam waktu 3hari sekali, semprot bagian sela sela kandang dengan Sampo jati jajar yang dicampur dengan air sesuai takaran, agar jamur dan kutu hilang dan tidak menumpuk hingga menimbulkan efek pada burung kacer itu sendiri.
  • Pada saat bersamaan membersihkan kandang usahakan air minum juga diganti, berikan Ebod Vit yang mengandung Va, V d3, V b1, V b2, V b6, b 12, V c, Nicotinic Acid, Folic Acid.yang berguna mengatasi stress, memenui kebutuhan vitamin dan menjaga kesimbangan tubuh, menjaga stamina, menambah nafsu makan yang berefek pada kstabilan burung yang akan datang.

Ketika bulu tumbuh dengan rapi dan badan tidak mengeluarkan kotoran putih seperti ketombe mulailah melakukan proses memandikan. Usahakan burung kacer anda dimandikan dengan memakai Shampo jati jajar agar jamur dan sisa-sisa kotoran yang menempel pada bulu dan tubuh kacer ketika proses mabung hilang sempurna.

Setelah proses memandikan selesai jangan langsung dijemur, usahakan langsung dikrodong kembali dengan diberi jangkrik 6 ekor sampai esok hari.

Untuk keesokan harinya buka krodong dan jemurlah di terik matahari selama 3-4 jam, mandikan burung kacer anda setelah proses penjemuran agar birahi burung kacer anda berlahan mulai naik kembali. Tehnik ini lakukan setiap hari sampai burung terlihat aktif berbunyi / gacor.

Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Tips perawatan burung kacer yang mabung agar cepat tuntas yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Tips perawatan burung kacer yang mabung agar cepat tuntas. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Tips perawatan burung kacer yang mabung agar cepat tuntas yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Tips perawatan burung kacer yang mabung agar cepat tuntas secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Tips perawatan burung kacer yang mabung agar cepat tuntas | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

kacer mabung tidak tuntas , perawatan kacer mabung belum tuntas , biar mabung cepat selesai , ciri kacer mabung tidak tuntas , kacer tidak tuntas mabung , merawat kacer mabung gk tuntas