Home / Tisp lengkap merawat kucing anggora dengan benar

Tisp lengkap merawat kucing anggora dengan benar

Tisp lengkap merawat kucing anggora dengan benar - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Tisp lengkap merawat kucing anggora dengan benar " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Tisp lengkap merawat kucing anggora dengan benar " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Tisp lengkap merawat kucing anggora dengan benar
Foto kucing anggora

Foto kucing anggora

Cara memelihara kucing anggora secara benar – Di balik sosoknya yang imut, lucu, dan bersahabat membuat kucing anggora banyak di minati untuk di pelihara oleh pencinta kucing. Kucing anggora adalah hewan kesayang yang merupakan salah satu kucing ras tertua. Kucing anggora berasal dari Angora sebuah kota di Turki. Kota Angora sejak th. 1930 disebut dengan Ankara. Selayang pandang, kalau kita lihat kucing anggora mirip dan hampir sama dengan kucing persia, tetapi bila kita perhatikan secara seksama maka akan tampak jelas perbedaannya pada hidung, badan dan bulunya. Kucing persia biasanya berhidung pesek, berbadan agak membulat dan sekujur badannya berbulu panjang. Sedangkan kucing anggora biasanya berhidung mancung, berbadan agak ramping dan bulunya panjang pada bagia-bagian tertentu saja.

Cara mudah merawat kucing ras anggora

  • Biasakan untuk memakan makan makanan kucing yang kering (dry food) sejak kecil karena makanan kaleng untuk kucing (wet food) tidaklah bagus untuk kesehatan jangka panjang si kucing. Selain itu, lebih baik untuk tidak mencoba memberikan makanan lain selain catfood seperti ikan, ayam, atau makanan hewani lainnya karena makanan tersebut cenderung akan mengganggu pertumbuhan bulu kucing angora
  • Untuk porsinya, anda bisa memberinya makan 3x sehari dengan porsi 1 takaran full unutk porsi kucing dewasa. Atau anda bisa melihat sendiri takaran yang dianjurkan pada bungkus makanan kucing yang anda beli tersebut.
  • Beri minum berupa air putih yang sudah cukup matang sudah cukup. Jangan sering-sering member susu dan jangan diberikan susu untuk manusia.
  • Pastikan ukuran kandang sesuai dengan ukuran tubuhnya. Misalnya kucing angora anda sudah seberat 4 kg, maka anda bisa menggunakan kandang berukuran 90 x 63 x 65 cm. Kandang yang baik adalah yang terbuat dari aluminium, sehingga tidak berkarat, dan jerujinya lebar agar sirkulasi udaranya bagus.
  • Bersihkan kotak pasir setiap hari dan cuci kandang seminggu sekali, lalu semprot dengan desinfektan.
  • Setelah kucing berumur 3 bulan segera lakukan vaksinasi. Ikuti saja saran dokter untuk melakukan vaksinasi apa saja. Biasanya dokter akan mewajibkan 3 kali vaksinasi, sementara yang tahunan mereka sebut “tidak wajib”.
  • Anda perlu memandikannya setidaknya 2 minggu sekali atau seminggu sekali juga lebih bagus untuk menjaga kebersihannya. Sisirlah sehari sekali bulunya agar bulunya tidak kusut.

Perlengkapan kucing anggora

  • Kandang, hendaklah kandang tersebut dapat membuat kucing merasa aman dan nyaman untuk mengekspresikan perilaku alaminya. Tidak harus yang mahal, jika yang murah lebih baik mengapa ngga? Tapi jika anda ingin yang mahal juga boleh, tetapi prinsip keamanan da kenyamanannya harus anda perhatikan.
  • Jika anda tidak mau mengeluarkan biaya yang terlalu banyak untuk kandang, anda dapat membuatnya sendiri.
  • Tempat makanan kucing, sudah banyak tersedia di Petshop. Jika and pengen hemat dapat juga menggunakan mangkok.
  • Tempat minum
  • Kotak Pasir dan Pasir khusus kucing
  • Ayakan, berfungsi untuk memisahkan kotoran kucing dan pasir. Sehingga suasana kandang tetap bersih dan hemat.

Cara Mengganti Makanan Kucing Anggora

Dalam masa adaptasi, artinya kucing tersebut baru anda adopsi. Sebaiknya jangan mengganti merek makanan terlebih dahulu, maksudnya gunakan makanan yang diberikan pada tempat lama pada kucing tersebu untuk beberapa hari. Berikut tata cara mengganti makanan kucing dari yang lama ke yang baru :

  • 1-2 hari campuran makanan 30% makanan baru, 70% makanan lama
  • 3-5 hari campuran makanan 50% makanan baru, 50% makanan lama
  • 6-7 hari campuran makanan 70% makanan baru, 30% makanan lama
  • 7 hari keatas, baru berikan 100% makanan baru.

Jika kucing tidak mengalami gangguan seperti mencret dan muntah, maka pemberian makanan baru dapat dilanjutkan.

Cara Menyimpan Makanan Kucing Anggora

Cara penyimpanan pakan yang baik dapat mempertahankan kualitas pakan dalam jangka waktu yang lama. Kesalahan dalam penyimpanan pakan, dapat menyebabkan kualitas kucing yang berkontribusi terhadap gangguan kesehatan kucing. Berikut beberapa tindakan yang dapat mengurasngi atau mengatasi kerusakan pada pakan tersebut:

  • Tempat penyimpanan usahakan selalu kering, karena kondisi lembab memicu pertumbuahan dan perkembangan jamur maupun bakteri yang bersifat patogen yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan kucing apabila mengkonsumsinya.
  • Usahakantempat penyimpanan selalu bersih dan tertutup. Untuk mencegah terjadinya kontaminasi oleh mikroorganisme yang bisa merusak kualitas pakan, baik secara fisik maupun kadar nutrisinya.
  • Hindari menyimpan pakan dari kontak matahari langsung. Untuk mencegah terjadinya reaksi yang tidak diinginkan pada pakan yang menimbulkan kerusakan pada pakan.
  • Kalau bisa simpan makanan kucing tersebut dalam kulkas khusus, jangan campurkan juga dengan makanan kita. Menyimpan makanan kucing dalam kuclkas dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme, sehingga dapat membantu keawetan makanan dan menjaga kualitas nutrisinya.

Cara Memandikan Kucing Anggora

Memandikan kucing, mungkin termasuk hal yang membosankan bagi beberapa pencinta kucing. Namun tindakan tersebut kontribusinya terhadap kesehatan amatlah besar, karena memndikan kucing bisa membunuh bakteri, jamur maupun agen parasit yang melekat pada permukaan tubuh kucing.

Namun jangan pula memandikan kucing terlalu sering, 2 minggu sekali sudah cukup untuk membersihkan kucing. Mandikanlah kucing pada yang baik yaitu antara pukul 9.00-15.00. Jangan lakukan pada suhu yang dingin misalnya pada pagi hari atau pada kondisi sedang hujan.

Penyakit kucing anggora

Untuk masalah penyakit pada anggora, tidak semua gangguan kesehatannya mengharuskan anda untuk membawanya kedokter hewan, kecuali untuk penyakit-penyakit tertentu yang tidak mungkin untuk anda atasi. Penyakit yang mungkin bisa atasi sendiri misalnya kutuan, jamuran dan penyakit parasit lainnya yang belum tergolong parah.

Anda dapat mengatasi penyakit tersebut dengan menggunakan produk-produk yang efektif untuk penyakit tersebut, biasanya sudah banyak tersedia di PetShop. Dengan mengatasi sendiri, anda dapat menghemat biaya perawatan anggora. Dan juga, seringlah berkonsultasi kepada senior atau Dokter Hewan untuk menambah wawasan anda dalam memelihara kucing anggora.

Jadwal obat cacing kucing anggora

Pemberian obat cacing dapat dilakukan 2 sampai 4 kali dalam setahun, namun kucing yang sering bermain diluar rumah sebaiknya pemberinnya lebih sering. Namun sebagai langkah aman, sebaiknya konsultasikan kepada dokter hewan, karena kesalahan dalam pembaerian obat cacing dapat beresiko terhadap kucing.

Jadwal rutin merawat kucing anggora

  • Pagi dan Sore (setiap hari) : memberi makan dan minum
  • Pagi dan Sore (setiap hari) : membersihakan kotoran kucing
  • Memandikan kucing : Sekali 2 minggu
  • Grooming kesalon : sekali sebulan
  • Pencucian kandang : sekali seminggu

Mencuci kandang dan perlengkapan

Mencuci kandang dan perlengkapan merupakan suatu tindakan yang dapat menghindarkan kucing dari berbagai seragan agen penyakit, mejaga kebersihan kucing dan lingkungan, menghindari bau yang tidak sedap dll. Kotoran yang sudah lama tidak dibuang dapat menghasilkan ammonia dalam kandang, tingginya kadar ammonia dalam kandang dapat mengganggu pernafasan kucing.

Sebaiknya selalulah perhatikan kebersihan kucing dan kandangnya agar kucing tetap sehat sehingga pertumbuhan dan perkembangannya dapat melaju secara normal. Langkah yang dapat anda lakukan adalah pertama, bersihkan terlebih dahulu kandang dan perlegkapannya, kemudian cuci dan jemur dibawah terik matahari. Jika sudah dirasa kering, semprotlah kandan dan peralatan tadi dengan menggunakan larutan desinfektan untuk memastikan kesterilan kandang dan perlengkapan tadi. Pastikan kucing tidak berada dalam kandang, saat anda memlakukan perbersihan maupun pencucian.

Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel merawat dengan judul Tisp lengkap merawat kucing anggora dengan benar yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. dunia-hewan.net hanya menampilkan sebagian isi dari Tisp lengkap merawat kucing anggora dengan benar. Untuk memudahkan pencarian artikel merawat, dunia-hewan.net juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar merawat, seperti Tisp lengkap merawat kucing anggora dengan benar yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel merawat yang terdapat di dunia-hewan.net ini kami ambil dari beberapa blog atau situs merawat anjing dan kucing yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Tisp lengkap merawat kucing anggora dengan benar secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel merawat pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Tisp lengkap merawat kucing anggora dengan benar | husky66 | 4.5

Artikel hewan di cari :

cara membuat kandang kucing dari bambu , cara menangkap kucing anggora liar , cara menghilangkan bau bangkai kucing , cara membuat kandang kucing dari kayu , ramon mobi , cara menangkap kucing anggora , foto kucing kawin , kandang kucing dari kayu , persilangan kucing hutan dengan persia , hasil kawin silang kucing persia dan anggora