Home / Tips sukses memelihara dan beternak kambing etawa yang benar

Tips sukses memelihara dan beternak kambing etawa yang benar

Tips sukses memelihara dan beternak kambing etawa yang benar - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Tips sukses memelihara dan beternak kambing etawa yang benar " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Tips sukses memelihara dan beternak kambing etawa yang benar " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Tips sukses memelihara dan beternak kambing etawa yang benar
Gambar kambing etawa

Gambar kambing etawa

Cara budidaya kambing etawa – Kambing Etawa merupakan jenis kambing berbody bongsor yang berasal dari India dan termasuk salah satu jenis kambing paling populer di Asia. Di Negara asalnya kambing ini dikenal dengan nama Kambing Baka Jamnapari karena kambing ini berasal dari wilayah Jamnapari, sebuah wilayah yang terletak di kawasan Sungai Jamuna di Daerah Etawah – Uttar Pradesh India.

Di Indonesia kambing ini lebih dikenal dengan sebutan Etawa ketimbang Baka. Pada sekitar tahun 1970-an kambing ini pernah populer di Malaysia yang di datangkan langsung dari India, namun popularitasnya tidak bertahan lama, seiring menurunnya minat generasi berikutnya terhadap usaha peternakan.

Di Indonesia sendiri kambing etawa sudah dikenal sejak tahun tahun 1950-an dan didatangkan langsung oleh Belanda dari India dengan tujuan untuk disilangkan dengan kambing lokal sehingga menghasilkan banyak jenis kambing bertubuh besar seperti kambing jawa yang dikenal saat ini.

Cara merawat kambing etawa agar gemuk

Ciri-Ciri Kambing Etawa

Beberapa jenis kambing ada yang memiliki body besar dan bongsor, sehingga bagi sebagian orang yang belum mengenal banyak jenis kambing mungkin akan kesulitan membedakan antara jenis etawa dan jenis lainnya.

Ciri kambing etawa diantaranya :

  • Bertelinga panjang menjuntai dengan panjang kurang lebih 25 cm
  • Bulu pada umumnya warna putih dengan bercak coklat pada bagian leher
  • Kambing betina dan jantan sama-sama memiliki tanduk
  • Memiliki kaki yang panjang dan berbeda dengan kambing pada umumnya
  • Tinggi kambing jantang bisa 90 sampai 127 cm
  • Tinggi kambing betina maksimal 92 cm
  • Berat badan kambing etawa jantan bisa mencapai 93 kg/ekor
  • Berat kambing betina maksimal 63 kg/ekor

Kelebihan Kambing Etawa

Kelebihan kambing etawa dibandingkan dengan kambing biasa diantaranya :

  • Memiliki tubuh lebih besar dibandingkan kambing biasa
  • Bisa untuk diambil air susunya atau sebagai pedaging
  • Di pasaran harga lebih mahal
  • Peararawatan lebih mudah
  • Memiliki pertumbuhan lebih baik sehingga cepat besar
  • Kambing etawa lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan sehingga tidak mudah stres
  • Tahan pada kondisi panas atau dingin (dataran rendah atau dataran tinggi)
  • Cocok diternak atau dipelihara diberbagai wilayah di Indonesia
  • Menambah penghasilan harian (perah) dan tahunan (pedaging)

Pengadaan Induk/Bibit Etawa

Dalam pengadaan kambing hendaknya kita beli indukan atau bibit dari peternak yang sudah terpercaya. Karena dengan begitu kita dapat mengetahui track record dari kambing tersebut. Kambing yang bagus untuk kita gunakan sebagai pejantan adalah memiliki punggung yang lurus/tidak bengkok, tubuh yang besar dan gagah, kaki yang kokoh, berumur lebih dari 1,5 tahun dan tidak ada cacat. Sedangkan indukan etawa yang bagus menurut para peternak pada umumnya adalah Jinak, kaki lurus, berputing dua buah, bertubuh proporsional dan simetris lurus, tumit cenderung tinggi dan sehat tanpa cacat. Berikan vitamin setibanya kambing di lokasi/kandang hingga beberapa hari. Karena dapat mencegah penyakit dalam proses adaptasi di lingkungan yang baru.

Pakan Kambing Etawa

Pemberian pakan pada budidaya kambing etawa tidak dapat sama ratakan. Harus kita sesuaikan dengan kebutuhan gizi pada usia tertentu. Sebisa mungkin pakan mengandung, protein, vitamin, karbohidrat, mudah dicerna dan tentunya mudah didapat sekaligus murah. Pakan kambing di pedesaan pada umumnya adalah rumput/hijauan dengan diselingi kacang-kacangan yang mengandung vitamin dan mineral. Namun sekarang sudah banyak yang menggunakan pakan buatan yang melalui beberapa proses. Karena mengandung gizi lebih tinggi dan dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan nutrisi kambing etawa. Baca artikel tentang pakan fermentasi kambing.

Tidak ada kententuan/rumus dalam pembuatan pakan bagi kambing. Namun umunya para peternak etawa menggunakan perbandingan sebagai berikut : Bekatul dan Konsentrat dibuat dengan perbandingan 3: 1. cara lain adalah dengan menggunakan bekatul sebanyak 50% dicampur bungkil kelapa sebanyak 25%, sisanya campuran antara bungkil kacang tanah dan kapur. Selingi dengan rumput sebagai pakan tambahan.
Pemberian rumput juga harus kita kira-kira dengan berat badan kambing. Maksimal pemberian pakan tambahan/rumput 15% dari berat badan kambing. Untuk merangsang dan mempercepat pertumbuhan kita bisa menambahkan vitamin dan premix yang banyak tersedia di toko peternakan. Berikan pakan secukupnya sebanyak 2x sehari pagi dan sore secara rutin agar kesehatan kambing tetap terjaga.

Untuk Air, berikan takaran 2 liter per ekor per hari nya. Tambahkan garam yodium secukupnya juga pada air minum.

Pelaksanaan Ternak Kambing Etawa

  • Kandang Kambing Etawa : Syarat utama kandang bagi kambing etawa adalah kebutuhan sinar matahari yang cukup, bersih, agak jauh dari rumah dan hawa angin dapat masuk sebagai ventilasi. Tujuan terkena sinar matahari yaitu mencegah kotoran dan bakteri yang cepat tumbuh di lingkungan kandang.
  • Kambing Etawa setidaknya dapat beranak 3 kali dalam dua tahun. Tapi usahakan agar kambing dapat beranak lebih banyak dari itu. Oleh karena itu hal yang harus jadi patokan anda dalam cara budidaya kambing etawa adalah usia kambing bisa disebut dewasa pada usia setengah tahun sampai satu tahun. Kawinkan setelah usia benar – benar matang, yaitu antara 11-12 bulan. Kadang ada pula yang 10 bulan sudah matang dan dewasa.
  • Bobot harus lebih dari 50kg pada usia produksi tersebut. Birahi kambing adalah selama 1-2 hari dan dapat siklus itu dapat bertahan selama 2 atau 3 minggu.  Tanda bila kambing mulai birahi adalah kambing terlihat mondar – mandir karena merasa gelisah, kurang doyan makan, ekor terus bergerak dan dikibaskan, kemauan membesar dan terus bergerak(diam bila kambing dinaiki), buang air kecil tidak teratur/sering.Waktu bunting dari indukan/kambing betina adalah kurang lebih 5 bulan, dan masa melahirkan sampai masa istirahat adalah 2 bulan. Pada saat – saat tersebut jagalah pola makan dan kebersihan kambing. Apabila kita kurang memperhatikan kebersihan dan pola makan, dikhawatirkan kambing akan cacingan dan terkena skabies/kudisan.
  • Setelah memasuki masa panen dan berhasil, terus rawat dan tingkatkan produksi dan budidaya. Karena semua bagian dari kambing etawa baik itu daging, susu, kotoran dan kulitnya akan laku dijual. Biasanya pada usia lebih dari 1,5 tahun berat badan kambing sudah sulit untuk naik lagi. Pada saat itu, siasati penjualan saat kambing sedang naik daun. Dengan begitu kambing tetap dapat terjual dengan harga yang lumayan. Perkiraan harga kambing dapat dihitung dari berat x 50 persen karkas x harga daging kambing eceran.
Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Tips sukses memelihara dan beternak kambing etawa yang benar yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Tips sukses memelihara dan beternak kambing etawa yang benar. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Tips sukses memelihara dan beternak kambing etawa yang benar yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Tips sukses memelihara dan beternak kambing etawa yang benar secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Tips sukses memelihara dan beternak kambing etawa yang benar | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

cara mempercepat birahi kambing betina , agar kambing betina cepat birahi , burung tangkar kambing , kelamin kambing betina , cara membuat kambing betina birahi , cara merawat kambing etawa jantan , cara menjinakkan kambing , cara menggiringkan merpati dengan cepat , cara mempercepat birahi pada kambing , cara merangsang kambing betina